KAMUS AKUNTANSI

Kamus Istilah-istilah dalam Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis

All | Latest | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
There are currently 1010 names in this directory
A Month Order (amanat sebulan)
amanat beli dan atau amanat jual yang hanya berlaku dalam satu bulan (sampai hari bursa yang terakhir dalam bulan amanat diberikan).

A Week Order (amanat mingguan)
amanat beli dan atau amanat jual yang hanya berlaku dalam satu minggu (sampai hari jumat di dalam pekan amanat diberikan)

Abatemen (potongan)
Ahli waris tidak mendapat warisan sesuai testamen jika warisan tidak mencukupi.

Absconding Debtor (debitur lari)
Debitur yang melarikan diri.

Absentee Ownership (pemilikan absenti)
Pemilikan tanah pertanian atau kekayaan lain di luar daerah tempat tinggal pemiliknya.

Absolute Endorsement (pengesahan mutlak)
endosemen yang tidak mengikat endosan atas pembayaran surat order.

Absolute Priority Rule (peraturan prioritas mutlak)
peraturan tentang prioritas mutlak, bahwa si pemberi pinjaman harus didahulukan daripada yang lain atas segala tagihan hak milik. Peraturan tersebut memungkinkan perundingan jadwal pembayaran, menyusun kembali utang, dan tetap mengakui pinjaman kepada peminjam.

Acceleration Clause (klausula akselerasi)
Pasal dalam kontrak yang menyatakan bahwa penjual dapat menuntut pembayaran penuh dengan segera dari sisa yang belum dibayar jika pembeli gagal membayar angsuran yang masih terhutang.

Acceptance Register (daftar ekseptasi wesel)
Daftar yang berisi catatan mengenai perincian lengkap semua wesel yang diakseptasi.

Accommodation Endorsement (endorsemen pinjam nama)
Endosemen yang dilakukan endosan dengan sekadar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel, walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, endosan tetap bertanggung jawab menurut hukum.

Accomodation bill, note, paper (surat wesel pinjam nama)
Surat wesel yang ditandatangani oleh penarik, pengakseptasi, atau endosan dengan sekedar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel; walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, yang bersangkutan tetap bertanggung jawab menurut hukum.

Accomodation Party (pemberi kemudahan)
Orang yang menarik wesel, mengakseptasi, atau mengendorsemen untuk beberapa orang tanpa imbalan.

Accord and Satisfaction (persetujuan pembebasan)
Penggantian perjanjian yang lama dengan yang baru untuk meniadakan tuntutan.

Account (rekening)
bentuk simpanan dana kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cheque/giral atau surat perintah bayar lainnya.

Account Day (hari bayar)
hari saat surat berharga harus diserahkan untuk dilakukan pembayaran.

Account Payee (rekening pihak yang dibayar)
kata atau frasa yang lazimnya dicantumkan dalam crossing cheque untuk pengamanan dalam penyelesaian pembayaran, misalnya untuk kreditor.

Account Stated (rekening yang diakui)
jumlah yang diakui oleh suatu pihak sebagai jawaban atas permintaan penegasan pihak lain.

Accountancy (akuntansi)
profesi yang menggunakan teori tertentu, asumsi mengenai cara bertindak, peraturan cara mengukur dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan dan tujuan yang menyangkut keuangan suatu organisasi. Akuntansi dibedakan antara Akuntansi untuk Perusahaan, Akuntansi untuk Pemerintah, Akuntansi untuk Pemerintah dan Akuntansi Makro atau Akuntansi Sosial.

Accountant (akuntan)
seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang akuntansi. Perannya dibedakan antara Akuntans Intern yang bekerja pada suatu perusahaan, Akuntan Pemerintah yang bekerja pada negara dan Akuntan Publik yang memberikan jasa profesinya kepada masyarakat. Akuntan Negara dan Akuntan Publik baru bisa menjalankan profesinya setelah mendapat izin dari Menteri Keuangan.

Accounting
pencatatan mengenai kegiatan keuangan dan pelaporan pencatatan tersebut. Akuntansi dan Akunting sering diartikan sama.

Accrued Interest (bunga yang tumbuh)
bunga yang dihimpun sejak pembayaran yang terakhir sampai penjualan suatu obligasi atau suatu penghasilan tetap suatu surat berharga. Pada saat pembelian, si pembeli membayar si penjual harga obligasi ditambah bunga yang tumbuh, yang dihitung berdasarkan perkalian tarif kupon bunga dikalikan dengan jumlah hari yang telah berlaku sejak pembayaran terakhir. Bunga yang tumbuh juga digunakan didalam kerja sama terbatas usaha pertanahan dan bangunan bila si penjual bangunan mengambil sejumlah uang sekaligus tatkala menjual dan memberikan obligasi hipotik kedua kepada pemegang berikutnya. Jika pendapatan sewa dari bangunan tersebut tidak dapat menutup pembayaran bunga obligasi hipotik, si penjual setuju memberikan bunganya tumbuh sampai bangunan tersebut terjual kepada seseorang. Amerika Serikat membatasi perjanjian bunga yang tumbuh dengan menggunakan Undang-Undang Pajak tahun 1984.

Accumulation (akumulasi penghimpun sejumlah dana)
keuangan perusahaan: laba yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham, juga biasa disebut sebagai laba ditahan. Penanaman Modal: pembelian sejumlah besar saham secara terkendali untuk menghindari penaikan harga. Dana bersama: penanaman modal dalam jumlah yang tetap secara teratur untuk ditanamkan kembali agar memperoleh dividen dan atau keuntungan dari selisih harga jual surat berharga.

Accumulation Units (pos akumulasi)
laba bersih yang tidak dibagikan guna menambah nilai pemilikan.

Acquisition (akuisisi)
istilah turunan dari pengambil-alihan suatu perusahaan oleh perusahaan lainnya.

Active Stock (saham aktif)
saham yang banyak diperdagangkan di bursa.

Actual Total Loss
objek pertanggungan yang benar-benar hilang atau punah, sehingga tidak terlihat lagi

Actuary (aktuari)
ahli statistik yang bertugas menghitung besarnya dana asuransi dan preminya.

Adjusted Networking Capital (modal kerja bersih disesuaikan)
jumlah kas dan bank, aktiva lain-lain yang setara dengan kas, piutang kecuali piutang kepada komisaris, direktur, pegawai atau pihak terafiliasi, dan efek-efek yang dinilai atas dasar nilai pasar yang wajar dikurangi dengan jumlah utang.

Administered Inflation (inflasi terdaftar)
inflasi diukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok barang-barang yang dikendalikan oleh pemerintah (seperti BBM, beras, gula, dan lain-lain).

Affreightment (perjanjian muatan)
perjanjian muatan yang dibuat pemilik kapal untuk membawa barang-barang dan tentang pembayaran biaya angkut.

Afiliasi
(1) hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua baik secara horizontal maupun vertikal, (2) hubungan antara Pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari Pihak tersebut, (3) hubungan antara dua perusahaan dimana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama, (4) hubungan antara perusahaan dan Pihak, baik langsung maupun tidak langsung mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut, (5) hubungan antara dua perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung oleh Pihak, yang sama; atau (6) hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)
termasuk agen Pemegang Lisensi adalah perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk dan nama pabrik pemilik merek barang tertentu untuk melakukan penjualan dalam partai besar barang dari pabrik tersebut.

Agent (agen)
sebutan bagi seseorang atau badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan. Istilah-istilah terkait: agen asuransi (insurance broker); agen pembayaran pembantu, agen pembayaran yang ditunjuk oleh agen utama pembayaran obligasi pokok beserta bunganya; agen pabrik (manufacturers agent), agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihal lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Pembelian (purchasing agent), agen yang melakukan pembelian atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Penjualan (sales agent), agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang; Agen Penjualan Pemegang Merek (APPM), agen yang melakukan penjualan atas nama dan untuk kepentingan agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang menunjukknya; Agen Utama Pembayaran, wali amanat yang karena tugas dan fungsinya dalam mewakili pemegang obligasi bertugas untuk melaksanakan pembayaran obligasi beserta bunganya.

Agio
nilai yang dimasukkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai pari (nominal) suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam mata perkiraan tersendiri yang juga bernama AGIO.

Agio Dividen
(berasal dar bahasa Belanda dividen agio) dividen yang dibayarkan atas beban cadangan agio (premium reserve).

Agio Obligasi
selisih lebih antara harga jual dan nilai nominal obligasi (premium bonds).

Agio Saham
selisih antara harga nominal dengan harga emisi perdana.

Agreement in Principle (persetujuan prinsip)
persetujuan yang diberikan oleh Menteri untuk melakukan persiapan pendirian Bursa Efek, Lembaga Kliring Penyelesaian dan Penyimpanan, atau Reksa Dana.

Air Pocket Stock
saham yang harganya turun secara tajam biasanya disebabkan oleh berita-berita yang negatif mengenai perusahaan tersebut keuntungan yang sangat rendah yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada saat pemegang saham ramai-ramai ingin menjual hanya sedikit pemodal yang ingin membeli. Akibatnya, harga saham semakin merosot.

Aktuaria
prinsip-prinsip penghitungan secara matematis yang lazim digunakan untuk menentukan besarnya kemampuan subjek dan nilai objek diasuransikan.

All or None Order (amanat semua atau sama sekali tidak)
amanat jual atau beli surat berharga yang harus dilakukan oleh pialang sesuai amanat, yakni harus dilaksanakan seluruhnya, jika hanya sebagian yang dapat dipenuhi, maka amanat dibatalkan.

Allotment (penjatahan)
suatu jumlah yang disetujui untuk dipenuhi bagi setiap permohonan pembelian surat berharga yang diajukan para pemodal sebagai akibat tidak terpenuhinya seluruh permohonan melebihi jumlah penawaran pada masa pasar perdana. Penentuan jumlah yang disetujui berdasarkan suatu cara pembagian yang dianggap yang paling mendekati keadilan dan diharapkan dapat memuaskan semua peserta.

Allottee (penerima jatah saham)
orang atau badan yang menerima jatah saham sehubungan dengan pendaftarannya untuk membeli saham.

Amortization (amortisasil pelunasan utang secara berkala)
prosedur akuntansi yang secara berangsur-angsur mengurangi nilai biaya yang usianya terbatas atau harta tak berwujud melalui pembebanan berkala terhadap pendapatan. Bagi harta tetap istilah yang digunakan adalah penyusutan, bagi pertambahan (sumber alam) adalah deflasi. Pada dasarnya, arti kedua istilah tersebut sama dengan amortisasi. Pada umumnya, perusahaan melakukan penghapusan melalui amortisasi untuk harta tak berwujud seperti hak paten, copyright, goodwill yang ditangguhkan. Juga lazim dilakukan amortisasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai dari pembelian saham istimewa (preferen) atau obligasi. Tujuan amortisasi adalah untuk mencerminkan nilai penjualan kembali atau penebusan.

Amortization Fund (dana utang)
pengumpulan uang yang dilakukan secara berkala untuk membayar utang.

Anchor Currency (mata uang acuan)
suatu mata uang yang dipilih karena stabilitasnya yang diharapkan diterima secara internasional. Bagi banyak dewan mata uang, poundsterling Inggris dan dollar Amerika Serikat telah menjadi suatu anchor currency. Meskipun untuk beberapa sistem yang mirip dewan mata uang yang ada sekarang atau sedang diusulkan menganggap mark Jerman sebagai anchor currency. Mata uang acuan ini tidak harus dikeluarkan oleh suatu bank sentral. Sedikit dewan mata uang yang telah menggunakan emas sebagai anchor currency.

Anggota Bursa
perantara perdagangan efek dan pedagang efek yang melakukan transaksi pembelian dan penjualan efek pada bursa.

Anggota Bursa Berjangka
pihak yang mempunyai hak untuk menggunakan sistem dan/atau sarana bursa berjangka; sesuai dengan peraturan dan tata tertib bursa berjangka.

Anggota Bursa Efek
perantara pedagang efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana bursa efek sesuai dengan peraturan bursa efek.

Anggota Kliring
anggota bursa efek yang terdaftar sebagai anggota kliring KPEI.

Anggota Kliring Berjangka
anggota bursa berjangka yang mendapat hak dari lembaga kliring berjangka untuk melakukan kliring dan mendapatkan penjaminan dalam rangka penyelesaian transaksi kontrak berjangka.

Anjak Piutang
badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri.

Annual Meeting (rapat tahunan)
rapat satu-tahunan para manajer perusahaan yang melaporkan kepada pemegang saham tentang hasil kegiatan perseroan selama tahun berjalan, di dalam rapat ini biasanya dibahas juga tentang pemilihan dewan direksi untuk tahun yang akan datang. Pejabat pimpinan pelaksana biasanya memberikan ulasan pandangan untuk tahun yang akan datang bersama pejabat senior menjawab pertanyaan para pemegang saham.

Annual Report (laporan tahunan)
suatu laporan mengenai keadaan perusahaan dalam jangka waktu satu tahun. Termasuk di dalam laporan ini antara lain neraca perusahaan, laporan laba/rugi dan neraca arus kas. Laporan ini harus disampaikan kepada para pemegang saham untuk disetujui di dalam RUPS untuk selanjutnya disahkan sebagai laporan tahunan resmi perusahaan.

Annual Return (hasil tahunan)
pengembalian tahunan dari suatu investasi.

Annuity (anuitas)
serangkaian pembayaran berkala dalam jumlah yang sama. Istilah terkait: annuity bond (obligasi anuiti/abadi), obligasi yang dilunasi dalam jumlah yang sama setiap tahun sampai batas waktu tertentu--pelunasan setiap tahun ini terdiri dari jumlah pokok dan bunga (pokok mengecil tiap tahunan, bunga membesar); deffered annuity (anuitas bertangguh), anuitas dengan pembayaran yang akan dimulai pada waktu tertentu di waktu yang akan datang; perpetuity annuity (anuitas kekal), anuitas dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

Annum (per tahun)
jangka waktu yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan bunga, dividen, dan diskonto.

Anti-Dumping
pengenaan bea masuk terhadap suatu jenis produk impor yang produsennya dituduh melakukan praktik dumping; hal ini berlaku setelah adanya klaim dari produsen produk sejenis di negara pengimpor yang merasa keberatan.

Anticipated Acceptance (wesel antisipasi)
wesel yang dibayarkan sebelum jatuh tempo.

Application Form (formulir permohonan)
formulir permohonan atau surat permintaan pertanggungan yang harus diisi lengkap dan ditandatangani calon pemegang polis.

