KAMUS AKUNTANSI

Kamus Istilah-istilah dalam Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis

All | Latest | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
There are currently 283 names in this directory
A Month Order (amanat sebulan)
amanat beli dan atau amanat jual yang hanya berlaku dalam satu bulan (sampai hari bursa yang terakhir dalam bulan amanat diberikan).

A Week Order (amanat mingguan)
amanat beli dan atau amanat jual yang hanya berlaku dalam satu minggu (sampai hari jumat di dalam pekan amanat diberikan)

Abatemen (potongan)
Ahli waris tidak mendapat warisan sesuai testamen jika warisan tidak mencukupi.

Absconding Debtor (debitur lari)
Debitur yang melarikan diri.

Absentee Ownership (pemilikan absenti)
Pemilikan tanah pertanian atau kekayaan lain di luar daerah tempat tinggal pemiliknya.

Absolute Endorsement (pengesahan mutlak)
endosemen yang tidak mengikat endosan atas pembayaran surat order.

Absolute Priority Rule (peraturan prioritas mutlak)
peraturan tentang prioritas mutlak, bahwa si pemberi pinjaman harus didahulukan daripada yang lain atas segala tagihan hak milik. Peraturan tersebut memungkinkan perundingan jadwal pembayaran, menyusun kembali utang, dan tetap mengakui pinjaman kepada peminjam.

Acceleration Clause (klausula akselerasi)
Pasal dalam kontrak yang menyatakan bahwa penjual dapat menuntut pembayaran penuh dengan segera dari sisa yang belum dibayar jika pembeli gagal membayar angsuran yang masih terhutang.

Acceptance Register (daftar ekseptasi wesel)
Daftar yang berisi catatan mengenai perincian lengkap semua wesel yang diakseptasi.

Accommodation Endorsement (endorsemen pinjam nama)
Endosemen yang dilakukan endosan dengan sekadar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel, walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, endosan tetap bertanggung jawab menurut hukum.

Accomodation bill, note, paper (surat wesel pinjam nama)
Surat wesel yang ditandatangani oleh penarik, pengakseptasi, atau endosan dengan sekedar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel; walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, yang bersangkutan tetap bertanggung jawab menurut hukum.

Accomodation Party (pemberi kemudahan)
Orang yang menarik wesel, mengakseptasi, atau mengendorsemen untuk beberapa orang tanpa imbalan.

Accord and Satisfaction (persetujuan pembebasan)
Penggantian perjanjian yang lama dengan yang baru untuk meniadakan tuntutan.

Account (rekening)
bentuk simpanan dana kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cheque/giral atau surat perintah bayar lainnya.

Account Day (hari bayar)
hari saat surat berharga harus diserahkan untuk dilakukan pembayaran.

Account Payee (rekening pihak yang dibayar)
kata atau frasa yang lazimnya dicantumkan dalam crossing cheque untuk pengamanan dalam penyelesaian pembayaran, misalnya untuk kreditor.

Account Stated (rekening yang diakui)
jumlah yang diakui oleh suatu pihak sebagai jawaban atas permintaan penegasan pihak lain.

Accountancy (akuntansi)
profesi yang menggunakan teori tertentu, asumsi mengenai cara bertindak, peraturan cara mengukur dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan dan tujuan yang menyangkut keuangan suatu organisasi. Akuntansi dibedakan antara Akuntansi untuk Perusahaan, Akuntansi untuk Pemerintah, Akuntansi untuk Pemerintah dan Akuntansi Makro atau Akuntansi Sosial.

Accountant (akuntan)
seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang akuntansi. Perannya dibedakan antara Akuntans Intern yang bekerja pada suatu perusahaan, Akuntan Pemerintah yang bekerja pada negara dan Akuntan Publik yang memberikan jasa profesinya kepada masyarakat. Akuntan Negara dan Akuntan Publik baru bisa menjalankan profesinya setelah mendapat izin dari Menteri Keuangan.

Accounting
pencatatan mengenai kegiatan keuangan dan pelaporan pencatatan tersebut. Akuntansi dan Akunting sering diartikan sama.

Accrued Interest (bunga yang tumbuh)
bunga yang dihimpun sejak pembayaran yang terakhir sampai penjualan suatu obligasi atau suatu penghasilan tetap suatu surat berharga. Pada saat pembelian, si pembeli membayar si penjual harga obligasi ditambah bunga yang tumbuh, yang dihitung berdasarkan perkalian tarif kupon bunga dikalikan dengan jumlah hari yang telah berlaku sejak pembayaran terakhir. Bunga yang tumbuh juga digunakan didalam kerja sama terbatas usaha pertanahan dan bangunan bila si penjual bangunan mengambil sejumlah uang sekaligus tatkala menjual dan memberikan obligasi hipotik kedua kepada pemegang berikutnya. Jika pendapatan sewa dari bangunan tersebut tidak dapat menutup pembayaran bunga obligasi hipotik, si penjual setuju memberikan bunganya tumbuh sampai bangunan tersebut terjual kepada seseorang. Amerika Serikat membatasi perjanjian bunga yang tumbuh dengan menggunakan Undang-Undang Pajak tahun 1984.

Accumulation (akumulasi penghimpun sejumlah dana)
keuangan perusahaan: laba yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham, juga biasa disebut sebagai laba ditahan. Penanaman Modal: pembelian sejumlah besar saham secara terkendali untuk menghindari penaikan harga. Dana bersama: penanaman modal dalam jumlah yang tetap secara teratur untuk ditanamkan kembali agar memperoleh dividen dan atau keuntungan dari selisih harga jual surat berharga.

Accumulation Units (pos akumulasi)
laba bersih yang tidak dibagikan guna menambah nilai pemilikan.

Acquisition (akuisisi)
istilah turunan dari pengambil-alihan suatu perusahaan oleh perusahaan lainnya.

Active Stock (saham aktif)
saham yang banyak diperdagangkan di bursa.

Actual Total Loss
objek pertanggungan yang benar-benar hilang atau punah, sehingga tidak terlihat lagi

Actuary (aktuari)
ahli statistik yang bertugas menghitung besarnya dana asuransi dan preminya.

Adjusted Networking Capital (modal kerja bersih disesuaikan)
jumlah kas dan bank, aktiva lain-lain yang setara dengan kas, piutang kecuali piutang kepada komisaris, direktur, pegawai atau pihak terafiliasi, dan efek-efek yang dinilai atas dasar nilai pasar yang wajar dikurangi dengan jumlah utang.

Administered Inflation (inflasi terdaftar)
inflasi diukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok barang-barang yang dikendalikan oleh pemerintah (seperti BBM, beras, gula, dan lain-lain).

Affreightment (perjanjian muatan)
perjanjian muatan yang dibuat pemilik kapal untuk membawa barang-barang dan tentang pembayaran biaya angkut.

Afiliasi
(1) hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua baik secara horizontal maupun vertikal, (2) hubungan antara Pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari Pihak tersebut, (3) hubungan antara dua perusahaan dimana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama, (4) hubungan antara perusahaan dan Pihak, baik langsung maupun tidak langsung mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut, (5) hubungan antara dua perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung oleh Pihak, yang sama; atau (6) hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)
termasuk agen Pemegang Lisensi adalah perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk dan nama pabrik pemilik merek barang tertentu untuk melakukan penjualan dalam partai besar barang dari pabrik tersebut.

Agent (agen)
sebutan bagi seseorang atau badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan. Istilah-istilah terkait: agen asuransi (insurance broker); agen pembayaran pembantu, agen pembayaran yang ditunjuk oleh agen utama pembayaran obligasi pokok beserta bunganya; agen pabrik (manufacturers agent), agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihal lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Pembelian (purchasing agent), agen yang melakukan pembelian atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Penjualan (sales agent), agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Penjualan Pemegang Merek (APPM), agen yang melakukan penjualan atas nama dan untuk kepentingan agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang menunjukknya; Agen Utama Pembayaran, wali amanat yang karena tugas dan fungsinya dalam mewakili pemegang obligasi bertugas untuk melaksanakan pembayaran obligasi beserta bunganya.