Appraisal (penaksiran)
penaksiran nilai atau harga atas suatu harta kekayaan yang berbentuk tanah, bangunan, mesin, dan harta kekayaan lain.

Appraisal Company (perusahaan penilai)
suatu badan usaha yang tugasnya adalah menilai atau menaksir aktiva; pada umumnya aktiva tetap seperti tanah; bangunan, peralatan, mesin-mesin atas permintaan perorangan atau perusahaan. Tujuan penilaian antara lain adalah untuk mengetahui nilai dari suatu jaminan dalam rangka pengajuan permohonan kredit, mengetahui nilai aktiva yang akan dibeli oleh pihak lain atau ingin mengetahui nilai aktiva dari suatu perusahaan penilaian dalam rangka go public.

Appraisal Report (laporan penilai)
pendapat atas nilai aktiva, yang disusun berdasarkan pemeriksaan menurut keahlian dari Penilai.

Apreciation (apresiasi)
kenaikan nilai dari suatu aktiva seperti saham, obligasi; komoditi, atau real estate.

Apropriated Reserves (cadangan tujuan)
cadangan yang dibentuk dengan menyisihkan secara berkala sebagian dari pendapatan bersih untuk tujuan tertentu.

Arbitrage (arbitrase)
dalam konteks investasi, arbitrase merupakan transaksi yang mencoba mengambil kesempatan (keuntungan) dari perbedaan harga untuk suatu aset yang diperdagangkan di dua pasar yang berbeda.

Arrange; Arrears (tunggakan)
utang atau kewajiban lain yang telah jatuh waktu menurut perjanjian tetapi tidak atau belum dibayar sepenuhnya.

Article of Association (anggaran dasar)
kesepakatan tertulis yang ditandatangani oleh pendiri perusahaan yang meliputi tujuan, besarnya modal dan pemilikan saham, wewenang dan tanggung jawab pengurus, susunan komisaris, pembagian laba, dan lain-lain.

Article of Incorporation (akte pendirian perusahaan)
keterangan tertulis mengenai pendirian perseroaan yang dibuat di hadapan notaris dan disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia serta dimuat dalam (lembaran) berita negara. Keterangan tersebut antara lain mencantumkan nama perseroan, tujuan pendirian perseroan, jangka usia perusahaan, nama para pendiri, modal dasar, modal ditempatkan dan disetor, nama para pengurus dan pengawas perseroaan.

Asset (aktiva/harta)
segala sesuatu yang dimiliki dan menjadi hak seorang atau perusahaan; kas, investasi, piutang, persedian serta bahan baku merupakan harta lancar: Gedung serta mesin-mesin merupakan harta tetap, paten-paten dan goodwill merupakan harta immaterial. Sisa kelebihan antara harta dan utang merupakan harta bersih.

Asset Stripping (penyitaan aktiva)
pengambilan harta perusahaan untuk dijual dan untuk memperoleh keuntungan.

Assignment (pengalihan)
pengalihan kontrak oleh salah satu pihak pembuat kontrak, termasuk pengalihan pengendalian atau pihak tersebut.

Associated Person (pihak terasosiasi)
pihak-pihak yang mempunyai hubungan afiliasi satu sama lain, atau dua pihak atau lebih yang salah satu darinya memiliki atau merencakan untuk secara formal maupun informal membuat suatu perjanjian baik secara tertulis maupun tidak tertulis, untuk bertindak dengan cara-cara tertentu, berdasarkan ketentuan dalam keputusan ini, kecuali berkaitan tersebut terbatas pada pemberian jasa konsultasi, hubungan dagang yang wajar atau hubungan profesi.

Asuransi (Insurance)
Suatu sistem antara individu dan perusahaan yang berkaitan dengan potensi risiko yang timbul dengan membayar premi kepada perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi tersebut akan membayarnya kembali dalam bentuk klaim apabila terjadi kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang kemungkinan akan dideritanya apabila terjadi suatu peristiwa yang menimpanya. Keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi adalah dengan menanamkan dana-dana premi yang diterima. Jaminan yang diberikan perusahaan asuransi antara lain asuransi kebakaran, kendaraan, dan jiwa.

Asuransi Jiwa (Life Insurance)
mencakup usaha perasuransian yang bergerak di bidang pertanggungan jiwa atas pemberian jaminan kepada seseorang atau keluarga yang disebabkan oleh kematian, kecelakaan atau sakit, termasuk juga jaminan hari tua / masa depan. Kegiatan utamanya mengumpulkan dana baik yang berasal dari masyarakat umum maupun perusahaan-perusahaan melalui penjualan polis asuransi dan menanamkan kembali dana tersebut dalam bentuk deposito wajib, surat-surat berharga jangka pendek, penyertaan saham pada perusahaan yang "go-public" melalui pasar modal, serta pembelian surat-surat berharga lainnya, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Asuransi kapal laut (hull insurance)
asuransi yang memberi jaminan kerugian kepada pemilik kapal laut, baik perorangan maupun perusahaan terhadap kerugian / kerusakan yang diderita akibat kapal laut tersebut hilang atau mengalami kecelakaan, baik yang bersipat kerusakan keseluruhan (total loss) ataupun kerusakan sebagian. Dalam kelompok ini timbul risiko-risiko pembuatan kapal laut (buiders risk).

Asuransi kebakaran
asuransi yang menjamin kerugian dan kerusakan atas bangunan/ harta benda, barang-barang lainnya akibat kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, kerusuhan, gempa bumi, kerusakan, pemogokan dan sebagainya.

Asuransi kecelakaan (accident insurance)
asuransi pertanggungan risiko karena kecelakaan yang mengakibatkan luka, cacat badan, dan/atau kematian.

Asuransi Kecelakaan Diri
asuransi yang menjamin kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan yang diderita oleh tertanggung, karena meninggal, cacat tetap, termasuk jaminan biaya pengobatan karena kecelakaan.

Asuransi Kendaraan Bermotor
asuransi yang menjamin kerugian/ kerusakan atas kendaraan bermotor akibat kendaraan bermotor tersebut hilang atau mengalami kecelakaan, baik yang bersifat kerusakan keseluruhan (total loss), atau kerusakan sebagian (partial loss), hilang ataupun tanggung jawab hukum pihak ketiga. Asuransi yang menjamin kerugian akibat kerusakan fisik selama selama pelaksanaan dan pemeliharaan suatu proyek pekerjaan konstruksi termasuk di dalamnya pertanggungan atas tanggung jawab hukum pada pihak tiga.

Asuransi kerugian (Indemnity Insurance)
mencakup usaha perasuransian yang bergerak di bidang pertanggungan atas kerugian, kehilangan atau kerusakan harta milik/benda termasuk juga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Asuransi kerugian meliputi asuransi kebakaran, pencurian, kerusakan kendaraan, perlindungan pada muatan barang, rangka kapal-kapal, perekayasaan dan sebagainya baik yang diselenggarakan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Asuransi kesehatan (health insurance)
asuransi pertanggungan risiko karena sakit yang mengakibatkan seseorang harus dirawat inap, dirawat jalan, dioperasi atau membeli obat.

Asuransi Pengangkutan
asuransi yang menjamin kerugian atas pengangkutan barang-barang terutama yang menggunakan kapal laut yang dapat diperluas dengan alat pengangkut lain seperti truk pesawat terbang, kereta api sesuai dengan kelaziman perdagangan.

Asuransi Segala Risiko (All risk insurance)
asuransi pertanggungan risiko karena bahaya apapun, kecuali, bahaya yang akan secara tegas dinyatakan tidak ditanggung.

Asuransi sosial (social insurance)
mencakup usaha asuransi jiwa dan non jiwa (kerugian) yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara pihak asuransi dengan seluruh/ segolongan masyarakat untuk tujuan sosial. Berdasarkan peraturan-peraturan tersebut perusahaan menghimpun dana melalui pungutan iuran/ sumbangan wajib dari masyarakat dari dana yang terkumpul tersebut, pihak asuransi akan memberikan santunan kepada anggota masyarakat yang berhak menerimanya (pihak tertanggung).

Asuransi tanggung gugat (liability insurance)
asuransi pertanggungan risiko karena bahaya tuntutan ganti rugi pihak ketiga.

Asuransi Uang
asuransi yang menjamin kerugian atas hilang atau rusaknya uang tunai / yang dapat disamakan dengan uang selama dalam perjalanan selama dalam perjalanan pengangkutan.

At The Close Order (amanat tutup bursa)
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan sesaat menjelang penutupan bursa berbunyi.

At The Opening Order (amanat buka bursa)
amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan pada saat pembukaan penawaran.

Auction (lelang)
tata cara perdagangan efek dengan penempatan atas dasar diskonto untuk menentukan harga jadinya dari tawaran tertinggi sampai dengan terendah, sehingga jumlah penjualan yang dilayani oleh penjual tercapai. Contoh: Penjual ingin mencapai 500 juta, tawaran tertinggi 96.68-100 juta, tawaran kedua 96.50-50 juta, tawaran ketiga 96.48-100 juta, tawaran keempat 96.25-250 juta.

Audit
(1) Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik untuk menyatakan apakah posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan/badan telah disajikan dengan wajar. (2) Pemeriksaan akuntan publik atas laporan keuangan sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan dengan tujuan untuk memberikan pendapat akuntan mengenai laporan keuangan tersebut.

Auditor
orang yang pekerjaannya memeriksa pembukuan perusahaan. Termasuk di dalamnya penelitian dokumen transaksi, utang piutang, nilai aktiva dan penelitian lain untuk mencocokkan benar tidaknya pencatatan.

Authorized Capital (modal dasar)
jumlah dan nilai nominal saham maksimal yang boleh diterbitkan perusahaan; sesuai dengan anggaran dasarnya.

Average Adjuster (penyelesaian awal)
seseorang atau beberapa orang ahli yang ditunjuk menyelesaikan dan menentukan beban masing-masing penanggung awar, biasanya penunjukan ahli diatur dalam kontrak pengangkutan dan jika tidak, disesuaikan dengan hukum yang berlaku ditempat berakhirnya pelayanan yang bersangkutan.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
mencakup semua badan usaha milik pemerintah daerah, yang pengelolaan dan pembinaannya berada di bawah pemerintah daerah, jenis kegiatannya antara lain meliputi penyediaan air minum, pengelolaan pasar, penyediaan objek wisata/taman hiburan, dan sebagainya. Pada umumnya perusahaan ini berbentuk perusahaan daerah (PD) yang diatur berdasarkan peraturan daerah.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
perusahaan atau unit usaha yang erat kaitannya dengan pemerintah dan mempunyai fungsi utama sebagai pemasok barang dan jasa bagi pemerintah dan masyarakat. Operasional, transaksi modal, dan pembiayaannya merupakan bagian integral dari pemerintah. Setiap penjualan kepada masyarakat ditunjukkan sebagai biaya bersih.

Balance
selisih jumlah debet dan kredit pada neraca atau salah satu jumlah kredit atau debit pada tanggal tertentu dengan jumlah imbang.

Balance Certificate (sertifikat baki)
sertifikat yang diterima pemegang saham jika ia menjual bagian sahamnya.

Balance of Payments (neraca pembayaran)
suatu daftar transaksi-transaksi internasional, yang menimbulkan pembayaran berupa uang, antara negara-negara yang meliputi perkiraan transaksi berjalan, termasuk di dalamnya perdagangan barang serta jasa-jasa, perkiraan modal yang memuat pos-pos jangka panjang, lalu lintas emas dan perak, transfer unilateral, berupa hadiah-hadiah pemerintah beberapa negara dan individu-individu.

Balance of Payments Accounts (perkiraan neraca pembayaran)
merupakan suatu daftar ringkasan tentang transaksi-transaksi suatu negara yang meliputi pembayaran atau penerimaan dalam bentuk valuta asing.

Balance Sheet (neraca)
laporan keuangan perusahaan yang menunjukkan keadaan kekayaan, utang dan modal sendiri pada suatu tanggal tertentu. Kekayaan (aset) sama dengan kewajiban dan modal sendiri. Neraca merupakan daftar dari item yang terdapat pada dua sisi yang membuatnya menjadi seimbang.

Balanced Mutual Fund (reksa dana campuran)
wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan manajemen investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham dan obligasi.

Balancing Charge (beban pengimbang)
ikhtisar yang dipergunakan dalam menghitung pajak penghasilan.

Balloon Payment, Balloon Installment (angsuran kembung)
angsuran terakhir yang lebih dibandingkan dengan angsuran berkala sebelumnya, biasanya diterapkan pada pinjaman berkala.

Bank (bank)
badan usaha di bidang keuangan yang menghimpun dan menyalurkan dana dalam masyarakat, terutama dengan memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Bank Accomodation (surat utang)
surat pernyataan utang yang dikeluarkan oleh bank.

Bank Devisa
Bank umum yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan RI sebagai bank yang dapat memberikan jasa lalu lintas pembayaran dalam perdagangan internasional (transaksi internasional) atau transaksi valuta asing.

Bank Indonesia
Bank sentral Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta. Tugas pokoknya ialah membantu pemerintah: 1. Mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah. 2. Mengawasi dan membina perbankan lokal, baik swasta maupun bank pemerintah. 3. Mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja.

Bank Kliring (clearing bank)
bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan.

Bank Koperasi (cooperative bank)
bank yang berbentuk badan hukum koperasi.

Bank Koresponden (correspondence bank)
bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain untuk saling memberikan jasa dan/atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan.

Bank Mobil (drive-in bank)
pelayanan bank melalui loket kepada nasabah yang tetap berada dalam kendaraannya.

Bank Note (uang kertas)
uang kertas yang dikeluarkan oleh bank dan merupakan alat pembayaran sah di suatu negara, di Indonesia dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Bank Pelaksana (handling bank)
bank yang ditunjuk untuk melaksanakan transaksi tertentu.

Bank Pembuka (opening bank, issuing bank)
bank yang membuka surat kredit atas permohonan nasabahnya.

Bank Penerbit (bank of issue)
(1) bank yang mengeluarkan uang kertas (2) bank yang mengeluarkan warkat niaga yang diberikan kepada yang berhak dan yang setiap saat dapat diuangkan atau diperdagangkan.

Bank Penerus (advicing bank)
bank yang meneruskan surat kredit kepada penikmat, tanpa terikat pada ketentuan-ketentuan dalam surat kredit yang bersangkutan, dan penerusan dilakukan setelah diperoleh keyakinan akan kebenaran sandi atau tanda tangan pembuka.

Bank Penitipan Sentra Dana Berjangka
bank yang disetujui Bappebti untuk menyimpan dana yang dihimpun oleh pengelola sentra dana berjangka.

Bank Perkreditan Rakyat (rural banks)
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terdiri dari bank pasar, bank desa, dan lumbung desa. Kegiatan utama BPR adalah menerima simpanan dan memberikan kredit skala kecil dalam jangka pendek kepada pedagang-pedagang di pasar dan penduduk desa. Wilayah kerjanya umumnya bersifat lokal tingkat kotapraja/desa.

Bank Rate (tingkat bunga bank)
suku bunga atau diskonto yang ditetapkan bank.

Bank Server (cadangan bank)
sebagian dari aktiva bank berupa alat-alat likuid dan yang dapat segera dicairkan untuk menghadapi kemungkinan penarikan rekening nasabah seperti giro, deposito, dan simpanan lainnya.

Bank Statement (pernyataan bank)
(1) neraca atau laporan keuangan yang mencerminkan keadaan suatu bank, yang pembuatnya ditetapkan dengan undang-undang, (2) pernyataan bank tentang jumlah saldo rekening giro nasabahnya.

Bank Syariah
suatu bank yang dalam operasi berdasarkan prinsip-prinsip hukum Islam. Tiap bank yang menawarkan keuangan secara Islam mempunyai suatu dewan, yang disebut dewan syariah, yang pendapatnya dibutuhkan mengenai perjanjian keuangan dan instrumen moneter yang rumit. Peran dewan ini adalah kalau suatu masalah yang secara khusus tidak disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an atau dalam ajaran Nabi Muhammad saw, maka penafsiran-penafsirannya dibuat oleh dewan tersebut.

Bank Tabungan (saving bank)
bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dengan bentuk tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam sekuritas.

Bank Umum (commercial bank)
bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek (lihat UU No. 14 th. 1976 ps.3).

Bapepam
Badan Pengawas Pasar Modal (Capital Market Supervisory Agency), sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1990.

Bappebti
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, lembaga pemerintah di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang melakukan pembinaan, pengaturan; dan pengawasan dibidang perdagangan berjangka komoditi.

Bare Trustee (wali amanat)
orang yang mengusai harta atas nama orang lain dan orang tersebut diberi hak penuh sebagai pemilik harta tersebut.

Base Coins (uang lusuh)
uang yang tidak layak beredar lagi karena rusak.

Batas Maksimum
batas maksimum posisi terbuka Kontrak Berjangka yang dimiliki secara langsung atau tidak langsung oleh Pihak yang melakukan lindung nilai.

Batasan pada Jaminan Nasabah
nilai maksimum dari efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

Bea (duty)
pajak tidak langsung atas barang impor dan ekspor dengan surat-surat sebagai bukti; dan lain-lain menurut peraturannya masing-masing.

Bea Cukai/Pabean
instansi resmi dari suatu negara yang mengawasi barang-barang keluar-masuk daerah pabean masing-masing dengan memberikan izin untuk pemuatan barang ke kapal bagi eksportir dan izin untuk pelepasan barang dari pelabuhan untuk dimaksudkan ke daerah pabean bagi importir sesuai dengan ketetuan.

Bear Market (pasar lesu)
harga saham, obligasi, dan komoditi yang jatuh dalam masa yang cukup lama. Di pasar modal harga saham; obligasi yang jatuh biasanya berkaitan dengan kelesuan kegiatan ekonomi pada umumnya.

Bearer (pengunjuk)
pihak yang diakui sebagai pemilik sekuritas atas unjuk.

Bearer Bond (obligasi atas unjuk)
obligasi yang pelunasannya dan bunganya dibayarkan kepada pembawa obligasi tersebut.

Bearer Cheque (cek atas unjuk)
cek yang mencantumkan atau tidak mencantumkan nama penerima pembayaran disertai klausula "atau kepada pembawa"; cek ini dipindahtangankan dengan menyerahkan kepada orang lain begitu saha.

Bears (spekulan jual)
orang/badan usaha yang menarik keuntungan dari keadaan pasar yang sedang menurun dengan menjual efek untuk kemudian membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah.

Beban (chargers)
bagian dari biaya dalam satu periode tertentu yang diperhitungkan untuk mengurangi pendapatan, misalnya penyusutan.

Belening (berasal dari bahasa Belanda yang artinya gadai)
kredit jangka pendek dengan jaminan sekuritas yang lazimnya berlaku untuk 3 bulan dan setiap kali dapat diperpanjang bila tidak dihentikan oleh salah satu pihak yang bersangkutan.

Beli Sendiri (buying in)
membeli harta milik dalam lelang umum atau eksekusi hipotek oleh pemilik semula.

Beneficial Owner (waris)
orang yang diberi hak untuk menguasai harta orang lain.

Beneficial Ownership (kepemilikan manfaat atas efek)
hak pemegang rekening efek atas manfaat tertentu berkaitan dengan efek yang dicatat dalam penitipan kolektif dalam rekening efek pada perusahaan efek, Bank Kustodian atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, yang timbul dari kontrak rekening efek antara pemegang rekening dan kustodian tersebut, Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal dan Peraturan pelaksanaannya termasuk peraturan ini.

Beneficiary (penikmat)
orang atau badan yang disebut dalam surat wesel; surat kredit; atau surat perjanjian lainnya sebagai pihak yang berhak menerima pembayaran atau sesuatu yang bernilai.

Benefit (pertanggungan)
nilai pertanggungan secara maksimal yang harus dibayar perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak perjanjian.

Benturan Kepentingan
berbedaan antara kepentingan ekonomis perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

Best Effort Commitment (penjamin emisi dengan kesanggupan terbaik)
perjanjian antara emiten dan penjamin emisi dalam rangka penjualan efek dan pengembalian sisa efek, yang tidak terjual habis, yang akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh penjamin emisi.

Bid (penawaran)
harga penawaran yang diajukan oleh pembeli.

Bid and Asked (penawaran dan permintaan)
"Bid" adalah harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh pembeli pada waktu tertentu dari efek tertentu. "Asked" adalah harga terendah yang diterima oleh penjual untuk efek yang sama. Secara bersama kedua harga tersebut membentuk suatu quotation (catatan harga). Perbedaan antara kedua harga tersebut disebut spread. Bid and asked biasanya berkaitan dengan efek-efek tidak terdaftar yang diperdagangkan di pasar luar bursa.

Bid Price (harga tawaran)
harga efek yang diajukan oleh calon pembeli/harga tertinggi uang diminta untuk membeli.

Big Board (papan utama)
istilah populer untuk New York Stock Exchange. Berupa papan pencatatan Kurs Sekuritas.

Bill of Exchange (surat wesel)
surat perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada seseorang yang disebut namanya atau kepada orang yang ditunjuknya pada tanggal pembayaran; agar supaya surat perintah itu berlaku sebagai surat wesel, maka isinya harus memuat syarat-syarat yang ditetapkan dalam undang-undang antara lain memuat perkataan "surat wesel".

Bill of Lading (surat muatan [B/L])
tanda terima dokumen pengangkutan atas barang-barang uang diangkut dengan kapal laut yang diterbitkan oleh perusahaan/maskapai pelayaran dan juga berfungsi sebagai dokumen kepemilikan atas barang (document of title).

Biro Administrasi Efek
pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten melaksanakan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek.

Black Market (pasar gelap)
pasar yang transaksi-transaksinya bertentangan dengan peraturan-peraturan pemerintah.

Blank Stock (blanko saham)
saham yang syaratnya tidak dicantumkan dalam anggaran dasar emiten, tetapi ditetapkan oleh Dewan Direksi pada saat dikeluarkan.

Blank Transfer (transfer kosong)
penyerahan secara formal surat-surat berharga yang dipindahtangankan, yang penyelesaiannya diserahkan kepada seorang untuk dipindahtangankan.

Block (blok)
efek yang diperdagangkan dalam jumlah besar di Indonesia berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku dalam transaksi di Bursa.

Block Sale
jumlah besar saham, atau nilai besar obligasi, yang dikuasai atau diperdagangkan di Bursa Efek atau pasar modal. Di Amerika Serikat, ada pedoman umum, yaitu 10.000 saham atau lebih dan nilai U$$ 200.000 atau lebih dari suatu obligasi biasanya disebut sebagai block sale. Di Indonesia, perdagangan saham yang besar ini juga ada dan dimasukkan ke dalam perdagangan yang tidak reguler.

Blocked Currency (mata uang tersekat)
alat pembayaran yang perpindahannya antarnegara dikenakan pembatasan-pembatasan oleh pemerintah.

Blow Out (jual cepat)
penjualan secara cepat dari semua saham-saham yang baru ditawarkan kepada masyarakat. Perusahaan-perusahaan sengaja menjual saham-sahamnya di dalam situasi yang demikian karena mereka ingin mendapatkan harga yang tinggi. Para Pemodal mungkin agak sulit untuk memperoleh sejumlah saham dalam situasi yang demikian.

Blue Chip Stock (saham-saham unggulan)
saham biasa dari perusahaan yang cukup dikenal dan punya kemampuan untuk mendapat keuntungan dalam jangka panjang. Di samping itu reputasi manajemennya cukup baik.

Blue Sky Laws (Undang-Undang Pengamanan Efek)
undang-undang yang mengatur jual beli efek untuk melindungi masyarakat terhadap penipuan (di Amerika Serikat).

Board of Directors (dewan direksi)
orang-orang yang dipilih oleh pemegang saham perusahaan di dalam RUPS untuk mengendalikan suatu perusahaan sebagaimana disebutkan di dalam anggaran dasar perseroan.

Board Room (ruang nasabah)
ruang di kantor broker untuk kepentingan nasabah yang dilengkapi papan pengumuman harga pada efek.

Bond (obligasi)
bukti utang dari emiten yang dijamin oleh penanggung janji pembayaran bunga atau janji lainnya serta pelunasan pokok pinjaman yang dilakukan pada tanggal jatuh tempo, sekurang-kurangnya 3 tahun sejak tanggal emisi pemilik dari obligasi atas unjuk biasanya menyertakan kupon pada obligasi yang diterbitkannya sebagai bukti untuk menerima pembayaran bunga. Sedangkan pada obligasi atas nama biasanya nama si pemilik sudah tercatat pada perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut.

Bond Anticipation Note (obligasi antisipasi)
instrumen utang berjangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan akan dibayar lunas bersamaan dengan penerbitan obligasi yang akan datang. Jenis Obligasi semacam ini sangat aman dan bebas pajak di luar negeri.

Bond Coupon (obligasi kupon)
kupon bunga yang biasanya menyertai lembaran obligasi atas unjuk. Bunga obligasi dapat diambil dengan menunjukkan kupon bunga.

Bond House (kantor obligasi)
badan usaha yang usaha pokoknya memperdagangkan obligasi menjamin agar emisi obligasi dapat terjual laris.

Bond Quotations (pencatatan harga obligasi)
ini ditetapkan dalam % (persen) dari jumlah atau 1.000 dollar yang menggunakan fraksi-fraksi 1/8, 1/4, 3/8, 1/2, 5/8, 3/4 dan 7/8. Kadang-kadang sebagai pengganti jumlah, istilah pari, nilai digunakan, karena jumlah yang ditetapkan pada face dari bond. Karena face bond hampir selalu 1.000 dollar berikut ini akan mengilustrasikan hubungan antara quotation dan harga dollar Quotation Dollar 103 1/4 $ 1032.50 102 1/5 $ 1021.25 105 1/2 $ 1055.00 97 1/2 $975.00 Suatu cara yang mudah untuk menghitung harga dollar adalah memberikan nomor-nomor kemudian meletakkan fraksi dari $10. Contoh sebuah tawaran dari 103 1/4 untuk seribu dollar bond akan digambarkan $ 1030 + 1/4 x $10 atau $2.50; menjadi $1032.50 Dalam masalah baru (kasus baru) harga dollar sering ditetapkan dalam desimal-desimal pada fraksi-fraksi. Contoh akhir tahun 1959 The Florida Power and Light Company menawarkan kepada umum 4 1/4 iuran bond 1989 pada 101.519 atau $1.015.017 per bond.

Bond Swap (pertukaran obligasi)
menjual obligasi dan membeli obligasi yang lain pada saat bersamaan. Tujuan Pertukaran obligasi bermacam-macam; seperti: (1) maturity swap, yaitu pertukaran jatuh tempo antara satu obligasi dengan obligasi lain yang dapat menciptakan keuntungan karena harga yang menurun dari obligasi yang jatuh temponya lebih lama. (2) yield swaps, yaitu pertukaran obligasi yang tingkat bunganya lebih baik. (3) quality swaps, yaitu pertukaran obligasi yang tingkat keamanannya lebih tinggi.

Bond Washing (pembersihan saham)
pembelian saham yang dividennya belum dibagikan, kemudian menjualnya kembali setelah menerima dividen.

Bond Yield (hasil bunga obligasi)
ada tiga macam: hasil nominal obligasi, hasil dibanding dengan harga obligasi yang berlaku, dan hasil sampai pokok obligasi dilunasi (hari jatuh tempo).

Bonds Dividend
dividen yang dibayarkan dalam bentuk obligasi.

Bonus Stock (saham bonus)
(1) Saham yang dikeluarkan sebagai bonus dalam rangka mengkapitalisasi laba yang ditahan. Dalam hal ini terjadi peningkatan modal saham, yang penyetorannya berasal dari laba yang ditahan. (2) Saham yang dikeluarkan untuk membantu penempatan jenis saham baru, lazimnya merupakan saham preferen.

Book (buku amanat)
catatan amanat jual beli efek yang dimiliki spesialis dan semua amanat dibukukannya secara kronologis dalam buku tersebut.

Book Closing Date (tanggal tutup buku)
tanggal sebuah perusahaan menutup buku-bukunya untuk menentukan para pemegang saham yang terdaftar untuk menerima dividen, pengeluaran dan lain-lain.

Book Debt (buku utang)
catatan yang memuat kewajiban (utang) masing-masing debitur.

Book Value (nilai buku)
nilai buku perusahaan dihitung dari total aset dikurangi harta tidak terwujud, dikurangi utang dan nilai nominal dari saham preferen. Contoh, Total aset Rp5.000 juta Dikurangi: Harta tak berwujud (Rp1.000 juta) Dikurangi: Utang (Rp1.000 juta) Dikurangi: Saham Preferen (Rp1.000 juta) Nilai Buku Rp2.000 juta. Nilai buku perusahaan adalah jumlah nilai buku dibanding dengan saham yang beredar.