Agio
nilai yang dimasukkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai pari (nominal) suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam mata perkiraan tersendiri yang juga bernama AGIO.

Agio Dividen
(berasal dar bahasa Belanda dividen agio) dividen yang dibayarkan atas beban cadangan agio (premium reserve).

Agio Obligasi
selisih lebih antara harga jual dan nilai nominal obligasi (premium bonds).

Agio Saham
selisih antara harga nominal dengan harga emisi perdana.

Agreement in Principle (persetujuan prinsip)
persetujuan yang diberikan oleh Menteri untuk melakukan persiapan pendirian Bursa Efek, Lembaga Kliring Penyelesaian dan Penyimpanan, atau Reksa Dana.

Air Pocket Stock
saham yang harganya turun secara tajam biasanya disebabkan oleh berita-berita yang negatif mengenai perusahaan tersebut keuntungan yang sangat rendah yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada saat pemegang saham ramai-ramai ingin menjual hanya sedikit pemodal yang ingin membeli. Akibatnya, harga saham semakin merosot.

Aktuaria
prinsip-prinsip penghitungan secara matematis yang lazim digunakan untuk menentukan besarnya kemampuan subjek dan nilai objek diasuransikan.

All or None Order (amanat semua atau sama sekali tidak)
amanat jual atau beli surat berharga yang harus dilakukan oleh pialang sesuai amanat, yakni harus dilaksanakan seluruhnya, jika hanya sebagian yang dapat dipenuhi, maka amanat dibatalkan.

Allotment (penjatahan)
suatu jumlah yang disetujui untuk dipenuhi bagi setiap permohonan pembelian surat berharga yang diajukan para pemodal sebagai akibat tidak terpenuhinya seluruh permohonan melebihi jumlah penawaran pada masa pasar perdana. Penentuan jumlah yang disetujui berdasarkan suatu cara pembagian yang dianggap yang paling mendekati keadilan dan diharapkan dapat memuaskan semua peserta.

Allottee (penerima jatah saham)
orang atau badan yang menerima jatah saham sehubungan dengan pendaftarannya untuk membeli saham.

Amortization (amortisasil pelunasan utang secara berkala)
prosedur akuntansi yang secara berangsur-angsur mengurangi nilai biaya yang usianya terbatas atau harta tak berwujud melalui pembebanan berkala terhadap pendapatan. Bagi harta tetap istilah yang digunakan adalah penyusutan, bagi pertambahan (sumber alam) adalah deflasi. Pada dasarnya, arti kedua istilah tersebut sama dengan amortisasi. Pada umumnya, perusahaan melakukan penghapusan melalui amortisasi untuk harta tak berwujud seperti hak paten, copyright, goodwill yang ditangguhkan. Juga lazim dilakukan amortisasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai dari pembelian saham istimewa (preferen) atau obligasi. Tujuan amortisasi adalah untuk mencerminkan nilai penjualan kembali atau penebusan.

Amortization Fund (dana utang)
pengumpulan uang yang dilakukan secara berkala untuk membayar utang.

Anchor Currency (mata uang acuan)
suatu mata uang yang dipilih karena stabilitasnya yang diharapkan diterima secara internasional. Bagi banyak dewan mata uang, poundsterling Inggris dan dollar Amerika Serikat telah menjadi suatu anchor currency. Meskipun untuk beberapa sistem yang mirip dewan mata uang yang ada sekarang atau sedang diusulkan menganggap mark Jerman sebagai anchor currency. Mata uang acuan ini tidak harus dikeluarkan oleh suatu bank sentral. Sedikit dewan mata uang yang telah menggunakan emas sebagai anchor currency.

Anggota Bursa
perantara perdagangan efek dan pedagang efek yang melakukan transaksi pembelian dan penjualan efek pada bursa.

Anggota Bursa Berjangka
pihak yang mempunyai hak untuk menggunakan sistem dan/atau sarana bursa berjangka; sesuai dengan peraturan dan tata tertib bursa berjangka.

Anggota Bursa Efek
perantara pedagang efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana bursa efek sesuai dengan peraturan bursa efek.

Anggota Kliring
anggota bursa efek yang terdaftar sebagai anggota kliring KPEI.

Anggota Kliring Berjangka
anggota bursa berjangka yang mendapat hak dari lembaga kliring berjangka untuk melakukan kliring dan mendapatkan penjaminan dalam rangka penyelesaian transaksi kontrak berjangka.

Anjak Piutang
badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri.

Annual Meeting (rapat tahunan)
rapat satu-tahunan para manajer perusahaan yang melaporkan kepada pemegang saham tentang hasil kegiatan perseroan selama tahun berjalan, di dalam rapat ini biasanya dibahas juga tentang pemilihan dewan direksi untuk tahun yang akan datang. Pejabat pimpinan pelaksana biasanya memberikan ulasan pandangan untuk tahun yang akan datang bersama pejabat senior menjawab pertanyaan para pemegang saham.

Annual Report (laporan tahunan)
suatu laporan mengenai keadaan perusahaan dalam jangka waktu satu tahun. Termasuk di dalam laporan ini antara lain neraca perusahaan, laporan laba/rugi dan neraca arus kas. Laporan ini harus disampaikan kepada para pemegang saham untuk disetujui di dalam RUPS untuk selanjutnya disahkan sebagai laporan tahunan resmi perusahaan.

Annual Return (hasil tahunan)
pengembalian tahunan dari suatu investasi.

Annuity (anuitas)
serangkaian pembayaran berkala dalam jumlah yang sama. Istilah terkait: annuity bond (obligasi anuiti/abadi), obligasi yang dilunasi dalam jumlah yang sama setiap tahun sampai batas waktu tertentu--pelunasan setiap tahun ini terdiri dari jumlah pokok dan bunga (pokok mengecil tiap tahunan, bunga membesar); deffered annuity (anuitas bertangguh), anuitas dengan pembayaran yang akan dimulai pada waktu tertentu di waktu yang akan datang; perpetuity annuity (anuitas kekal), anuitas dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

Annum (per tahun)
jangka waktu yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan bunga, dividen, dan diskonto.

Anti-Dumping
pengenaan bea masuk terhadap suatu jenis produk impor yang produsennya dituduh melakukan praktik dumping; hal ini berlaku setelah adanya klaim dari produsen produk sejenis di negara pengimpor yang merasa keberatan.

Anticipated Acceptance (wesel antisipasi)
wesel yang dibayarkan sebelum jatuh tempo.

Application Form (formulir permohonan)
formulir permohonan atau surat permintaan pertanggungan yang harus diisi lengkap dan ditandatangani calon pemegang polis.

Appraisal (penaksiran)
penaksiran nilai atau harga atas suatu harta kekayaan yang berbentuk tanah, bangunan, mesin, dan harta kekayaan lain.

Appraisal Company (perusahaan penilai)
suatu badan usaha yang tugasnya adalah menilai atau menaksir aktiva; pada umumnya aktiva tetap seperti tanah; bangunan, peralatan, mesin-mesin atas permintaan perorangan atau perusahaan. Tujuan penilaian antara lain adalah untuk mengetahui nilai dari suatu jaminan dalam rangka pengajuan permohonan kredit, mengetahui nilai aktiva yang akan dibeli oleh pihak lain atau ingin mengetahui nilai aktiva dari suatu perusahaan penilaian dalam rangka go public.

Appraisal Report (laporan penilai)
pendapat atas nilai aktiva, yang disusun berdasarkan pemeriksaan menurut keahlian dari Penilai.

Apreciation (apresiasi)
kenaikan nilai dari suatu aktiva seperti saham, obligasi; komoditi, atau real estate.

Apropriated Reserves (cadangan tujuan)
cadangan yang dibentuk dengan menyisihkan secara berkala sebagian dari pendapatan bersih untuk tujuan tertentu.

Arbitrage (arbitrase)
dalam konteks investasi, arbitrase merupakan transaksi yang mencoba mengambil kesempatan (keuntungan) dari perbedaan harga untuk suatu aset yang diperdagangkan di dua pasar yang berbeda.

Arrange; Arrears (tunggakan)
utang atau kewajiban lain yang telah jatuh waktu menurut perjanjian tetapi tidak atau belum dibayar sepenuhnya.

Article of Association (anggaran dasar)
kesepakatan tertulis yang ditandatangani oleh pendiri perusahaan yang meliputi tujuan, besarnya modal dan pemilikan saham, wewenang dan tanggung jawab pengurus, susunan komisaris, pembagian laba, dan lain-lain.

Article of Incorporation (akte pendirian perusahaan)
keterangan tertulis mengenai pendirian perseroaan yang dibuat di hadapan notaris dan disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia serta dimuat dalam (lembaran) berita negara. Keterangan tersebut antara lain mencantumkan nama perseroan, tujuan pendirian perseroan, jangka usia perusahaan, nama para pendiri, modal dasar, modal ditempatkan dan disetor, nama para pengurus dan pengawas perseroaan.

Asset (aktiva/harta)
segala sesuatu yang dimiliki dan menjadi hak seorang atau perusahaan; kas, investasi, piutang, persedian serta bahan baku merupakan harta lancar: Gedung serta mesin-mesin merupakan harta tetap, paten-paten dan goodwill merupakan harta immaterial. Sisa kelebihan antara harta dan utang merupakan harta bersih.

Asset Stripping (penyitaan aktiva)
pengambilan harta perusahaan untuk dijual dan untuk memperoleh keuntungan.

Assignment (pengalihan)
pengalihan kontrak oleh salah satu pihak pembuat kontrak, termasuk pengalihan pengendalian atau pihak tersebut.

Associated Person (pihak terasosiasi)
pihak-pihak yang mempunyai hubungan afiliasi satu sama lain, atau dua pihak atau lebih yang salah satu darinya memiliki atau merencakan untuk secara formal maupun informal membuat suatu perjanjian baik secara tertulis maupun tidak tertulis, untuk bertindak dengan cara-cara tertentu, berdasarkan ketentuan dalam keputusan ini, kecuali berkaitan tersebut terbatas pada pemberian jasa konsultasi, hubungan dagang yang wajar atau hubungan profesi.

At The Close Order (amanat tutup bursa)
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan sesaat menjelang penutupan bursa berbunyi.

At The Opening Order (amanat buka bursa)
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan pada saat pembukaan penawaran.

Auction (lelang)
tata cara perdagangan efek dengan penempatan atas dasar diskonto untuk menentukan harga jadinya dari tawaran tertinggi sampai dengan terendah, sehingga jumlah penjualan yang dilayani oleh penjual tercapai. Contoh: Penjual ingin mencapai 500 juta, tawaran tertinggi 96.68-100 juta, tawaran kedua 96.50-50 juta, tawaran ketiga 96.48-100 juta, tawaran keempat 96.25-250 juta.

Audit
(1) Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik untuk menyatakan apakah posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan/badan telah disajikan dengan wajar. (2) Pemeriksaan akuntan publik atas laporan keuangan sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan dengan tujuan untuk memberikan pendapat akuntan mengenai laporan keuangan tersebut.

Auditor
orang yang pekerjaannya memeriksa pembukuan perusahaan. Termasuk di dalamnya penelitian dokumen transaksi, utang piutang, nilai aktiva dan penelitian lain untuk mencocokkan benar tidaknya pencatatan.

Authorized Capital (modal dasar)
jumlah dan nilai nominal saham maksimal yang boleh diterbitkan perusahaan; sesuai dengan anggaran dasarnya.

Average Adjuster (penyelesaian awal)
seseorang atau beberapa orang ahli yang ditunjuk menyelesaikan dan menentukan beban masing-masing penanggung awar, biasanya penunjukan ahli diatur dalam kontrak pengangkutan dan jika tidak, disesuaikan dengan hukum yang berlaku ditempat berakhirnya pelayanan yang bersangkutan.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
mencakup semua badan usaha milik pemerintah daerah, yang pengelolaan dan pembinaannya berada di bawah pemerintah daerah, jenis kegiatannya antara lain meliputi penyediaan air minum, pengelolaan pasar, penyediaan objek wisata/taman hiburan, dan sebagainya. Pada umumnya perusahaan ini berbentuk perusahaan daerah (PD) yang diatur berdasarkan peraturan daerah.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
perusahaan atau unit usaha yang erat kaitannya dengan pemerintah dan mempunyai fungsi utama sebagai pemasok barang dan jasa bagi pemerintah dan masyarakat. Operasional, transaksi modal, dan pembiayaannya merupakan bagian integral dari pemerintah. Setiap penjualan kepada masyarakat ditunjukkan sebagai biaya bersih.

Balance
selisih jumlah debet dan kredit pada neraca atau salah satu jumlah kredit atau debit pada tanggal tertentu dengan jumlah imbang.

Balance Certificate (sertifikat baki)
sertifikat yang diterima pemegang saham jika ia menjual bagian sahamnya.

Balance of Payments (neraca pembayaran)
suatu daftar transaksi-transaksi internasional, yang menimbulkan pembayaran berupa uang, antara negara-negara yang meliputi perkiraan transaksi berjalan, termasuk di dalamnya perdagangan barang serta jasa-jasa, perkiraan modal yang memuat pos-pos jangka panjang, lalu lintas emas dan perak, transfer unilateral, berupa hadiah-hadiah pemerintah beberapa negara dan individu-individu.

Balance of Payments Accounts (perkiraan neraca pembayaran)
merupakan suatu daftar ringkasan tentang transaksi-transaksi suatu negara yang meliputi pembayaran atau penerimaan dalam bentuk valuta asing.

Balance Sheet (neraca)
laporan keuangan perusahaan yang menunjukkan keadaan kekayaan, utang dan modal sendiri pada suatu tanggal tertentu. Kekayaan (aset) sama dengan kewajiban dan modal sendiri. Neraca merupakan daftar dari item yang terdapat pada dua sisi yang membuatnya menjadi seimbang.

Balanced Mutual Fund (reksa dana campuran)
wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan manajemen investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham dan obligasi.

Balancing Charge (beban pengimbang)
ikhtisar yang dipergunakan dalam menghitung pajak penghasilan.

Balloon Payment, Balloon Installment (angsuran kembung)
angsuran terakhir yang lebih dibandingkan dengan angsuran berkala sebelumnya, biasanya diterapkan pada pinjaman berkala.

Bank (bank)
badan usaha di bidang keuangan yang menghimpun dan menyalurkan dana dalam masyarakat, terutama dengan memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Bank Accomodation (surat utang)
surat pernyataan utang yang dikeluarkan oleh bank.

Bank Devisa
Bank umum yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan RI sebagai bank yang dapat memberikan jasa lalu lintas pembayaran dalam perdagangan internasional (transaksi internasional) atau transaksi valuta asing.

Bank Indonesia
Bank sentral Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta. Tugas pokoknya ialah membantu pemerintah: 1. Mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah. 2. Mengawasi dan membina perbankan lokal, baik swasta maupun bank pemerintah. 3. Mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja.

Bank Kliring (clearing bank)
bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan.

Bank Koperasi (cooperative bank)
bank yang berbentuk badan hukum koperasi.

Bank Koresponden (correspondence bank)
bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan/atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan.

Bank Mobil (drive-in bank)
pelayanan bank melalui loket kepada nasabah yang tetap berada dalam kendaraannya.

Bank Note (uang kertas)
uang kertas yang dikeluarkan oleh bank dan merupakan alat pembayaran sah di suatu negara, di Indonesia dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Bank Pelaksana (handling bank)
bank yang ditunjuk untuk melaksanakan transaksi tertentu.

Bank Pembuka (opening bank, issuing bank)
bank yang membuka surat kredit atas permohonan nasabahnya.

Bank Penerbit (bank of issue)
(1) bank yang mengeluarkan uang kertas (2) bank yang mengeluarkan warkat niaga yang diberikan kepada yang berhak dan yang setiap saat dapat diuangkan atau diperdagangkan.