Boom Market (pasar menguntungkan)
suatu keadaan pasar ketika permintaan jauh melampaui penawaran. Dalam keadaan-keadaan yang demikian harga-harga meningkat.

Boot Money (tambahan ganti rugi)
uang yang diberikan oleh salah satu pihak dalam suatu tawar-menawar tambahan ganti rugi.

Borrowing Fee (biaya pinjaman)
biaya atas pinjaman yang diperlukan untuk membeli efek.

Bottom Fisher
perusahaan yang mencari saham yang harganya jatuh pada titik yang paling rendah sebelum harganya naik kembali. Dalam kasus yang ekstrem pemodal semacam ini mencari efek dari perusahaan-perusahaan yang bangkrut atau hampir bangkrut.

Bottom up Approach to Investing
meneliti prestasi dari saham perusahaan tertentu sebelum mempertimbangkan kecenderungan ekonomi yang berlaku pada saat itu. Prestasi perusahaan tersebut dapat dilihat dari laporan perusahaan, fluktuasi harga saham, perkembangan produk yang dihasilkan. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik sekalipun dalam situasi industri kurang menguntungkan.

Bounded Warehouse (kawasan berikat)
daerah atau wilayah pengawasan pemerintah tempat menyimpan sementara barang-barang dari luar negeri tanpa pembayaran bea atau pajak sampai barang tersebut dikeluarkan pemiliknya; setelah bea atau pajak dibayar.

Box (kotak efek)
tempat penyimpanan efek; lazimnya disediakan Lembaga Keuangan Bank atau Kustodian dengan menyewakan kepada pemilik efek untuk menyimpannya.

Breadth of Market (indikator pasar)
prosentase dari saham yang berpartisipasi di pasar. Para analis mengatakan bahwa suatu bursa efek disebut baik bila dua pertiga dari saham tercatat aktif dalam transaksi. Pasar dengan situasi semacam ini akan membuat lebih banyak pemodal yang ikut berpartisipasi. Breadth of market merupakan salah satu indikator naik-turunnya suatu bursa efek.

Bridging Loan (kredit talangan)
pinjaman jangka pendek untuk mengatasi kekurangan dana yang bersifat sementara sambil menunggu dana lain yang akan diperoleh.

Broker (pialang)
(1) individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa, (2) pihak yang melaksankan/eksekusi baik pembelian maupun penjualan saham. Pialang bekerja berdasarkan amanat investor baik untuk kegiatan beli maupun jual. Pialang mendapat komisi dari aktivitasnya berdasarkan negosiasi dengan investor.

Broker Dealer (perantara pedagang efek)
individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa dan pihak yang melakukan kegiatan atas efek hanya untuk kepentingan pihak lain.

Brokerage (provisi pialang)
imbalan yang diterima pialang atas transaksi jual beli sekuritas.

Bucketing (simpan tunda)
menangani jual beli surat berharga.

Budget (anggaran keuangan)
rencana keuangan terperinci mengenai taksiran penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu sebagai sarana; untuk mencapai sasaran suatu rencana kerja.

Buku Pembantu Efek
catatan mengenai Efek yang disimpan pada Perusahaan Efek atau dimiliki oleh Perusahaan Efek yang dibuat dalam bentuk pembukuan ganda yang menunjukkan Posisi Long, Posisi Short dan lokasi Efek tersebut.

Bull Market (pasar naik)
pasar dengan kecenderungan harga meningkat karena dikuasai spekulan beli.

Bunga (interest)
pembayaran yang diberikan kepada kreditur sebagai imbalan atas uang yang telah dipinjam. Pembayaran bunga dibedakan dari pembayaran kembali pokok pinjaman uang. Bunga di dalam Islam termasuk dalam kategori riba dan dilarang karena bertentangan dengan prinsip keadilan.

Bunga Akrual
bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar.

Bursa Berjangka
badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka dan opsi atas kontrak berjangka.

Bursa Efek
pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. Bursa efek adalah tempat perdagangan dana, baik utang (debt) maupun modal sendiri (equity). Di Indonesia, saat ini, ada dua bursa, yakni Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).

Business Risk (risiko bisnis)
risiko kredit karena kemampuan pimpinan perusahaan debitur dalam menjalankan bisnis.

Busted Bonds (obligasi pecahan)
obligasi yang dikeluarkan oleh negara asing atau perusahaan yang hampir dilikuidasi.

Buy on Weakness
harga diharapkan terkoreksi dalam jangka pendek, tetapi masih positif untuk jangka panjang. Untuk itu pertimbangkan beli saat harga mendekati level support.

Buyer's market (pasar pembeli)
pasar yang ditandai oleh penawaran yang secara nisbi melebihi permintaan sehingga harga cenderung menurun dan menguntungkan pembeli.

Call
(1) hak untuk melunasi obligasi yang sedang bereda sebelum jatuh tempo. Kapan pelunasan tersebut dapat dilakukan biasanya dijelaskan pada prospektus yang dikeluarkan bersamaan dengan penerbitan obligasi tersebut kepada masyarakat; (2) hak untuk membeli sejumlah saham pada harga tertentu dan pada tanggal yang sudah ditentukan; (3) [somasi] teguran tertulis melalui pengadilan dari kreditur kepada debitur yang cidera janji untuk memenuhi kewajibannya dalam batas waktu tertentu.

Call Loan
pinjaman yang harus dibayar kembali setelah diminta dilunasi oleh si peminjam dengan memperlihatkan jangka waktu yang telah disepakati.

Call Money
pinjaman uang untuk jangka waktu sangat pendek (maksimal 8 hari) untuk mengatasi kesulitan likuiditas sementara suatu persuhaan.

Call Money (uang kol)
pinjaman atau tagihan antarbank dengan jangka sangat pendek (harian) yang setiap waktu dapat dibayar kembali, di Indonesia berdasarkan S.E.B.I. No. 6/22/UPUM tanggal 28 Februari 1974 bahwa Uang Kol Antar Bank (Interbank Call Money) ditentukan paling lama tujuh hari.

Call of Bond
pemberitahuan bahwa obligasi oleh emiten akan dilunasi baik sebelum atau pada hari tunai.

Call Option
hak untuk membeli sejumlah tertentu saham dari pemegang saham pada harga atau indeks yang ditentukan. Bagi si pembeli yang berpikir harga akan naik, call option akan memberikan keuntungan dengan investasi yang lebih sedikit daripada harus membeli langsung saham tersebut. Pemegang (pembeli) option akan membayar fee kepada penjual option.

Call Premium
(1) premi yang diberikan oleh emiten apabila dilakukan penebusan sebelum hari tunai; (2) premi yang dibayar pada open call.

Callable
obligasi yang dapat dilunasi oleh penerbitnya sebelum jatuh tempo. Perusahaan harus membayar kepada pemegang harga premi bila suatu efek dilunasi sebelum waktunya. Obligasi disebut call bila suku bunganya turun cukup tajam, sehingga penerbit akan lebih untung bila ia menerbitkan obligasi baru dengan bunga yang lebih rendah.

Called Away
suatu istilah yang digunakan untuk obligasi yang dilunasi sebelum jatuh tempo.

Cancel Order
amanat harus segera dilakukan pada harga yang ditentukan atau jika tidak, langsung dibatalkan (fill or kill/immediate)

Cancelled Cheque, paid (cek lunas)
cek yang telah dibayar oleh bank tertarik dan ditandai dengan cap atau perforasi "lunas" atau tanda lain semacam itu.

Capital (modal)
uang atau benda yang ditanamkan dalam suatu usaha untuk dikelola lebih lanjut secara produktif

Capital Adequacy Ratio (CAR)
Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) atau Rasio Kecukupan Modal. Yaitu, kewajiban bank umum untuk menyediakan modal minimum sebesar persentase tertentu dari aktiva tertimbang menurut risiko sebagaimana ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Capital Asset (modal aktiva)
aktiva jangka panjang yang tidak akan dijual/dibeli di dalam situasi bisnis yang normal. Di dalam pengertian umum istilah ini termasuk aktiva tetap seperti tanah, bangunan, mesin.

Capital Budget (anggaran modal)
anggaran penerimaan dan pengeluaran untuk barang modal.

Capital Expenditure (biaya aktiva tetap)
Pengeluaran uang yang digunakan untuk penambahan atau perbaikan aktiva tetap perusahaan seperti mesin dan bangunan.

Capital Fligt (pelarian modal)
pergerakan sejumlah besar modal investasi atau uang, dari suatu negara ke negara lain untuk menyelamatkan dan atau melarikan diri dari kekacauan politik atau ekonomi, atau juga untuk mendapatkan tingkat hasil yang lebih tinggi.

Capital Gain (keuntungan modal)
keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual suatu efek. Apabila perbedaan tersebut bersifat negatif (rugi) hal ini disebut capital loss.

Capital Market
pasar modal atau bursa efek merupakan pasar di mana dana-dana, baik utang (debt) maupun modal sendiri (equity), diperdagangkan. Di Indonesia, saat ini, ada dua bursa, yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).

Capital Market Supporting Institution (lembaga penunjang pasar modal)
tempat penitipan harta, biro administrasi efek, wali amanat, atau penanggung yang menyediakan jasanya sesuai dengan ketentuan dalam keputusan ini.

Capital Market Supporting Professionals (profesi penunjang pasar modal)
Akuntan, Notaris, Penilai, dan Konsultan Hukum yang menyediakan jasanya sesuai dengan ketentuan dalam keputusan ini.

Capital Reserves (cadangan modal)
bagian kekayaan bersih berupa tambahan modal yang tidak berasal dari rekening laba-rugi.

Capital Structure (struktur modal)
komposisi permodalan perusahaan yang pada umumnya terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman.

Capitalization (kapitalisasi)
di dalam peristilahan bursa saham, kapitalisasi merupakan nilai dari pada suatu perusahaan, yaitu harga saham dikalikan dengan jumlah saham yang diedarkan.

Capsule Information (keterangan lengkap)
keterangan singkat mengenai kegiatan terakhir perusahaan yang belum diperiksa akuntan publik dan biasanya dilampirkan pada perhitungan rugi laba.

Captive Insurance Company (perusahaan asuransi terikat)
anak grup perusahaan besar yang didirikan untuk mengawasi risiko-risiko asuransi anggota grup.

Carrier
pihak pengangkut barang atau maskapai pengangkutan yang menerbitkan bill of landing.

Cash Account (rekening tunai)
transaksi yang dilakukan antara broker/dealer secara tunai.

Cash Book (buku kas)
buku catatan penerimaan dan pengeluaran uang tunai.

Cash Contract/Cash Trade (dagang tunai)
cara transaksi jual beli sekuritas yang mengharuskan penyerahan dan pembayaran pada saat yang bersamaan.

Cash Devidend (dividen tunai)
pembayaran dividen secara tunai (cash) kepada pemegang saham yang berasal dari keuntungan pada tahun tersebut atau akumulasi dari keuntungan pada tahun tersebut atau akumulasi dari keuntungan pada tahun sebelumnya. Cash Devidend harus dibedakan dengan stock devidend, yaitu dividen yang dibayar dalam bentuk saham. Cash dividend dari investment company (perusahaan investasi biasanya terdiri dari dividen, bunga, capital gain yang diperoleh investasi portofolionya.

Cash Earning (hasil tunai)
penerimaan tunai dikurangi pengeluaran tunai, tetapi tidak termasuk pengeluaran non cash seperti depresiasi.

Cash Flow (arus kas)
pencatatan perubahan modal kerja sehubungan dengan kegiatan usaha perusahaan yang dilaporkan. Catatan memperlihatkan perincian sumber uang kas dan penggunaanya.

Cash Letter
surat kiriman uang antar bank yang menyertai alat-alat pembayaran cash seperti travelers cheque, money order, dan lain-lain.

Cash Market (pasar tunai)
transaksi yang dilaksanakan secara tunai atau biasa disebut spot market. Dalam hal ini komoditi yang dikirim oleh penjual kepada pembeli dibayar tunai pada saat pengiriman tersebut dilaksanakan.

Cash Offering (tawaran tunai)
penawaran sekuritas dengan pembayaran tunai.

Cash Sale (jual tunai)
penjualan sekuritas dengan tunai yang mengharuskan penjual menyerahkan sekuritas tersebut kepada pembeli pada hari ini juga.

Cash with Order (tunai waktu pesan)
penjualan dengan syarat bahwa pembayaran dilakukan pada waktu mengadakan pesanan.

Cashier (kasir)
orang yang bertugas menerima dan membayar uang atas perintah yang berwenang.

Cat and Dogs
Saham spekulatif yang mempunyai sejarah singkat mengenai penjualan, keuntungan dan pembayaran dividen. Di dalam pasar yang membaik (naik) para analis kurang memperdulikan saham jenis ini sekalipun harga saham sedang naik.

Central Bank (bank sentral)
bank yang mempunyai tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat, misalnya di Indonesia, bank sentral adalah Bank Indonesia.

Central Depository-Book Entry Settlement System (C-BEST)
sistem penyelenggaraan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian Transaksi Efek secara pemindahanbukuan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

Certificate (sertifikat)
didalam perdagangan efek yang dimaksud sertifikat adalah: (1) suatu surat berharga sebagai pengganti dari suatu tagihan, (2) suatu surat dikeluarkan sebagai pengganti dari suatu tagihan, (3) juga sebagai surat berharga.

Certificate of Amortization (bukti amortisasi)
serupa dengan bukti keuntungan adalah bukti amortisasi yang juga diberikan oleh perseroan yang mengadakan reorganisasi. Bukti amortisasi pada umumnya hapus setelah pembayaran jumlah tertentu.

Certificate of Deposit (sertifikat deposito)
surat bukti simpanan uang dalam bank dengan jangka waktu dan bunga yang dapat diperjualbelikan.

Certificate of Origin (sertifikat keasalan)
sertifikat yang menerangkan negara asal suatu barang.

Certificate of Stock (sertifikat saham/surat saham)
bukti pemilikan atas jumlah saham dalam perseroan yang dimiliki oleh pihak tertentu.

Certified Cheque (cek berjaminan)
cek yang pada bagian mukanya dituliskan nama pegawai bank yang ditarik dan yang menanggung serta mengesahkan tanda tangan si penarik sebagai seorang depositor dari bank tersebut bahwa dana cek itu cukup.