Bank Penerus (advicing bank)
bank yang meneruskan surat kredit kepada penikmat, tanpa terikat pada ketentuan-ketentuan dalam surat kredit yang bersangkutan, dan penerusan dilakukan setelah diperoleh keyakinan akan kebenaran sandi atau tanda tangan pembuka.

Bank Penitipan Sentra Dana Berjangka
bank yang disetujui Bappebti untuk menyimpan dana yang dihimpun oleh pengelola sentra dana berjangka.

Bank Perkreditan Rakyat (rural banks)
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdiri dari bank pasar, bank desa, dan lumbung desa. Kegiatan utama BPR adalah menerima simpanan dan memberikan kredit skala kecil dalam jangka pendek kepada pedagang-pedagang di pasar dan penduduk desa. Wilayah kerjanya umumnya bersifat lokal tingkat kotapraja/desa.

Bank Rate (tingkat bunga bank)
suku bunga atau diskonto yang ditetapkan bank.

Bank Server (cadangan bank)
sebagian dari aktiva bank berupa alat-alat likuid dan yang dapat segera dicairkan untuk menghadapi kemungkinan penarikan rekening nasabah seperti giro, deposito, dan simpanan lainnya.

Bank Statement (pernyataan bank)
(1) neraca atau laporan keuangan yang mencerminkan keadaan suatu bank, yang pembuatnya ditetapkan dengan undang-undang, (2) pernyataan bank tentang jumlah saldo rekening giro nasabahnya.

Bank Syariah
suatu bank yang dalam operasi berdasarkan prinsip-prinsip hukum Islam. Tiap bank yang menawarkan keuangan secara Islam mempunyai suatu dewan, yang disebut dewan syariah, yang pendapatnya dibutuhkan mengenai perjanjian keuangan dan instrumen moneter yang rumit. Peran dewan ini adalah kalau suatu masalah yang secara khusus tidak disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an atau dalam ajaran Nabi Muhammad saw, maka penafsiran-penafsirannya dibuat oleh dewan tersebut.

Bank Tabungan (saving bank)
bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dengan bentuk tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam sekuritas.

Bank Umum (commercial bank)
bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek (lihat UU No. 14 th. 1976 ps.3).

Bapepam
Badan Pengawas Pasar Modal (Capital Market Supervisory Agency), sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1990.

Bappebti
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, lembaga pemerintah di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang melakukan pembinaan, pengaturan; dan pengawasan dibidang perdagangan berjangka komoditi.

Bare Trustee (wali amanat)
orang yang mengusai harta atas nama orang lain dan orang tersebut diberi hak penuh sebagai pemilik harta tersebut.

Base Coins (uang lusuh)
uang yang tidak layak beredar lagi karena rusak.

Batas Maksimum
batas maksimum posisi terbuka Kontrak Berjangka yang dimiliki secara langsung atau tidak langsung oleh Pihak yang melakukan lindung nilai.

Batasan pada Jaminan Nasabah
nilai maksimum dari efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

Bea (duty)
pajak tidak langsung atas barang impor dan ekspor dengan surat-surat sebagai bukti; dan lain-lain menurut peraturannya masing-masing.

Bea Cukai/Pabean
instansi resmi dari suatu negara yang mengawasi barang-barang keluar-masuk daerah pabean masing-masing dengan memberikan izin untuk pemuatan barang ke kapal bagi eksportir dan izin untuk pelepasan barang dari pelabuhan untuk dimaksudkan ke daerah pabean bagi importir sesuai dengan ketetuan.

Bear Market (pasar lesu)
harga saham, obligasi, dan komoditi yang jatuh dalam masa yang cukup lama. Di pasar modal harga saham; obligasi yang jatuh biasanya berkaitan dengan kelesuan kegiatan ekonomi pada umumnya.

Bearer (pengunjuk)
pihak yang diakui sebagai pemilik sekuritas atas unjuk.

Bearer Bond (obligasi atas unjuk)
obligasi yang pelunasannya dan bunganya dibayarkan kepada pembawa obligasi tersebut.

Bearer Cheque (cek atas unjuk)
cek yang mencantumkan atau tidak mencantumkan nama penerima pembayaran disertai klausula "atau kepada pembawa"; cek ini dipindahtangankan dengan menyerahkan kepada orang lain begitu saha.

Bears (spekulan jual)
orang/badan usaha yang menarik keuntungan dari keadaan pasar yang sedang menurun dengan menjual efek untuk kemudian membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah.

Beban (chargers)
bagian dari biaya dalam satu periode tertentu yang diperhitungkan untuk mengurangi pendapatan, misalnya penyusutan.

Belening (berasal dari bahasa Belanda yang artinya gadai)
kredit jangka pendek dengan jaminan sekuritas yang lazimnya berlaku untuk 3 bulan dan setiap kali dapat diperpanjang bila tidak dihentikan oleh salah satu pihak yang bersangkutan.

Beli Sendiri (buying in)
membeli harta milik dalam lelang umum atau eksekusi hipotek oleh pemilik semula.

Beneficial Owner (waris)
orang yang diberi hak untuk menguasai harta orang lain.

Beneficial Ownership (kepemilikan manfaat atas efek)
hak pemegang rekening efek atas manfaat tertentu berkaitan dengan efek yang dicatat dalam penitipan kolektif dalam rekening efek pada perusahaan efek, Bank Kustodian atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, yang timbul dari kontrak rekening efek antara pemegang rekening dan kustodian tersebut, Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal dan Peraturan pelaksanaannya termasuk peraturan ini.

Beneficiary (penikmat)
orang atau badan yang disebut dalam surat wesel; surat kredit; atau surat perjanjian lainnya sebagai pihak yang berhak menerima pembayaran atau sesuatu yang bernilai.

Benefit (pertanggungan)
nilai pertanggungan secara maksimal yang harus dibayar perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak perjanjian.

Benturan Kepentingan
berbedaan antara kepentingan ekonomis perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

Best Effort Commitment (penjamin emisi dengan kesanggupan terbaik)
perjanjian antara emiten dan penjamin emisi dalam rangka penjualan efek dan pengembalian sisa efek, yang tidak terjual habis, yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh penjamin emisi.

Bid (penawaran)
harga penawaran yang diajukan oleh pembeli.

Bid and Asked (penawaran dan permintaan)
"Bid" adalah harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh pembeli pada waktu tertentu dari efek tertentu. "Asked" adalah harga terendah yang diterima oleh penjual untuk efek yang sama. Secara bersama kedua harga tersebut membentuk suatu quotation (catatan harga). Perbedaan antara kedua harga tersebut disebut spread. Bid and asked biasanya berkaitan dengan efek-efek tidak terdaftar yang diperdagangkan di pasar luar bursa.

Bid Price (harga tawaran)
harga efek yang diajukan oleh calon pembeli/harga tertinggi uang diminta untuk membeli.

Big Board (papan utama)
istilah populer untuk New York Stock Exchange. Berupa papan pencatatan Kurs Sekuritas.

Bill of Exchange (surat wesel)
surat perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada seseorang yang disebut namanya atau kepada orang yang ditunjuknya pada tanggal pembayaran; agar supaya surat perintah itu berlaku sebagai surat wesel, maka isinya harus memuat syarat-syarat yang ditetapkan dalam undang-undang antara lain memuat perkataan "surat wesel".

Bill of Lading (surat muatan [B/L])
tanda terima dokumen pengangkutan atas barang-barang uang diangkut dengan kapal laut yang diterbitkan oleh perusahaan/maskapai pelayaran dan juga berfungsi sebagai dokumen kepemilikan atas barang (document of title).

Biro Administrasi Efek
pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten melaksanakan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek.

Black Market (pasar gelap)
pasar yang transaksi-transaksinya bertentangan dengan peraturan-peraturan pemerintah.

Blank Stock (blanko saham)
saham yang syaratnya tidak dicantumkan dalam anggaran dasar emiten, tetapi ditetapkan oleh Dewan Direksi pada saat dikeluarkan.