Chartist (peramal pasar modal)
orang yang melakukan prediksi keadaan pasar saham dengan membuat grafik harga-harga saham dan berspekulasi berdasarkan ramalan tersebut.

Cheque (cek)
surat perintah tidak bersyarat kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu, pada waktu surat tersebut diserahkan kepadanya, dan agar surat perintah itu berlaku sebagai cek, isinya harus memenuhi syarat yang ditetapkan dalam undang-undang, antara lain memuat perkataan "cek".

Claim (tuntutan hak)
hak untuk memperoleh bunga atau pembagian keuntungan dan/atau hak untuk mendapatkan, membeli saham terlebih dahulu, jika perusahaan menerbitkan saham baru.

Clearing (kliring)
pertukaran efek antar loker/dealer dan sekaligus perhitungan rekening masing-masing. Atau, proses penentuan hak dan kewajiban yang timbul dari transaksi bursa.

Clearing Account (rekening transitoris)
rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan di dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan) dan saldo yang dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya), misalnya "Rekening Alat Tulis Kantor".

Clearing Cheque (cek kliring)
cek yang dapat diperhitungkan dalam pertemuan kliring

Clearing Settlement and Custodian Institution (lembaga kliring penyelesaian dan penyimpanan)
suatu lembaga yang menyelenggarakan kliring dan penyelesaian transaksi yang terjadi di bursa efek, serta penyimpanan efek dalam penitipan untuk kepentingan pihak lain.

Client Bonds (obligasi pemilik sertifikat)
contoh dari obligasi pemilik sertifikat (client bonds) adalah pinjaman obligasi yang dikeluarkan oleh perseroan Albert Heyn dari Negeri Belanda, dalam rangka mengembangkan pemilik efek oleh masyarakat di samping untuk menarik pemilik sertifikat. Sistemnya sangat sederhana, yakni kepada setiap pemilik sertifikat yang berbelanja diberikan materai obligasi sebesar 10% dari uang yang dibelanjakannya. Materai-materai tersebut kemudian ditempelkan dalam buku yang telah disediakan. Apabila pemilik sertifikat telah memiliki materai obligasi berjumlah F.50 ia akan memperoleh obligasi.

Closed-end Managament Company (perusahaan pengelola dana dengan sistem tertutup)
suatu perusahaan investasi yang mengeluarkan mutual fund dari saham beredar dalam jumlah terbatas. Saham-saham dengan sistem ini didaftarkan di bursa efek. Perusahaan dengan sistem ini tidak mempunyai kewajiban untuk membeli kembali saham-sahamnya dari investor.

Closed-end Mutual Fund/closed-end Investment Fund (reksa dana tertutup)
reksa dana di mana pemegang unit penyertaannya tertutup untuk menjual kembali unit penyertaan yang dimilikinya kepada perusahaan manajemen investasi yang menerbitkan reksa dana tersebut. Pemegang unit penyertaan hanya bisa menjual unit penyertaan yang dimilikinya kepada investor lain, di mana mekanisme penjualan tersebut dilakukan di bursa efek.

Closing Price (harga tertutup)
harga valuta asing atau surat berharga lainnya pada saat pasar tutup.

Collable (penuaian sebelum tempo)
sifat sekuritas yang pada saat sebelum hari tunai dapat diajukan untuk ditunaikan atau ditukarkan.

Collateral Trust Bonds (obligasi koleteral)
obligasi dan saham perusahaan lain yang dimiliki suatu perusahaan dalam jumlah besar yang digadaikan kepada suatu dewan pengawas (trustee) apabila perseroan membutuhkan pinjaman lagi.

Collective Order (pesanan kolektif)
pesanan sekuritas secara kumulatif menurut kurs yang diminta/ditawarkan dalam perdagangan sebelum pertemuan bursa dimulai.

Comfort Letter
surat yang dibuat oleh akuntan yang menyatakan ada atau tidaknya fakta material yang terjadi setelah tanggal laporan keuangan terakhir sampai dengan menjelang tanggal efektifnya pernyataan pendaftaran yang dapat mengakibatkan perubahan signifikan atau membahayakan posisi keuangan atau hasil usaha sebagaimana disajikan dalam laporan keuangan yang dilampirkan sebagai bagian dokumen pernyataan pendaftaran dan dimuat dalam prospektus.

Commercial Paper (warkat niaga)
surat dagangan yang dapat diperjualbelikan, misalnya promes, wesel dan dokumen jangka pendek lain yang diterbitkan oleh badan usaha.

Commission (komisi)
imbalan yang diterima oleh perantara sehubungan dengan transaksi efek yang dilakukannya untuk kepentingan nasabahnya.

Commitment Fee (biaya ikatan)
biaya yang dibebankan kepada nasabah sehubungan dengan penyediaan dana oleh bank dalam pemberian kredit investasi.

Common Share/common stock (saham biasa)
(1) saham yang paling pertama diterbitkan oleh perusahaan dan paling akhir dilunasi saat likuidasi; (2) saham yang memberikan hak berupa dividen kepada pemiliknya kalau perusahaan bersangkutan mendapatkan keuntungan pada tahun tertentu. Di samping itu, saham ini juga memberikan hak kepada pemiliknya untuk mengeluarkan surat dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rapat ini diperlukan untuk memutuskan hal-hal yang mendasar bagi perusahaan misalnya perubahan anggaran dasar, pengangkatan dan pemberentian direksi/dewan komisaris, pengesahan neraca dan laba/rugi perusahaan serta likuidasi.

Commutation (komutasi)
perubahan suatu metode pembayaran ke metode yang lain.

Company (perusahaan)
badan usaha sebagaimana dimaksud dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang atau Badan Hukum lain yang didirikan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sepanjang tidak ditentukan lain dalam keputusan ini.

Company Listing (pencatatan perusahaan)
perusahaan mencatatkan di Bursa semua modal saham yang telah disetor meskipun saham yang go public, melalui penawaran umum, kurang dari itu. Misalnya, modal disetor terdiri dari 8 juta saham. Dijual kepada masyarakat melalui penawaran umum 2 juta saham. Pada waktu mencatatkan seluruh saham yang telah disetor (8 juta saham). Selisih antara jumlah saham yang telah disetor dengan jumlah saham yang dijual melalui penawaran umum, sewaktu-waktu dapat dijual melalui bursa oleh pemilikannya.

Comparative Financial Statement (laporan keuangan perbandingan)
daftar yang memuat laporan keuangan dari beberapa periode yang berbeda yang dicantumkan sebelah menyebelah untuk tujuan perbandingan dan penilaian.

Competitive Bid (penawaran bersaing)
penawaran sekuritas atas dasar jumlah dan mendapat dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif.

Compliance Director (direksi kepatuhan);"
anggota direksi bank atau anggota pimpinan kantor cabang bank asing yang ditugaskan untuk menetapkan langkah-langkah yang diperlukan guna memastikan kepatuhan bank terhadap peraturan Bank Indonesia; peraturan perundang-undangan lain yang berlaku dan perjanjian serta komitmen dengan Bank Indonesia."

Compounded Interest (bunga majemuk/bunga berbunga)
bunga yang diperhitungkan atas dana pinjaman dan bunga yang belum dibayar.

Confirmation (konfirmasi)
pernyataan tertulis yang dibuat oleh perusahaan efek setelah terlaksananya transaksi dan disampaikan kepada nasabah, berisikan perincian yang lengkap mengenai transaksi tersebut dan penjelasan tentang kedudukannya sebagai perantara atau pedagang efek dalam transaksi dimaksud.

Conflict of Interest (benturan kepentingan)
perbedaan antara kepentingan ekonomi perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

Conglomerate (konglomerasi)
perusahaan yang menanam modalnya dalam berbagai bidang industri, untuk mengurangi resiko.

Connvertible Bonds (obligasi tukar)
obligasi yang memiliki sifat obligasi biasa seperti bunga tetap, pelunasan setelah jangka waktu tertentu, juga mempunyai hak untuk ditukar dengan saham pada waktu dan syarat-syarat yang ditentukan.

Consignee (penerima konsinyasi)
pihak yang menerima barang atas dasar konsinyasi.

Consignor (pengirim konsinyasi)
orang yang menitipkan barang dagangan kepada orang lain untuk dijualkan.

Consolidated Financial Statement (laporan keuangan gabungan)
neraca dan perhitungan rugi dan laba beserta penjelasannya pos demi pos yang meliputi perusahaan induk dan semua anak perusahaannya.

Consolidated Mortgage Bonds (obligasi konsolidasi)
obligasi yang diterbitkan karena adanya reorganisasi perseroan dan sebagai jaminan pada pemegang obligasi perseroaan memberikan sebagian dari aktiva perseroan yang dikonsolidasi.

Consolidation (konsolidasi)
penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan baru untuk meneruskan usahanya.

Consortium (konsorsium)
pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank atau lembaga keuangan.

Constructive Dividen (dividen konstruktif)
dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham yang besarnya ditentukan atas dasar perbandingan antara saham yang dimiliki dan aktiva perusahaan. Biasanya dividen tersebut tidak diumumkan dan terjadi pada perusahaan tertutup.

Constructive Total Loss
objek pertanggungan yang mengalami kerusakan sehingga tidak berbentuk dan tidak berfungsi lagi; toleransi kerusakannya disini biasanya mencapai tak kurang dari 75%.

Consultant (konsultan)
orang yang memberikan nasihat/jasa-jasa sesuai dengan keahliannya seperti ahli perbankan, ahli hukum, ahli pasar modal dan lain-lain.

Consumer Finance Company (perusahaan pembiayaan konsumen)
badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala oleh konsumen.

Consumer Price Index (indeks harga konsumen)
indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga antar waktu dari suatu paket jenis barang dan jasa yang dikonsumsi oleh penduduk/rumah tangga di daerah perkotaan dengan dasar suatu periode tertentu.

Cost of Capital, Overall Cost of Capital, Average of Capital (biaya modal)
jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan; yang masing-masing ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan.

Daftar Bursa Berjangka dan Kontrak Berjangka Luar Negeri
daftar bursa berjangka luar negeri dan kontrak berjangkanya yang ditetapkan Bappebti, yang dapat digunakan untuk penyaluran amanat dari nasabah dalam negeri.

Daftar Bursa Berjangka dan Kontrak Berjangka Luar Negeri
daftar bursa berjangka luar negeri dan kontrak berjangkanya yang ditetapkan Bappebti, yang dapat digunakan untuk penyaluran amanat dari nasabah dalam negeri.

Daftar Kurs Efek
daftar harian yang diterbitkan oleh bursa yang memuat tentang nama efek yang tercatat, kurs efek, volume, nilai dan frekuensi transaksi, tawaran beli dan jual; indeks harga saham serta hal-hal lain yang dianggap perlu yang berkaitan dengan transaksi bursa.

Daftar Pemegang Rekening
daftar yang dikeluarkan oleh KSEI berkenaan dengan kepemilikan efek oleh seluruh pemegang rekening dan atau nasabah pemegang rekening, yang memuat keterangan antara lain: nama, jumlah kepemilikan efek, status pajak dan kewarganegaraan pemegang rekening dan atau nasabahnya.

Daftar Transaksi Bursa
bukti tertulis dalam bentuk hasil cetak komputer mengenai transaksi bursa yang dilakukan oleh anggota bursa efek yang diterbitkan oleh bursa setelah akhir jam perdagangan pada setiap hari bursa dan ditandatangani oleh bursa atau pihak lain yang ditunjuk bursa.

Dana Jaminan
Dana yang harus disetorkan pialang berjangka kepada Bappebti sebagai salah satu syarat untuk menjadi pialang berjangka yang berhak menyalurkan amanat nasabah ke bursa berjangka luar negeri, yang digunakan untuk membayar ganti rugi nasabah akibat cidera janji yang dilakukan pialang berjangka yang bersangkutan.

Dana Kompensasi
Dana yang dihimpun Bursa Berjangka dari Pialang Berjangka yang digunakan untuk membayar ganti rugi kepada Nasabah bukan Anggota Bursa Berjangka karena cidera janji dan/atau kesalahan yang dilakukan oleh Anggota Bursa Berjangka adalah kedudukannya sebagai Pialang Berjangka.

Date of Assignment (tanggal alih hak)
tanggal pengalihan hak milik sertifikat, saham dan stok (efek).

Date of Expiration
Tanggal masa berlakunya kredit, perjanjian, atau komitmen (misalnya B/L, izin ekspor/impor) telah selesai.

Date of Issuance (hari emisi)
Tanggal emisi sekuritas baru, baik yang dikeluarkan untuk penawaran umum maupun untuk penawaran waran terbatas.

Date of Maturity
tanggal jatuh tempo.

Date of Record
tanggal terakhir seorang investor harus mencatatkan kepemilikan sahamnya dalam daftar pemegang saham (DPS).

Day Order (amanat sehari)
amanat jual beli sekuritas yang hanya berlaku pada hari amanat diberikan; Kalau tidak terlaksana pada hari itu berarti batal.

Dead Cat Bounce
Istilah dalam analisis perdagangan saham yang secara langsung dapat diterjemahkan sebagai "mentalnya kucing yang mati". Ini menggambarkan pemulihan harga sementara dari pasar atau suatu saham di tengah penurunan yang berkepanjangan atau bear market. Artinya, rebound yang dialami oleh pasar atau suatu saham setelah mengalami kejatuhan harga; sebenarnya hanya sementara karena pasar atau saham tersebut masih akan terus jatuh.

Dealer
orang atau badan hukum yang berjual beli sekuritas untuk orang lain, dengan menutup persetujuan atas namanya atau firmanya sendiri, atas imbalan.

Dealer Besar
perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan perdagangan partai besar barang-barang dari suatu merek dagang tertentu yang dimiliki/dikuasai oleh pemegang merek atau agen tunggal pemegang merek.

Dealer Pengecer
perorangan atau badan usaha yang ditunjuk oleh dealer besar untuk melakukan kegiatan perdagangan dengan cara membeli dan menjual kembali barang-barang dari suatu merek dagang tertentu dalam partai kecil.

Dealing in Securities (melakukan kegiatan atas efek)
pembelian, penjualan atau penawaran untuk membeli atau menjual efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.

Debenture (obligasi niragun)
obligasi yang tidak dijamin dengan harta tertentu, tetapi dikeluarkan atas dasar kepercayaan umum terhadap perusahaan atau perorangan.

Debenture Bonds (obligasi tanpa jaminan)
menurut pengertian di Amerika Serikat, adalah pinjaman obligasi tanpa adanya suatu jaminan (asked debenture), tetapi di Inggris harus ada jaminannya.

Debtor (Debitur)
pihak yang menerima kredit atau pinjaman.

Decimal Coinage (sistem pecahan uang)
sistem yang disepakati untuk menentukan pecahan berbagai macam mata uang.

Declaration Date (hari deviden)
tanggal pembayaran dividen yang diumumkan melalui surat kabar atau surat kepada pemegang saham.

Declaration of Dividend (pernyataan tentang dividen)
pengumuman resmi direksi perusahaan kepada para pemegang saham tentang besarnya dividen yang dapat dibayarkan.

Declared Value (nilai dinyatakan)
sistem yang disepakati untuk menentukan pecahan berbagai macam mata uang.

Deed Pool (akta tanggal)
perikatan yang mewajibkan salah satu pihak saja mengadakan prestasi.

Default (kelalaian)
kegagalan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan perjanjian, seperti lalai membayar pada saat yang diperjanjikan.

Deferred Bond (obligasi tunda)
obligasi yang ditunda pembayaran bunganya atas persetujuan debitur dan kreditur, dapat pula dalam arti seperti dividen yang sudah diumumkan dan dicatat sebagai utang tetapi pembayarannya baru dapat dilakukan setelah jangka waktu yang ditentukan.

Deferred Income (pendapatan tertunda)
pendapatan usaha yang pada penutupan buku masih berupa tagihan seperti hasil penjualan yang masih akan diterima kemudian.

Deferred Stock (saham tunda)
saham yang ditunda pembayaran devidennya hingga pemegang saham preferen dan pemegang saham biasa memperoleh prioritas bagiannya.

Deficiency Letter (memo pelengkap)
pemberitahuan tidak resmi dari pihak yang berwenang kepada pendaftar agar melengkapi beberapa syarat pendaftaran.

Deficit
kekurangan anggaran belanja suatu badan usaha, atau pengeluaran biaya besar dibanding penerimaan pendapatan.

Delayed Opening (perdagangan tertunda)
waktu perdagangan dibursa yang tertunda.

Delisting (penghapusan pencatatan)
penghapusan efek dari daftar efek yang tercatat dibursa sehingga efek tersebut tidak dapat diperdagangkan di bursa.

Delivery Bill (bukti serah)
pemberitahuan kepada bagian kas untuk menyerahkan sekuritas kepada makelar lain.

Delivery Free of Payment (DFOP)
tata cara penyelesaian transaksi efek melalui pemindahbukuan antar rekening efek di KSEI yang dilaksanakan tanpa disertai pembayaran dana.

Demand Deposit (giro)
simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lain, atau dengan cara pemindahbukuan.

Demand Draft (perintah bayar)
perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada pembawa (pengunjuk) surat wesel.

Denomination (kopur/denominasi)
lembaran sekuritas yang bernilai nominal tertentu seperti nilai Rp10.000-Rp15.000 dan seterusnya.

Depletion (deplesi)
pengurangan atas nilai aktiva tetap (berupa sumber-sumber alam) untuk diolah dalam proses produksi.

Deposite Premium
premi pertama atau pendahuluan, lazim disebut premi sementara, yakni jumlah premi yang harus dibayar pemegang polis.

Depository Correspondent (koresponden penyimpanan)
perusahaan yang ada hubungannya dengan perusahaan lain terutama dalam kaitannya dengan deposito.

Depreciation (depresi/penyusutan)
pengurangan atas nilai aktiva tetap karena pemakaian, kemerosotan dan lain-lain, seperti jumlah yang dibebankan untuk sebagian dari biaya atau nilai buku dari suatu harta tetap yang tidak dapat diterima kembali pada waktu harta tetap tersebut tidak dipergunakan lagi.

Depreciation Fund (dana penyusutan)
uang atau sekuritas lancar yang disisihkan untuk tujuan penyusutan harta tetap.

Detachable Warrants
waran yang dapat dipisahkan dari saham maupun obligasi. Pada saat pertama kali diterbitkan, waran tersebut merupakan satu kesatuan dari saham/obligasi yang diterbitkan. Selanjutnya, waran tersebut dapat diperdagangkan sendiri.

Development Bank (Bank Pembangunan)
bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk deposito dan/atau mengeluarkan surat berharga jangka menengah dan panjang dan yang dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka menengah dan panjang di bidang pembangunan (Undang-undang Pokok-Pokok Perbankan).

Development Finance Corporation (lembaga pembiayaan Pembangunan)
lembaga keuangan yang (usaha utamanya) memberikan kredit jangka menengah dan panjang serta penyertaan modal di dalam perusahaan.

Dewan Direksi
orang-orang yang dipilih oleh pemegang saham perusahaan di dalam RUPS untuk mengendalikan suatu perusahaan sebagaimana disebutkan di dalam anggaran dasar perseroan.

Dicounted Cash Flow (nilai arus kas nilai tunai)
arus keluar masuk kas suatu periode atau jangka waktu yang dinilai tunaikan.

Dilution (dilusi)
pengurangan hasil/hak sekuritas karena jumlah yang dikeluarkan melebihi semestinya, atau karena adanya pembelian hak opsi untuk memperoleh sekuritas tersebut.

Directors (para direktur)
orang-orang yang dipilih oleh para pemegang saham dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tujuan dari perusahaan.

Dis Agio
Selisih harga di bawah nilai nominal sekuritas.

Disclamer Opinion (pernyataan penolakan akuntan)
akuntan publik menolak memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diperiksanya karena banyak menemukan pembatasan dalam pemeriksaan.

Discount (diskonto/potongan dimuka)
pengurangan lebih dahulu dari jumlah yang akan dibayar atau yang akan diterima, seperti pengurangan dari harga barang yang akan dibayar, dari jumlah pinjaman yang akan diterima atau dari harga nominal surat berharga yang akan diterima.

Discount Fleet
potongan harga yang diberikan kepada calon pemegang polis yang sekaligus menyepakati 10 kontrak.

Dispatch Money (uang hadiah)
bagian uang sewa yang diterima kembali oleh penyewa kapal karena waktu untuk bongkar muat dilaksanakan lebih cepat.

Diversification (diverifikasi)
cara menanam modal dengan memberi sekuritas yang terbagi-bagi dalam perusahaan untuk menyebar risiko yang mungkin terjadi.

Dividen Semu
dividen yang diputuskan oleh RUPS, tetapi tidak dibayarkan.

Dividend
bagian laba atau pendapatan perusahaan yang ditetapkan oleh direksi (dan disahkan oleh rapat pemegang saham) untuk dibagikan kepada pemegang saham. Pembayarannya diatur berdasarkan ketentuan yang berlaku pada jenis saham yang ada.

Dividend Cover (penutup dividen)
pembagian dividen setelah dikurangi untuk membayar bunga dan dividen saham preferan, laba yang di bagian ini termasuk pendapatan tahun-tahun yang lalu.

Dividend Disbursing Agent (badan pembayaran dividen)
bank atau badan yang bertugas membayar dividen kepada pemegang saham.

Dividend Payment (pembayaran deviden)
amanat kepada emiten untuk membayarkan kepada pihak lain yang ditandatangani oleh pemegang saham.

Dividend Payout Ratio (rasio pembayaran dividen)
persentase tertentu dari laba perusahaan yang dibayarkan sebagai dividen kas kepada pemegang saham.

Dividend Record (catatan deviden)
catatan jumlah dividen yang dibayarkan selama lima tahun berturut-turut. Dalam catatan tersebut termasuk tunggakan, kalau ada, serta cara pembayaran.

Dividend Yield (hasil dividen)
hasil dividen yang dalam bahasa asingnya disebut "Dividen Yied" tergantung pada tingkat dividen serta harga yang anda bayar untuk saham. Misalkan anda membeli 100 saham PT Makmur @ Rp150, jika perusahaan membayar dividen Rp9 per saham, maka hasil dividen yang Anda terima adalah 6% (Rp9:Rp150).

Divisia M2
suatu alternatif indikator uang beredar yang mencerminkan likuiditas perekonomian. Indeks divisia dibentuk dari penjumlahan tertimbang komponen aset uang beredar yang ditentukan oleh likuiditas dari suatu aset. Semakin tinggi suku bunga yang ditawarkan suatu aset, semakin besar kemungkinan aset tersebut digunakan untuk tujuan menabung daripada digunakan untuk tujuan transaksi sehingga semakin rendah bobotnya dalam definisi uang beredar.

Documentary Bill (wesel)
perintah bayar yang diberikan seseorang kepada pihak ketiga.

Dokumen Keterangan Perusahaan
dokumen yang disampaikan oleh pialang berjangka kepada nasabah, oleh penasihat berjangka kepada klien, dan oleh pengelola sentra dana berjangka, yang antara lain memuat keterangan mengenai organisasi dan kepengurusan perusahaan tersebut.

Dokumen Pemberitahuan Adanya Risiko
dokumen yang disampaikan oleh pialang berjangka kepada nasabah, oleh penasihat berjangka kepada klien, dan oleh pengelola sentra dana berjangka kepada calon perserta sentra dana berjangka, yang menjelaskan segala risiko yang mungkin dihadapi Nasabah, Klien, atau calon peserta sentra dana berjangka.

Door to Door Sales (penjualan dari rumah ke rumah)
suatu cara atau metode penjualan barang dan/atau jasa dari suatu tempat/rumah ke tempat/rumah lainnya.

Down Payment (uang muka)
pembayaran sebagian dari harga oleh pembeli kepada penjual sebagai tanda bahwa perjanjian jual beli yang diadakan telah meningkat.

Drawee (petarik)
pihak yang namanya tercantum di halaman muka cek atau surat wesel sebagai pihak yang diperintah membayar. Dalam hal cek, pihak yang diperintahkan membayar adalah bank.

Earning per Share-EPS (laba bersih per saham)
keuntungan bersih perusahaan dibagi dengan seluruh jumlah saham perusahaan. Rasio ini sering kali disebut pula jumlah kali dari pembelian hasil lancar dengan harga pasar.

Earning Power (kemampuan laba)
kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan dapat dipakai juga untuk penilaian sekuritas.

Earning Yield (kadar laba)
penghasilan setiap tahun yang diperoleh dari masing-masing saham perusahaan sesuai dengan presentase harga saham saat itu.

Efek
surat-surat berharga, yaitu setiap surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, sekuritas kredit, tanda bukti utang, setiap rights, warrants, opsi atau setiap derivatif dari efek, atau setiap instrumen yang ditetapkan oleh Bapepam sebagai efek. Disamping itu terdapat efek terkecuali adalah surat berharga pasar uang, termasuk sertifikat BI, surat berharga pasar uang (SBPU), surat berharga komersial, surat pengakuan utang dan sertifikat deposito yang diterbitkan atau diterima oleh bank atau lembaga bukan bank, polis asuransi, efek yang dijamin Pemerintah Indonesia, atau efek lain yang secara khusus dikecualikan oleh menteri keuangan.

Efek Bebas
efek yang tercatat sebagai Polis Long dalam Buku Pembantu Efek nasabah pada Perusahaan Efek yang merupakan kelebihan atas Batasan Pada Jaminan Nasabah dan dapat di tarik oleh nasabah dari rekening Efek setiap saat.

Efek Beragun Aset
unit penyertaan kontrak investasi kolektif yang portofolionya terdiri dari aset keuangan berupa tagihan yang timbul dari surat berharga komersial, sewa guna usaha, perjanjian jual beli bersyarat, perjanjian pinjaman cicilan, tagihan kartu kredit, pemberian kredit termasuk kredit pemilikan rumah atau apartemen, efek bersifat utang yang dijamin oleh pemerintah, sarana peningkatan kredit (credit enhancement)/ arus kas (cash flow), serta aset keuangan setara dan aset keuangan lain yang berkaitan dengan aset keuangan tersebut. Dengan demikian, efek beragun aset bukan merupakan reksa dana sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 angka 27 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Pasar Modal.

Efek beragun aset arus kas tetap
Efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya menerima pembayaran dengan jadwal tertentu, walaupun jadwal pembayaran tersebut dapat berubah karena keadaan tertentu.

Efek beragun aset arus kas tidak tetap
Efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima pembayaran secara bersyarat dan dalam jumlah yang tidak tetap.

Efek bersifat ekuitas
Saham atau efek yang dapat dituker dengan saham atau efek yang mengandung hak untuk memperoleh saham.

Efek Jaminan
Efek yang ada dalam rekening efek nasabah pada perusahaan efek pada posisi long yang bukan merupakan efek bebas.

Efek utama
Efek yang dititipkan pada bank kustodian yang menjadi dasar diterbitkannya sertifikat penitipan efek Indonesia.

Effective (Efektif)
Terpenuhinya seluruh tata cara dan persyaratan pernyataan pendaftaran yang ditetapkan dalam keputusan ini.

Effective interest rate (Tingkat bunga efektif)
Tingkat bunga yang sesungguhnya dibebankan dalam setahun, jika suku dibebankan sekali setahun; maka tingkat bunga nominal sama dengan suku bunga efektif.

Electric data interchange (EDI)
Sistem pertukaran data bisnis secara elektronik antar organisasi dalam bentuk yang terstruktur dan diproses melalui komputer dari suatu aplikasi bisnis ke aplikasi bisnis lainnya.

Emisi (issue)
Penerbitan saham atau obligasi suatu perusahaan untuk dijual kepada masyarakat.

Emiten (issuer)
Perusahaan yang menerbitkan dan menawarkan surat berharga atau efek kepada masyarakat atau investor melalui penawaran umum, seperti misalnya saham, obligasi, warkat niaga, dan lain-lain.

Employee stock plan (rencana saham pegawai)
Dengan melalui rencana saham pegawai beberapa perusahaan besar di luar negeri memberikan kesempatan kepada beberapa pegawainya untuk memliki saham perusahaan.

Employee trusts fund (dana amanat karyawan)
Lembaga yang didirikan untuk mengelola dana kesejahteraan karyawan.

Endorsement (Pengalihan hak)
Pengesahan pemindahan hak milik aset dengan membubuhi tanda tangan dan cap dibalik efek. Seseorang dapat meng-endorse cek untuk menerima pembayaran atau mengendorse saham / obligasi untuk mengalihkan kepemilikannya.

Endorsement in blank, blank endorsement (Endosemen blangko)
Endosement tanpa menyebut nama endosi.