Blank Transfer (transfer kosong)
penyerahan secara formal surat-surat berharga yang dipindahtangankan, yang penyelesaiannya diserahkan kepada seorang untuk dipindahtangankan.

Block (blok)
efek yang diperdagangkan dalam jumlah besar di Indonesia berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku dalam transaksi di Bursa.

Block Sale
jumlah besar saham, atau nilai besar obligasi, yang dikuasai atau diperdagangkan di Bursa Efek atau pasar modal. Di Amerika Serikat, ada pedoman umum, yaitu 10.000 saham atau lebih dan nilai U$$ 200.000 atau lebih dari suatu obligasi biasanya disebut sebagai block sale. Di Indonesia, perdagangan saham yang besar ini juga ada dan dimasukkan ke dalam perdagangan yang tidak reguler.

Blocked Currency (mata uang tersekat)
alat pembayaran yang perpindahannya antarnegara dikenakan pembatasan-pembatasan oleh pemerintah.

Blow Out (jual cepat)
penjualan secara cepat dari semua saham-saham yang baru ditawarkan kepada masyarakat. Perusahaan-perusahaan sengaja menjual saham-sahamnya di dalam situasi yang demikian karena mereka ingin mendapatkan harga yang tinggi. Para Pemodal mungkin agak sulit untuk memperoleh sejumlah saham dalam situasi yang demikian.

Blue Chip Stock (saham-saham unggulan)
saham biasa dari perusahaan yang cukup dikenal dan punya kemampuan untuk mendapat keuntungan dalam jangka panjang. Di samping itu reputasi manajemennya cukup baik.

Blue Sky Laws (Undang-Undang Pengamanan Efek)
undang-undang yang mengatur jual beli efek untuk melindungi masyarakat terhadap penipuan (di Amerika Serikat).

Board of Directors (dewan direksi)
orang-orang yang dipilih oleh pemegang saham perusahaan di dalam RUPS untuk mengendalikan suatu perusahaan sebagaimana disebutkan di dalam anggaran dasar perseroan.

Board Room (ruang nasabah)
ruang di kantor broker untuk kepentingan nasabah yang dilengkapi papan pengumuman harga pada efek.

Bond (obligasi)
bukti utang dari emiten yang dijamin oleh penanggung janji pembayaran bunga atau janji lainnya serta pelunasan pokok pinjaman yang dilakukan pada tanggal jatuh tempo, sekurang-kurangnya 3 tahun sejak tanggal emisi pemilik dari obligasi atas unjuk biasanya menyertakan kupon pada obligasi yang diterbitkannya sebagai bukti untuk menerima pembayaran bunga. Sedangkan pada obligasi atas nama biasanya nama si pemilik sudah tercatat pada perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut.

Bond Anticipation Note (obligasi antisipasi)
instrumen utang berjangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan akan dibayar lunas bersamaan dengan penerbitan obligasi yang akan datang. Jenis Obligasi semacam ini sangat aman dan bebas pajak di luar negeri.

Bond Coupon (obligasi kupon)
kupon bunga yang biasanya menyertai lembaran obligasi atas unjuk. Bunga obligasi dapat diambil dengan menunjukkan kupon bunga.

Bond House (kantor obligasi)
badan usaha yang usaha pokoknya memperdagangkan obligasi menjamin agar emisi obligasi dapat terjual laris.

Bond Quotations (pencatatan harga obligasi)
ini ditetapkan dalam % (persen) dari jumlah atau 1.000 dollar yang menggunakan fraksi-fraksi 1/8, 1/4, 3/8, 1/2, 5/8, 3/4 dan 7/8. Kadang-kadang sebagai pengganti jumlah, istilah pari, nilai digunakan, karena jumlah yang ditetapkan pada face dari bond. Karena face bond hampir selalu 1.000 dollar berikut ini akan mengilustrasikan hubungan antara quotation dan harga dollar Quotation Dollar 103 1/4 $ 1032.50 102 1/5 $ 1021.25 105 1/2 $ 1055.00 97 1/2 $975.00 Suatu cara yang mudah untuk menghitung harga dollar adalah memberikan nomor-nomor kemudian meletakkan fraksi dari $10. Contoh sebuah tawaran dari 103 1/4 untuk seribu dollar bond akan digambarkan $ 1030 + 1/4 x $10 atau $2.50; menjadi $1032.50 Dalam masalah baru (kasus baru) harga dollar sering ditetapkan dalam desimal-desimal pada fraksi-fraksi. Contoh akhir tahun 1959 The Florida Power and Light Company menawarkan kepada umum 4 1/4 iuran bond 1989 pada 101.519 atau $1.015.017 per bond.

Bond Swap (pertukaran obligasi)
menjual obligasi dan membeli obligasi yang lain pada saat bersamaan. Tujuan Pertukaran obligasi bermacam-macam; seperti: (1) maturity swap, yaitu pertukaran jatuh tempo antara satu obligasi dengan obligasi lain yang dapat menciptakan keuntungan karena harga yang menurun dari obligasi yang jatuh temponya lebih lama. (2) yield swaps, yaitu pertukaran obligasi yang tingkat bunganya lebih baik. (3) quality swaps, yaitu pertukaran obligasi yang tingkat keamanannya lebih tinggi.

Bond Washing (pembersihan saham)
pembelian saham yang dividennya belum dibagikan, kemudian menjualnya kembali setelah menerima dividen.

Bond Yield (hasil bunga obligasi)
ada tiga macam: hasil nominal obligasi, hasil dibanding dengan harga obligasi yang berlaku, dan hasil sampai pokok obligasi dilunasi (hari jatuh tempo).

Bonds Dividend
dividen yang dibayarkan dalam bentuk obligasi.

Bonus Stock (saham bonus)
(1) Saham yang dikeluarkan sebagai bonus dalam rangka mengkapitalisasi laba yang ditahan. Dalam hal ini terjadi peningkatan modal saham, yang penyetorannya berasal dari laba yang ditahan. (2) Saham yang dikeluarkan untuk membantu penempatan jenis saham baru, lazimnya merupakan saham preferen.

Book (buku amanat)
catatan amanat jual beli efek yang dimiliki spesialis dan semua amanat dibukukannya secara kronologis dalam buku tersebut.

Book Closing Date (tanggal tutup buku)
tanggal sebuah perusahaan menutup buku-bukunya untuk menentukan para pemegang saham yang terdaftar untuk menerima dividen, pengeluaran dan lain-lain.

Book Debt (buku utang)
catatan yang memuat kewajiban (utang) masing-masing debitur.

Book Value (nilai buku)
nilai buku perusahaan dihitung dari total aset dikurangi harta tidak terwujud, dikurangi utang dan nilai nominal dari saham preferen. Contoh, Total aset Rp5.000 juta Dikurangi: Harta tak berwujud (Rp1.000 juta) Dikurangi: Utang (Rp1.000 juta) Dikurangi: Saham Preferen (Rp1.000 juta) Nilai Buku Rp2.000 juta. Nilai buku perusahaan adalah jumlah nilai buku dibanding dengan saham yang beredar.

Boom Market (pasar menguntungkan)
suatu keadaan pasar ketika permintaan jauh melampaui penawaran. Dalam keadaan-keadaan yang demikian harga-harga meningkat.

Boot Money (tambahan ganti rugi)
uang yang diberikan oleh salah satu pihak dalam suatu tawar-menawar tambahan ganti rugi.

Borrowing Fee (biaya pinjaman)
biaya atas pinjaman yang diperlukan untuk membeli efek.

Bottom Fisher
perusahaan yang mencari saham yang harganya jatuh pada titik yang paling rendah sebelum harganya naik kembali. Dalam kasus yang ekstrem pemodal semacam ini mencari efek dari perusahaan-perusahaan yang bangkrut atau hampir bangkrut.

Bottom up Approach to Investing
meneliti prestasi dari saham perusahaan tertentu sebelum mempertimbangkan kecenderungan ekonomi yang berlaku pada saat itu. Prestasi perusahaan tersebut dapat dilihat dari laporan perusahaan, fluktuasi harga saham, perkembangan produk yang dihasilkan. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik sekalipun dalam situasi industri kurang menguntungkan.

Bounded Warehouse (kawasan berikat)
daerah atau wilayah pengawasan pemerintah tempat menyimpan sementara barang-barang dari luar negeri tanpa pembayaran bea atau pajak sampai barang tersebut dikeluarkan pemiliknya; setelah bea atau pajak dibayar.

Box (kotak efek)
tempat penyimpanan efek; lazimnya disediakan Lembaga Keuangan Bank atau Kustodian dengan menyewakan kepada pemilik efek untuk menyimpannya.

Breadth of Market (indikator pasar)
prosentase dari saham yang berpartisipasi di pasar. Para analis mengatakan bahwa suatu bursa efek disebut baik bila dua pertiga dari saham tercatat aktif dalam transaksi. Pasar dengan situasi semacam ini akan membuat lebih banyak pemodal yang ikut berpartisipasi. Breadth of market merupakan salah satu indikator naik-turunnya suatu bursa efek.

Bridging Loan (kredit talangan)
pinjaman jangka pendek untuk mengatasi kekurangan dana yang bersifat sementara sambil menunggu dana lain yang akan diperoleh.

Broker (pialang)
(1) individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa, (2) pihak yang melaksankan/eksekusi baik pembelian maupun penjualan saham. Pialang bekerja berdasarkan amanat investor baik untuk kegiatan beli maupun jual. Pialang mendapat komisi dari aktivitasnya berdasarkan negosiasi dengan investor.

Broker Dealer (perantara pedagang efek)
individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa dan pihak yang melakukan kegiatan atas efek hanya untuk kepentingan pihak lain.

Brokerage (provisi pialang)
imbalan yang diterima pialang atas transaksi jual beli sekuritas.

Bucketing (simpan tunda)
menangani jual beli surat berharga.

Budget (anggaran keuangan)
rencana keuangan terperinci mengenai taksiran penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu sebagai sarana; untuk mencapai sasaran suatu rencana kerja.

Buku Pembantu Efek
catatan mengenai Efek yang disimpan pada Perusahaan Efek atau dimiliki oleh Perusahaan Efek yang dibuat dalam bentuk pembukuan ganda yang menunjukkan Posisi Long, Posisi Short dan lokasi Efek tersebut.

Bull Market (pasar naik)
pasar dengan kecenderungan harga meningkat karena dikuasai spekulan beli.

Bunga (interest)
pembayaran yang diberikan kepada kreditur sebagai imbalan atas uang yang telah dipinjam. Pembayaran bunga dibedakan dari pembayaran kembali pokok pinjaman uang. Bunga di dalam Islam termasuk dalam kategori riba dan dilarang karena bertentangan dengan prinsip keadilan.

Bunga Akrual
bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar.

Bursa Berjangka
badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka dan opsi atas kontrak berjangka.

Bursa Efek
pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. Bursa efek adalah tempat perdagangan dana, baik utang (debt) maupun modal sendiri (equity). Di Indonesia, saat ini, ada dua bursa, yakni Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).

Business Risk (risiko bisnis)
risiko kredit karena kemampuan pimpinan perusahaan debitur dalam menjalankan bisnis.

Busted Bonds (obligasi pecahan)
obligasi yang dikeluarkan oleh negara asing atau perusahaan yang hampir dilikuidasi.

Buy on Weakness
harga diharapkan terkoreksi dalam jangka pendek, tetapi masih positif untuk jangka panjang. Untuk itu pertimbangkan beli saat harga mendekati level support.

Buyer's market (pasar pembeli)
pasar yang ditandai oleh penawaran yang secara nisbi melebihi permintaan sehingga harga cenderung menurun dan menguntungkan pembeli.

Call
(1) hak untuk melunasi obligasi yang sedang bereda sebelum jatuh tempo. Kapan pelunasan tersebut dapat dilakukan biasanya dijelaskan pada prospektus yang dikeluarkan bersamaan dengan penerbitan obligasi tersebut kepada masyarakat; (2) hak untuk membeli sejumlah saham pada harga tertentu dan pada tanggal yang sudah ditentukan; (3) [somasi] teguran tertulis melalui pengadilan dari kreditur kepada debitur yang cidera janji untuk memenuhi kewajibannya dalam batas waktu tertentu.

Call Loan
pinjaman yang harus dibayar kembali setelah diminta dilunasi oleh si peminjam dengan memperlihatkan jangka waktu yang telah disepakati.

Call Money
pinjaman uang untuk jangka waktu sangat pendek (maksimal 8 hari) untuk mengatasi kesulitan likuiditas sementara suatu persuhaan.

Call Money (uang kol)
pinjaman atau tagihan antarbank dengan jangka sangat pendek (harian) yang setiap waktu dapat dibayar kembali, di Indonesia berdasarkan S.E.B.I. No. 6/22/UPUM tanggal 28 Februari 1974 bahwa Uang Kol Antar Bank (Interbank Call Money) ditentukan paling lama tujuh hari.

Call of Bond
pemberitahuan bahwa obligasi oleh emiten akan dilunasi baik sebelum atau pada hari tunai.

Call Option
hak untuk membeli sejumlah tertentu saham dari pemegang saham pada harga atau indeks yang ditentukan. Bagi si pembeli yang berpikir harga akan naik, call option akan memberikan keuntungan dengan investasi yang lebih sedikit daripada harus membeli langsung saham tersebut. Pemegang (pembeli) option akan membayar fee kepada penjual option.

Call Premium
(1) premi yang diberikan oleh emiten apabila dilakukan penebusan sebelum hari tunai; (2) premi yang dibayar pada open call.

Callable
obligasi yang dapat dilunasi oleh penerbitnya sebelum jatuh tempo. Perusahaan harus membayar kepada pemegang harga premi bila suatu efek dilunasi sebelum waktunya. Obligasi disebut call bila suku bunganya turun cukup tajam, sehingga penerbit akan lebih untung bila ia menerbitkan obligasi baru dengan bunga yang lebih rendah.

Called Away
suatu istilah yang digunakan untuk obligasi yang dilunasi sebelum jatuh tempo.

Cancel Order
amanat harus segera dilakukan pada harga yang ditentukan atau jika tidak, langsung dibatalkan (fill or kill/immediate)

Cancelled Cheque, paid (cek lunas)
cek yang telah dibayar oleh bank tertarik dan ditandai dengan cap atau perforasi "lunas" atau tanda lain semacam itu.

Capital (modal)
uang atau benda yang ditanamkan dalam suatu usaha untuk dikelola lebih lanjut secara produktif

Capital Adequacy Ratio (CAR)
Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) atau Rasio Kecukupan Modal. Yaitu, kewajiban bank umum untuk menyediakan modal minimum sebesar persentase tertentu dari aktiva tertimbang menurut risiko sebagaimana ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Capital Asset (modal aktiva)
aktiva jangka panjang yang tidak akan dijual/dibeli di dalam situasi bisnis yang normal. Di dalam pengertian umum istilah ini termasuk aktiva tetap seperti tanah, bangunan, mesin.

Capital Budget (anggaran modal)
anggaran penerimaan dan pengeluaran untuk barang modal.

Capital Expenditure (biaya aktiva tetap)
Pengeluaran uang yang digunakan untuk penambahan atau perbaikan aktiva tetap perusahaan seperti mesin dan bangunan.

Capital Fligt (pelarian modal)
pergerakan sejumlah besar modal investasi atau uang, dari suatu negara ke negara lain untuk menyelamatkan dan atau melarikan diri dari kekacauan politik atau ekonomi, atau juga untuk mendapatkan tingkat hasil yang lebih tinggi.

Capital Gain (keuntungan modal)
keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual suatu efek. Apabila perbedaan tersebut bersifat negatif (rugi) hal ini disebut capital loss.