Equipment bonds (Obligasi peralatan)
Obligasi yang dikeluarkan oleh perseroan untuk membiayai pembelian alat-alat utama perusahaan. Biasanya diterbitkan oleh perusahaan angkutan untuk membiayai pembelian armadanya. Pemegang obligasi mempunyai hak klaim senior atas peralatan tersebut.

Equipment trust certificate (Sertifikat perwalian peralatan)
Surat jaminan yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan kereta api untuk membiayai pembelian peralatan baru. Pemilikan peralatan baru tersebut dipegang oleh trustee sampai di lunasinya surat jaminan tersebut.

Equity (Modal sendiri)
Selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada.

Escalator bonds (Obligasi bunga meningkat)
Obligasi dengan bunga nominal yang berubah secara bertahap.

Euro Dollar (Dollar Eropa)
Dollar Amerika Serikat yang dipergunakan oleh badan atau orang yang berada di luar Amerika Serikat untuk melakukan transaksi melalui bank di Eropa.

Euro-bond (Obligasi Euro)
Obligasi yang dikeluarkan oleh suatu lembaga, perusahaan atau negara yang diperjualbelikan di Eropa.

Euro-currency (Mata uang Eropa)
Mata uang yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Eropa.

Ex (Tanpa)
Kata ex berarti tanpa, misalnya: Ex dividen menunjukan bahwa saham-saham diperdagangkan tanpa dividen. Jadi penjual menahan dividen yang dikeluarkan. Perdagangan saham-saham tanpa bonus issues yang berupa hak atau milik juga dinyatakan dengan "ex".

Ex Date ( Waktu peralihan)
Tanggal pada waktu saham-saham berubah disebut dari "cum" ke "ex". Umumnya tanggal tersebut jatuh pada hari kerja kelima sebelum dan termasuk tanggal penutupan buku.

Ex dividend ( Tanpa dividen)
Dividen yang sudah dapat dicapai, tetapi tidak diperhitungkan dalam penjualan saham (lihat ex).

Ex rights
Tanggal dimulainya perdagangan saham saham yang tidak lagi mengandung hak rights.

Exchange control (Pengawasan devisa)
Pengaturan pemerintah dalam perdagangan devisa, dengan tujuan mempertahankan atau menaikkan nilai mata uang sendiri dan memperbaiki neraca pembayaran.

Exchange equlization fund (Dana stabilisasi devisa)
Dana devisa yang dibentuk oleh pemerintah atau bank sentral melalui jual beli untuk mempengaruhi kurs valuta, sebagai salah satu cara pengawasan devisa.

Expenditure (Pengeluaran tunai)
Jumlah uang tunai yang dikeluarkan selama masa tertentu.

Export (Ekspor)
Pengiriman barang dan jasa yang dijual oleh penduduk suatu negara kepada penduduk negara lain untuk mendapatkan mata uang asing dari negara pembeli.

Extended bond (Obligasi tunda)
Obligasi yang ditunda hari tunainya atas persetujuan pemegangnya.

Extra devidend (Dividen extra)
Tambahan dividen yang diterima pemegang saham di samping dividen tahunan.

Extra Premium
Penambahan (biaya) premi karena ada perubahan atau perluasan klausal kontrak baru.

Face value (Nilai nominal)
Nilai yang tercantum di dalam surat berharga.

Factoring company (Perusahaan anjak piutang)
Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri.

Faktur
Dokumen akuntansi (accounting document) yang menyatakan perincian barang serta harganya termasuk indikasi syarat-syarat dalam kontrak atas transaksi barang dimaksud, lazim disebut invoice atau commercial invoice.

Falling Knife
Istilah dalam analisis perdagangan pasar modal yang secara langsung dapat diterjemahkan sebagai "pisau yang jatuh". Ini menggambarkan suatu saham yang berada ditengah-tengah kejatuhan harga yang sangat dalam. Artinya, meskipun harga turun jauh, penurunan ini belum selesai. Sebagaimana istilahnya, investor diminta untuk "tidak menangkap pisau yang jatuh, karena akan terluka"

Fiduciary (Fidusia)
Orang atau badan yang mendapat kepercayaan menguasai barang untuk mengelolanya, misalnya administratur, direktur, dan lain-lain.

Fill or kill
Amanat penjualan sekuritas dengan hargayang tak dapat ditawar.

Final Dividend (dividen akhir)
dividen yang pembayarannya harus dilakukan pada akhir tahun.

Financial documents
Adalah merupakan dokumen akuntansi (accounting document) yang menyatakan perincian barang serta harganya termasuk indikasi syarat-syarat dalam kontrak atas transaksi barang dimaksud, lazim disebut invoice atau commercial.

Financial statement (Laporan keuangan)
Laporan yang terdiri dari neraca, perhitungan rugi-laba, perhitungan dana atau perhitungan tambahan atau penyajian data keuangan lainnya yang berasal dari pembukuan.

Firm Manager
JATS Trader yang memiliki izin orang perseorangan dari Bapepam yang ditunjuk oleh anggota bursa efek untuk mengkoordinasikan dan mengawasi para JATS Trader lainnya dalam melaksanakan perdagangan efek di bursa.

First mortgage bonds (Obligasi jaminan hipotik)
Obligasi dengan jaminan hipotik ke-1 atas semua atau sebagian aktiva dari perseroan. Dalam hubungan ini dibedakan closed mortgage, open mortgage dan after acquired property clause. Closed mortgage adalah obligasi yang aktiva yang dijaminkannya tidak diperkenankan untuk dibebani dengan hipotik lain. Open mortgage adalah obligasi yang aktiva jaminannya diperuntukan bagi beberapa seri pengeluaran obligasi.

Fiscal years (Tahun Fiskah)
Jangka waktu dua belas bulan yang di pergunakan oleh dunia usaha atau pemerintah untuk tujuan pembukuan. Masa tersebut tidak perlu sama dengan tahun takwim.

Fit and proper test (Uji/ penilaian kemapuan dan kepatutan)
Hasil proses evaluasi secara berkala atau setiap waktu apabila dianggap perlu oleh Bank Indonesia terhadap integritas pemegang saham pengendali serta integritas dan kompetensidari pengurus dan pejabat ekskutif dalam mengelola kegiatan operasional bank.

Fixed Income mutual fund (Reaksi dana pendapatan tetap)
Wadah investasi yang berisidana dari sejumlah investor yang diinvestasikan ke dalam berbagai produkinvestasi oleh sebuah perusahaan Manajemen investasi, terutama ke dalam produk investasi berpendapatan tetap, yaitu obligasi.

Flag
Istilah dalam perdagangan saham. Ini adalah salah satu bentuk dari pattern. Pattern ini disebut flag karena memiliki bendera beserta tiang bendera (flagpole)-nya. Target harga dari flag pattern ini adalah setinggi flag pole-nya.

Flat rate (Harga rata)
Tingkat harga yang diperhitungkan tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya.

Float (Warkat ambangan)
(1) Wesel, cek, dan surat berharga lainnya yang sedang dalam proses penyelsaian, (2) bagian emisi sekuritas yang belum terjual.

Floating charge (Beban mengambang)
Beban yang tidak ditentukan secara pasti.

Floating currency (Mata uang mengambang)
Mata uang yang kursnya disesuaikan dengan kekuatan permintaan dan penawaran pasar.

Fluktuasi saham
Harga saham yang berubah secara umum, ada pergerakan jangka pendek yang naik-turun, serta kecendrungan-kecendrungan jangka panjang yang secara teratur meningkat. Harga-harga berubah oleh karena pasar untuk surat-surat berharga bursa efek adalah terbuka bagi semua orang. JIka terdapat lebih banyak pembeli daripada penjual; maka harga cendrung naik, karena para pembeli yang saling bersaing untuk mendapatkan apa yang ditawarkan, saling menawar dengan harga lebih tinggi. Jika terjadi lebih banyak penjual dari pada pembeli, harga cenderung turun.

Food inflation
Inflasi diukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok makanan.

Force majeure
Peristiwa dan atau keadaan yang terjadi karena di luar kehendak dan kemampuan bursa dan atau KPEI yang mengakibatkan JATS dan atau sistem pengendalian risiko (risk management system) KPEI tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan atau terhentinya perdagangan di bursa, atau terjadi peristiwa dan atau keadaan yang termasuk tetapi tidak terbatas pada perang baik yang dinyatakan secara resmi maupun tidak resmi, pemberontakan, kebakaran, banjir, gempa bumi, huru hara, sabotase pemogokan, kegagalan teknis (baik perangkat keras dan atau perangkat lunak bursa dan atau sistem pengendalian risiko KPEI) dan peristiwa atau keadaan lainnya yang sejenis.

Foreign Exchange (Valuta asing)
Alat pembayaran dan alat-alat likuid luar negeri.

Foreign Exchange Risk
Dengan semakin luasnya pasar obligasi yang tidak mengenal lagi batas antar negara, maka pergerakkan nilai tukar mata uang perlu lebih diperhatikan. Lebih dari itu, setiap perubahan yang cukup besar dalam nilai tukar mata uang asing akan langsung mempengaruhi arah dan pergerakkan suku bunga.

Formula investing (Investasi ganti)
Cara investasi untuk mengganti penanaman modal dari saham biasa ke saham preferen atau obligasi dengan syarat tertentu, menggunakan formula-formula tertentu, seperti dollar.

Forward sale (penjualan di muka)
Penjualan sekuritas yang penyerahannya dilakukan kemudian.

Founder's share (Saham pendiri)
Saham yang diberikan kepada para para pendiri perseroan sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan, apakah berupa penyertaan modal, apakah berupa menarik relasi yang penting dan sebagainya.

Franchise (Waralaba)
Suatu cara atau metode penjualan barang dan / atau jasa yang dilakukkan oleh perorangan, perusahaan, atau koperasi dengan memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam perjanjian dengan pihak lain tersebut.

Free and open market (Pasar bebas terbuka)
Pasar sekuritas yang secara terbuka mencantumkan harga dan syaratnya.

Free on board / F.O.B (Bebas setelah dimuat)
Cara penilaian barang yang dijual dalam perdagangan internasional yang biaya angkutan dan biaya asuransi dari pelabuhan muat sampai gudang pembeli ditanggung pembeli.

Free rider (Pedagang pra tunai)
Orang yang memesan sejumlah obligasi atau emisi saham, emisi baru pada waktu ditawarkan dan menjualnya dengan laba sebelum tanggal pembayaran pesanan.

Full disclosure (Ungkapan data lengkap / keterbukaan)
Pengungkapan data perusahaan selengkapnya yang menyangkut keuangan; kepengurusan, dan lain-lain agar dapat diberikan gambaran kepada umum untuk penilaian sekuritas yang akan diterbitkan.

Fully paid stock (Saham lunas)
Saham yang sudah lunas dibayar oleh pemiliknya. Pada kesempatan memperoleh tentime atau bonus kepada para pegawai dengan syarat tertentu.dapat membeli saham perusahaan dengan kurs di bawah kurs bursa.

Funded debt (Utang konversi)
Utang jangka pendek yang diubah menjadi jangka panjang, biasanya berbentuk obligasi.

Funds (Dana)
Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu. Istilah terkait, off-shore funds (Dana luar negeri), dana yang berada di luar negeri.

Future trading (Perdagangan berjangka)
Jual beli barang dagangan atau valuta asing untuk masa yang akan datang, yang dilakukan pada saat sekarang.

Gearing ratio (Rasio utang modal)
Perbandingan antara utang dengan seluruh modal perusahaan, untuk menilai tingkat pendapatan modal sendiri sehubungan dengan usaha peningkatan pendapatan operasional, perbandingan antara kewajiban lembaga keuangan bukan bank baik efektif maupun administratif dengan modal sendiri setelah ditambah pinjaman subordinasi.

General trade (Sistem perdagangan umum)
Sistem perdagangan internasional yang dilakukan penduduk suatu negara, termasuk penduduk yang tinggal di kawasan berikat (bonded zone) karena kawasan berikat di anggap sebagai dalam negeri.

Giro
Simpanan dana pihak ketiga pada bank yang penarikkannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, surat perintah bayar lainnya, seperti ATM, lazim disebut rekening koran.

Giro wajib minimum (GWM)
Simpanan minimum yang harus dipelihara oleh bank dalam bentuk saldo giro pada bank Indonesia yang besarnya ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar persentase tertentu dari dana pihak ketiga Bank.

Go public (Penawaran umum saham)
Setiap usaha untuk menjual, menawarkan untuk melepaskan hak atas saham dengan pembayaran. Perusahaan dapat go public dengan menjual saham baru yang berasal dari modal dasar, maupun saham lama yang berasal dari modal yang disetor. Di Indonesia perusahaan yang menjual obligasi termasuk go public. Suatu perusahaan yang baru pertama kali menawarkan saham-sahamnya kepada masyarakat pemodal.

Gold bonds (Obligasi dengan klausal emas)
Pinjaman obligasi yang diikat dengan klausal emas, menetapkan bahwa dalam hal nilai uang pada saat pembayaran bunga pinjaman ternyata lebih rendah dari nilai pada saat pinjaman dilakukan, maka pemegang obligasi mempunyai hak untuk meminta pembayaran dalam bentuk emas atau sejumlah uang yang nilainya sama dengan emas.

Government (Pemerintah)
Mencakup lembaga-lembaga pemerintah baik pada tingkat pusat maupun daerah, badan usaha pemerintah, seperti BUMN dan BUMD tidak termasuk di sini tetapi digolongan ke dalam sektor tersendiri, local government (pemerintah daerah), mencakup semua unit pemerintah di tingkat propinsi, kabupaten dan desa, kecuali unit vertikal pemerintah pusat di daerah. Lembaga ini mempunyai hak, wewenang dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri (hak otonomi), central government (pemerintah pusat), mencakup semua unit pemerintah baik yang berada di pusat seperti: departemen-departemen, lembaga non departemen, lembaga tinggi negara dan lembaga pemerintah lain, maupun semua unit vertikalnya yang berada di daerah. Lembaga ini umunya melakukan jasa pelayanan umum, seperti administrasi, pertahanan dan keamanan, membuat peraturan-peraturan pemerintah, merencanakan tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemakmuran masyarakat; menyelenggarakan jasa pendidikan, kesehatan, kebudayaan, rekreasi dan jasa pelayanan sosial lainnya secara cuma-cuma (di bawah tingkat harga normalnya).

Grace Period (Masa tanggung)
Waktu penangguhan pengembalian pokok pinjaman dan / atau bunga selama jangka waktu yang kira-kira diperlukan guna mencapai akslerasi penanaman modal.