Capital Market
pasar modal atau bursa efek merupakan pasar di mana dana-dana, baik utang (debt) maupun modal sendiri (equity), diperdagangkan. Di Indonesia, saat ini, ada dua bursa, yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).

Capital Market Supporting Institution (lembaga penunjang pasar modal)
tempat penitipan harta, biro administrasi efek, wali amanat, atau penanggung yang menyediakan jasanya sesuai dengan ketentuan dalam keputusan ini.

Capital Market Supporting Professionals (profesi penunjang pasar modal)
Akuntan, Notaris, Penilai, dan Konsultan Hukum yang menyediakan jasanya sesuai dengan ketentuan dalam keputusan ini.

Capital Reserves (cadangan modal)
bagian kekayaan bersih berupa tambahan modal yang tidak berasal dari rekening laba-rugi.

Capital Structure (struktur modal)
komposisi permodalan perusahaan yang pada umumnya terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman.

Capitalization (kapitalisasi)
di dalam peristilahan bursa saham, kapitalisasi merupakan nilai dari pada suatu perusahaan, yaitu harga saham dikalikan dengan jumlah saham yang diedarkan.

Capsule Information (keterangan lengkap)
keterangan singkat mengenai kegiatan terakhir perusahaan yang belum diperiksa akuntan publik dan biasanya dilampirkan pada perhitungan rugi laba.

Captive Insurance Company (perusahaan asuransi terikat)
anak grup perusahaan besar yang didirikan untuk mengawasi risiko-risiko asuransi anggota grup.

Carrier
pihak pengangkut barang atau maskapai pengangkutan yang menerbitkan bill of landing.

Cash Account (rekening tunai)
transaksi yang dilakukan antara broker/dealer secara tunai.

Cash Book (buku kas)
buku catatan penerimaan dan pengeluaran uang tunai.

Cash Contract/Cash Trade (dagang tunai)
cara transaksi jual beli sekuritas yang mengharuskan penyerahan dan pembayaran pada saat yang bersamaan.

Cash Devidend (dividen tunai)
pembayaran dividen secara tunai (cash) kepada pemegang saham yang berasal dari keuntungan pada tahun tersebut atau akumulasi dari keuntungan pada tahun tersebut atau akumulasi dari keuntungan pada tahun sebelumnya. Cash Devidend harus dibedakan dengan stock devidend, yaitu dividen yang dibayar dalam bentuk saham. Cash dividend dari investment company (perusahaan investasi biasanya terdiri dari dividen, bunga, capital gain yang diperoleh investasi portofolionya.

Cash Earning (hasil tunai)
penerimaan tunai dikurangi pengeluaran tunai, tetapi tidak termasuk pengeluaran non cash seperti depresiasi.

Cash Flow (arus kas)
pencatatan perubahan modal kerja sehubungan dengan kegiatan usaha perusahaan yang dilaporkan. Catatan memperlihatkan perincian sumber uang kas dan penggunaanya.

Cash Letter
surat kiriman uang antar bank yang menyertai alat-alat pembayaran cash seperti travelers cheque, money order, dan lain-lain.

Cash Market (pasar tunai)
transaksi yang dilaksanakan secara tunai atau biasa disebut spot market. Dalam hal ini komoditi yang dikirim oleh penjual kepada pembeli dibayar tunai pada saat pengiriman tersebut dilaksanakan.

Cash Offering (tawaran tunai)
penawaran sekuritas dengan pembayaran tunai.

Cash Sale (jual tunai)
penjualan sekuritas dengan tunai yang mengharuskan penjual menyerahkan sekuritas tersebut kepada pembeli pada hari ini juga.

Cash with Order (tunai waktu pesan)
penjualan dengan syarat bahwa pembayaran dilakukan pada waktu mengadakan pesanan.

Cashier (kasir)
orang yang bertugas menerima dan membayar uang atas perintah yang berwenang.

Cat and Dogs
Saham spekulatif yang mempunyai sejarah singkat mengenai penjualan, keuntungan dan pembayaran dividen. Di dalam pasar yang membaik (naik) para analis kurang memperdulikan saham jenis ini sekalipun harga saham sedang naik.

Central Bank (bank sentral)
bank yang mempunyai tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat, misalnya di Indonesia, bank sentral adalah Bank Indonesia.

Central Depository-Book Entry Settlement System (C-BEST)
sistem penyelenggaraan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian Transaksi Efek secara pemindahanbukuan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

Certificate (sertifikat)
didalam perdagangan efek yang dimaksud sertifikat adalah: (1) suatu surat berharga sebagai pengganti dari suatu tagihan, (2) suatu surat dikeluarkan sebagai pengganti dari suatu tagihan, (3) juga sebagai surat berharga.

Certificate of Amortization (bukti amortisasi)
serupa dengan bukti keuntungan adalah bukti amortisasi yang juga diberikan oleh perseroan yang mengadakan reorganisasi. Bukti amortisasi pada umumnya hapus setelah pembayaran jumlah tertentu.

Certificate of Deposit (sertifikat deposito)
surat bukti simpanan uang dalam bank dengan jangka waktu dan bunga yang dapat diperjualbelikan.

Certificate of Origin (sertifikat keasalan)
sertifikat yang menerangkan negara asal suatu barang.

Certificate of Stock (sertifikat saham/surat saham)
bukti pemilikan atas jumlah saham dalam perseroan yang dimiliki oleh pihak tertentu.

Certified Cheque (cek berjaminan)
cek yang pada bagian mukanya dituliskan nama pegawai bank yang ditarik dan yang menanggung serta mengesahkan tanda tangan si penarik sebagai seorang depositor dari bank tersebut bahwa dana cek itu cukup.

Chartist (peramal pasar modal)
orang yang melakukan prediksi keadaan pasar saham dengan membuat grafik harga-harga saham dan berspekulasi berdasarkan ramalan tersebut.

Cheque (cek)
surat perintah tidak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu, pada waktu surat tersebut diserahkan kepadanya, dan agar surat perintah itu berlaku sebagai cek, isinya harus memenuhi syarat yang ditetapkan dalam undang-undang, antara lain memuat perkataan "cek".

Claim (tuntutan hak)
hak untuk memperoleh bunga atau pembagian keuntungan dan/atau hak untuk mendapatkan, membeli saham terlebih dahulu, jika perusahaan menerbitkan saham baru.

Clearing (kliring)
pertukaran efek antar loker/dealer dan sekaligus perhitungan rekening masing-masing. Atau, proses penentuan hak dan kewajiban yang timbul dari transaksi bursa.

Clearing Account (rekening transitoris)
rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan di dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan) dan saldo yang dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya), misalnya "Rekening Alat Tulis Kantor".

Clearing Cheque (cek kliring)
cek yang dapat diperhitungkan dalam pertemuan kliring

Clearing Settlement and Custodian Institution (lembaga kliring penyelesaian dan penyimpanan)
suatu lembaga yang menyelenggarakan kliring dan penyelesaian transaksi yang terjadi di bursa efek, serta penyimpanan efek dalam penitipan untuk kepentingan pihak lain.

Client Bonds (obligasi pemilik sertifikat)
contoh dari obligasi pemilik sertifikat (client bonds) adalah pinjaman obligasi yang dikeluarkan oleh perseroan Albert Heyn dari Negeri Belanda, dalam rangka mengembangkan pemilik efek oleh masyarakat di samping untuk menarik pemilik sertifikat. Sistemnya sangat sederhana, yakni kepada setiap pemilik sertifikat yang berbelanja diberikan materai obligasi sebesar 10% dari uang yang dibelanjakannya. Materai-materai tersebut kemudian ditempelkan dalam buku yang telah disediakan. Apabila pemilik sertifikat telah memiliki materai obligasi berjumlah F.50 ia akan memperoleh obligasi.

Closed-end Managament Company (perusahaan pengelola dana dengan sistem tertutup)
suatu perusahaan investasi yang mengeluarkan mutual fund dari saham beredar dalam jumlah terbatas. Saham-saham dengan sistem ini didaftarkan di bursa efek. Perusahaan dengan sistem ini tidak mempunyai kewajiban untuk membeli kembali saham-sahamnya dari investor.

Closed-end Mutual Fund/closed-end Investment Fund (reksa dana tertutup)
reksa dana di mana pemegang unit penyertaannya tertutup untuk menjual kembali unit penyertaan yang dimilikinya kepada perusahaan manajemen investasi yang menerbitkan reksa dana tersebut. Pemegang unit penyertaan hanya bisa menjual unit penyertaan yang dimilikinya kepada investor lain, di mana mekanisme penjualan tersebut dilakukan di bursa efek.

Closing Price (harga tertutup)
harga valuta asing atau surat berharga lainnya pada saat pasar tutup.

Collable (penuaian sebelum tempo)
sifat sekuritas yang pada saat sebelum hari tunai dapat diajukan untuk ditunaikan atau ditukarkan.

Collateral Trust Bonds (obligasi koleteral)
obligasi dan saham perusahaan lain yang dimiliki suatu perusahaan dalam jumlah besar yang digadaikan kepada suatu dewan pengawas (trustee) apabila perseroan membutuhkan pinjaman lagi.

Collective Order (pesanan kolektif)
pesanan sekuritas secara kumulatif menurut kurs yang diminta/ditawarkan dalam perdagangan sebelum pertemuan bursa dimulai.

Comfort Letter
surat yang dibuat oleh akuntan yang menyatakan ada atau tidaknya fakta material yang terjadi setelah tanggal laporan keuangan terakhir sampai dengan menjelang tanggal efektifnya pernyataan pendaftaran yang dapat mengakibatkan perubahan signifikan atau membahayakan posisi keuangan atau hasil usaha sebagaimana disajikan dalam laporan keuangan yang dilampirkan sebagai bagian dokumen pernyataan pendaftaran dan dimuat dalam prospektus.

Commercial Paper (warkat niaga)
surat dagangan yang dapat diperjualbelikan, misalnya promes, wesel dan dokumen jangka pendek lain yang diterbitkan oleh badan usaha.

Commission (komisi)
imbalan yang diterima oleh perantara sehubungan dengan transaksi efek yang dilakukannya untuk kepentingan nasabahnya.

Commitment Fee (biaya ikatan)
biaya yang dibebankan kepada nasabah sehubungan dengan penyediaan dana oleh bank dalam pemberian kredit investasi.

Common Share/common stock (saham biasa)
(1) saham yang paling pertama diterbitkan oleh perusahaan dan paling akhir dilunasi saat likuidasi; (2) saham yang memberikan hak berupa dividen kepada pemiliknya kalau perusahaan bersangkutan mendapatkan keuntungan pada tahun tertentu. Di samping itu, saham ini juga memberikan hak kepada pemiliknya untuk mengeluarkan surat dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rapat ini diperlukan untuk memutuskan hal-hal yang mendasar bagi perusahaan misalnya perubahan anggaran dasar, pengangkatan dan pemberentian direksi/dewan komisaris, pengesahan neraca dan laba/rugi perusahaan serta likuidasi.

Commutation (komutasi)
perubahan suatu metode pembayaran ke metode yang lain.

Company (perusahaan)
badan usaha sebagaimana dimaksud dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang atau Badan Hukum lain yang didirikan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sepanjang tidak ditentukan lain dalam keputusan ini.

Company Listing (pencatatan perusahaan)
perusahaan mencatatkan di Bursa semua modal saham yang telah disetor meskipun saham yang go public, melalui penawaran umum, kurang dari itu. Misalnya, modal disetor terdiri dari 8 juta saham. Dijual kepada masyarakat melalui penawaran umum 2 juta saham. Pada waktu mencatatkan seluruh saham yang telah disetor (8 juta saham). Selisih antara jumlah saham yang telah disetor dengan jumlah saham yang dijual melalui penawaran umum, sewaktu-waktu dapat dijual melalui bursa oleh pemilikannya.

Comparative Financial Statement (laporan keuangan perbandingan)
daftar yang memuat laporan keuangan dari beberapa periode yang berbeda yang dicantumkan sebelah menyebelah untuk tujuan perbandingan dan penilaian.

Competitive Bid (penawaran bersaing)
penawaran sekuritas atas dasar jumlah dan mendapat dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif.

Compounded Interest (bunga majemuk/bunga berbunga)
bunga yang diperhitungkan atas dana pinjaman dan bunga yang belum dibayar.

Confirmation (konfirmasi)
pernyataan tertulis yang dibuat oleh perusahaan efek setelah terlaksananya transaksi dan disampaikan kepada nasabah, berisikan perincian yang lengkap mengenai transaksi tersebut dan penjelasan tentang kedudukannya sebagai perantara atau pedagang efek dalam transaksi dimaksud.

Conflict of Interest (benturan kepentingan)
perbedaan antara kepentingan ekonomi perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

Conglomerate (konglomerasi)
perusahaan yang menanam modalnya dalam berbagai bidang industri, untuk mengurangi resiko.

Connvertible Bonds (obligasi tukar)
obligasi yang memiliki sifat obligasi biasa seperti bunga tetap, pelunasan setelah jangka waktu tertentu, juga mempunyai hak untuk ditukar dengan saham pada waktu dan syarat-syarat yang ditentukan.

Consignee (penerima konsinyasi)
pihak yang menerima barang atas dasar konsinyasi.

Consignor (pengirim konsinyasi)
orang yang menitipkan barang dagangan kepada orang lain untuk dijualkan.

Consolidated Financial Statement (laporan keuangan gabungan)
neraca dan perhitungan rugi dan laba beserta penjelasannya pos demi pos yang meliputi perusahaan induk dan semua anak perusahaannya.

Consolidated Mortgage Bonds (obligasi konsolidasi)
obligasi yang diterbitkan karena adanya reorganisasi perseroan dan sebagai jaminan pada pemegang obligasi perseroaan memberikan sebagian dari aktiva perseroan yang dikonsolidasi.

Consolidation (konsolidasi)
penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan baru untuk meneruskan usahanya.

Consortium (konsorsium)
pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank atau lembaga keuangan.

Constructive Dividen (dividen konstruktif)
dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham yang besarnya ditentukan atas dasar perbandingan antara saham yang dimiliki dan aktiva perusahaan. Biasanya dividen tersebut tidak diumumkan dan terjadi pada perusahaan tertutup.

Constructive Total Loss
objek pertanggungan yang mengalami kerusakan sehingga tidak berbentuk dan tidak berfungsi lagi; toleransi kerusakannya disini biasanya mencapai tak kurang dari 75%.

Consultant (konsultan)
orang yang memberikan nasihat/jasa-jasa sesuai dengan keahliannya seperti ahli perbankan, ahli hukum, ahli pasar modal dan lain-lain.

Consumer Finance Company (perusahaan pembiayaan konsumen)
badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala oleh konsumen.

Consumer Price Index (indeks harga konsumen)
indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga antar waktu dari suatu paket jenis barang dan jasa yang dikonsumsi oleh penduduk/rumah tangga di daerah perkotaan dengan dasar suatu periode tertentu.

Cost of Capital, Overall Cost of Capital, Average of Capital (biaya modal)
jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan; yang masing-masing ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan.

Multilated Cheque (cek rusak)
cek yang rusak karena lusuh atau sobek sehingga tidak laik bayar

Opened Cheque (cek terbuka)
cek yang dapat dibayarkan sewaktu-waktu; dapat dibayarkan kepada seorang tanpa kehadiran pemiliknya

Order Cheque (cek order)
cek yang memuat nama penerima pembayaran dengan atau tanpa klausa "kepada order", cek ini dipindahtangankan dengan cara endosemen

Post Date Cheque (cek undur)
cek yang bertanggal sesudah hari peredaran, dan apabila cek yang demikian diajukan kepada bank sebelum tanggal yang tertera diatas cek itu, maka bank tetap wajib membayarnya.

Travellers Cheque (cek jalan)
cek yang dikeluarkan oleh bank untuk keperluan perjalanan.