Gross domestic product (Produk domestik bruto / PDB)
Total pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi dalam kegiatan proses produksidi suatu negara selama satu periode (setahun).

Gross domestic product growt rate
Laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan diperoleh dengan mengurangi nilai pada tahun ke n dengan nilai pada tahun ke (n-1) di bagi dengan nilai pada tahun (n-1) dikalikan dengan 100 persen. Laju pertumbuhan PDB menunjukkan tingkat perkembangan rill dari agregat pendapatan untuk masing-masing tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Gross National Product (Produk nasional bruto)
Produk domestik bruto ditambah dengan pendapatan faktor neto dari luar negeri. Pendapatan faktor neto itu sendiri merupakan pendapatan atas faktor produksi ( tenaga kerja dan modal) milik penduduk suatu negara yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan yang sama milik penduduk asing yang diperoleh dari negara tersebut yang harus dibayarkan ke luar negeri.

Growth fund (Dana tumbuh)
Saham reksa dana yang ditanamkan pada growth stock. Tujuannya adalah untuk memberikkan apresiasi modal bagi pemegangnya untuk jangka panjang. Dana tumbuh ini biasanya lebih mudah berubah (Volatiles) dibandingkan dengan fund(dana) yang lain seperti reksa dana pasar uang(money market fund), reksa dana dengan pendapatan konservatif (conservative income fund). Dan ini naik lebih cepat pada saat pasar sedang naik dan turun lebih cepat pada saat pasar sedang merosot. Saham-saham bertumbuh menunjukkan kemungkinan memperoleh hasil yang lebih baik, ditambah keuntungan tambahan modal yang bebas pajak melalui saham bonus atau pengeluaran tunai yang baru dengan harga jauh di bawah harga pasar.

Growth stock (Saham tumbuh)
Saham yang memberikan divinden yang tidak terlalu besar, tetapi apresiasi kapitalk lebih cepat daripada perusahaan lain pada umumnya. Disamping itu, nilainnya meningkat lebih pesat dari pada saham-saham sejenis, atau berkembang lebih pesat daripada rata-rata industri.

Guarentee (Penanggung)
Pihak yang menanggung pembayaran kembali jumlah pokok dan / atau bunga emisi obligasi, atau sekuritas kredit dalam hal emiten cidera janji.

Hammering the Market (Prediksi pasar saham turun)
Keinginan untuk menjual saham karena diperkirakan akan terjadi inflasi. Spekulator yang memperkirakan pasar akan melorot dan kemudian menjual saham yang mereka miliki biar disebut hammering the market.

Hard Currency
Sebutan yang diberikan kepada beberapa mata uang valuta asing yang dalam transaksi moneter internasional mempunyai keunggulan posisi, misalnya US Dollars, Pound Sterling, Deutch Mark.

Hard Money (Uang kuat)
Mata uang yang diterima secara luas di berbagai negara di dunia. Mata uang ini biasanya dari negara yang ekonomi dan politiknya stabil seperti US. Negara-negara yang mengambil pinjaman di dalam hard money pada umumnya harus membayar kembali di dalam hard money.

Harga Jual dan Harga Beli
Penawaran terendah yang ditawarkan oleh penjual dan permintaan tertinggi yang di ajukan oleh pembeli, yang dicatat petugas Bursa pada setiap hari perdagangan.

Harga Nominal
Harga yang diberikan dan tertulis pada suatu saham atau obligasi.

Harga Pasar
Harga terakhir yang dilaporkan saat saham terjual di Bursa. Harga ini terjadi setelah saham tersebut di catatkan di Bursa, sehingga disebut juga harga di pasar sekunder.

Harga Pembukaan dan Penutupan
Harga jual dan harga beli kontrak berjangka yang dicatat selama periode pembukaaan dan penutupan pasar pada setiap hari perdagangan di Bursa berjangka.

Harga pembukaan saham PHPU, PBHU, PBHLU
Harga yang terjadi untuk transaksi yang pertama kali atas saham PHPU, PBHPU atau PBHLU pada hari pertama diperdagangkan di pasar reguler. Harga tersebut terjadi sebagai akibat dari penawaran jual atau permintaan beli yang dimasukkan di JATS oleh anggota Bursa efek pada pra pembukaan.

Harga Penyelesaian
Atau "settlement price" adalah harga yang ditetapkan bersama oleh Bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka berdasarkan suatu sistem atau formula tertentu, yang menjadi dasar perhitungan lembaga kliring berjangka dalam menentukan besarnya selisih harga yang harus diterima atau dibayar oleh anggota kliring berjangka atas setiap posisi kontrak berjangka yang didaftarkan ke lembaga kliring berjangka.

Harga Perdana
Harga pada waktu pertama kali suatu efek dikeluarkan/ ditawarkan kepada masyarakat.

Harga Permintaan/Harga Penawaran
Harga suatu surat berharga yang ditawarkan untuk dijual di bursa efek pada saat pasar perdana berlangsung atau di pasar luar bursa.

Harga Teoritis Saham
Harga yang ditetapkan oleh bursa sebagai pedoman tawar-menawar atas saham pada saat dimulainya perdagangan pertama di pasar reguler apabila harga pembukaan tidak terbentuk.

Harga Tertinggi dan Terendah
Harga transaksi kontrak berjangka tertinggi dan terendah selama hari perdagangan di bursa berjangka.

Hari Bursa
Harga diselenggarakannya perdagangan efek di bursa, yaitu senin sampai dengan jum'at, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur oleh bursa.

Hari Kerja
Hari diselenggarakannya jasa kustodian sentral oleh KSEL, yaitu Senin sampai dengan Jum'at, kecuali hari tersebut merupakan hari libur Nasional atau dinyatakan sebagai hari libur oleh KSEL.

Harmless Warrants
Waran yang diterbitkan bersamaan dengan penerbitan obligasi dan hanya dapat dipakai untuk meng-exercise obligasi baru yang diterbitkan oleh perusahaan yang sama.

Harmonized System (HS)
Sistem klasifikasi dan pengkodean suatu komoditas berdasarkan bahan mentah, jenis produk, dan kualitas barang.

Headging (Siap siaga)
Tindakan untuk membatasi atau mengurangi kemungkinan kerugian akibat berubahnya harga efek dengan menutup kontrak terlebih dahulu. Di dalam hedging dikenal put option dan call option. Put option merupakan hak untuk menjual sejumlah saham yang dimilikinya pada harga tertentu. Pembeli (pemegang) hak opsi akan membayar sejumlah free (premium) kepada penjual opsi. Call option merupakan hak untuk membeli sejumlah saham pada harga tertentu beberapa bulan mendatang.

Hearing (Dengar pendapat)
Dengar pendapat akhir antara Bapepam di satu pihak dengan emiten dan lembaga-lembaga penunjang yang terlibat di pihak lain, tentang hal-hal yang menyangkut emiten dan lembaga penunjang yang terlibat di pihak lain; tentang hal-hal yang menyangkut emiten dan lembaga penunjang emisinya sebelum suatu perusahaan.

Heavy Market ( Pasar merosot tajam)
Keadaan pasar efek yang sebagian besar efek-efeknya cenderung turun.

High Flyer (Saham risiko tinggi)
Saham yang nilainya tinggi dan sangat spekulatif, tetapi harganya sangat mudah berubah secara tajam di dalam waktu singkat.

High Premium Convertible Debenture
Obligasi jangka panjang dengan premi yang tinggi, bisa ditukar dengan saham biasa dan juga memberikan suku bunga yang cukup tinggi. Premi dalam hal ini dikaitkan dengan perbedaan antara nilai pasar dari efek yang convertible dengan nilai efek tersebut yang dapat di tukarkan (convertible) dengan saham biasa. Obligasi jenis ini sengaja didesain untuk portofolio yang berorientasi pada obligasi.

High-tech Stock (Saham teknologi tinggi)
Saham dari perusahaan yang bergerak pada bidang yang menggunakan teknologi canggih misalnya komputer, semi konduktor dan elektronik. Saham dari perusahaan teknologi tinggi biasanya memiliki pertumbuhan di atas rata-rata perusahaan lainnya, tetapi harga sahamnya sangat mudah berubah.

Highs (Saham Berdaya Tahan)
Saham yang mampu mempertahankan harga yang tinggi di dalam perdagangan saham selama satu tahun terakhir.

Hire-Purchase (Pembelian angsuran)
Pembelian barang yang pelunasannya secara berangsur, yang penyerahan dan perpindahan hak milik dilakukan setelah pelunasan angsuran terakhir, misalnya KPR BTN.

Hit The Bid
Menerima harga tertinggi yang diminta untuk suatu saham, misalnya bila penawaran harga untuk suatu saham adalah Rp.10.500, dan permintaan tertinggi adalah Rp.10.000-. Penjual yang menerima harga Rp.10.000,- disebut sebagai hit the bid.

Hold
Tak ada rekomendasi. Jangan lakukan apa pun.

Holding company (Perseroan terbatas/PT)
(1) Perusahaan yang memiliki saham dengan hak suara yang cukup di dalam perusahaan lain untuk mempengaruhi dewan direksi sehingga ia dapat mengendalikan kebijaksanaan dan manajemen perusahaan tersebut suatu holding company harus memiliki 80% atau lebih saham dengan hak suara dari anak perusahaannya. Di antara keuntungan holding company di dalam melakukan merger adalah kemampuannya untuk mengendalikan operasi suatu perusahaan dengan investasi kecil.

Holding The Market
Memasuki pasar dengan amanat beli yang cukup dengan tujuan untuk mencegah kecendrungan harga yang semakin menurun dari suatu saham.

Horizontal Price Movement (pergerakan harga horizontal)
Suatu gerakan harga yang berada di dalam batas-batas yang sempit di dalam masa yang cukup lama misalnya 6 bulan atau lebih. Suatu saham bisa anggap berada dalam gerakan yang horizontal apabila harganya berkisar antara Rp 10.000,- S/d 11.000,- selama lebih dari 6 bulan.

Hospital Revenue Bond
Suatu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah atau badan pemerintah tertentu dengan tujuan untuk membiayai pembangunan suatu rumah sakit. Apabila pembangunan rumah sakit tersebut telah selesai pengelolaannya diserahkan kepada organisasi non profit seperti yayasan, misalnya.

Hot Issue
Penerbitan saham baru yang banyak diminati masyarakat. Biasanya, harganya melonjak pada saat pertama kali ditawarkan kepada masyarakat karena permintaannya lebih tinggi dari penawaran.

Housing Bond
Obligasi jangka pendek atau jangka panjang yang diterbitkan oleh badan perumahan setempat. Obligasi jangka pendek digunakan untuk membiayai pembangunan jangka pendek digunakan untuk membiayai pembangunan jangka pendek proyek perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Sedang obligasi jangka panjang digunakan untuk membiayai proyek-proyek jangka panjang di bidang perumahan, gedung, proyek lainnya yang berkaitan dengan perumahan. Di Amerika Serikat obligasi ini bebas pajak baik pajak yang dikenakan pemerintah pusat maupun pemerintah setempat.

Hung Up
Suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan posisi dari seorang pemodal yang memiliki saham atau obligasi yang nilainya jatuh di bawah harga belinya sehingga apabila efek tersebut dijual dia akan mengalami kerugian.

Hypothecation of Securities (Sekuritas tergadah)
Menggadaikan efek kepada broker sebagai pinjaman yang digunakan untuk membeli efek atau menutup short sales. Bila jaminan yang sama dijaminkankepada bank untuk memperoleh pinjaman kepadabroker yang bersangkutan disebut rehypothecation.

Idle Money
Uang atau sumber dana yang dimiliki tidak dipergunakan/ dimanfaatkan untuk keperluan produktif.

Import (Impor)
Barang dan jasa yang dibeli dari suatu negara dan digunakan di dalam negeri. Termasuk barang fisik dan jasa. Impor dinilai atas dasar harga pasar pada saat terjadi transaksi. Biasanya impor dicatat secara FOB. Hal ini yang menyebabkan timbulnya arus kluar mata uang asing dari dalam negeri.

Import Duties (Bea masuk)
Pajak yang diterapkan pemerintah pada barang-barang impor sebagai suatu cara melindungi industri domestik dari kompetisi asing, yang tujuannya membantu menghemat devisa suatu negara dan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah.

Importir
Perorangan atau badan usaha yang melakukan perdagangan dengan cara memasukkan barang atau jasa dari luar ke dalam wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Income Bond (Obligasi pendapatan)
Obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan bersangkutan memperoleh laba dan bunga tersebut lazim dibayar mendahului pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Indeks Future
Suatu perjanjian untuk membeli dan menjual suatu indeks efek sebagai variabel pokok guna penyelsaian di waktu yang akan datang pada harga sesuai dengan harga yang terjadi di bursa dengan mewajibkan setiap pihak untuk memenuhi perjanjian tersebut pada saat jatuh tempo.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Indikator gabungan dari pergerakan harga seluruh saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta; baik saham biasa maupun saham preferen. Hari dasar perhitungan IHSG adalah tanggal 10 Agustus 1982 dengan nilai 100.

Indenture (Perjanjian perwaliamanatan)
Surat perjanjian bermaterai antara beberapa pihak, yang masing-masing pihak menerima tembusan perjanjian tersebut.

Index (Indeks)
Indikator utama yang menggambarkan pergerakan harga saham di bursa efek, yang dihitung berdasarkan nilai pasar (Kapitalisasi pasar) dibagi nilai dasar.

Inflasi
Perubahan harga barang dan jasa dalam satu periode. Umumnya inflasi diukur dengan perubahan harga kelompok barang dan jasa yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat, seperti tercermin pada perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK). Dari faktor yang mempengaruhinya, inflasi total disebabkan oleh perubahan harga dari sisi permintaan (Inflasi inti) dan dari sisi penawaran (inflasi non-inti). Inflasi total sering disebut pula dengan head line inflation.

Inflasi Inti
Inflasi yang konsisten dengan kondisi fundamental ekonomi secara langsung dapat dipengaruhi oleh kebijakan moneter. Inflasi inti sering disebut pula dengan core inflation atau underlyng inflations.

Inflasi non-inti
Inflasi yang disebabkan oleh gangguan dari sisi penawaran dan berada di luar kendali otoritas moneter. Inflasi non-inti sering disebut pula dengan inflasi sesaat atau noises inflation

Inflow
Uang yang diedarkan aliran masuk uang kartal ke Bank Indonesia.

Info Memo
Dokumen tertulis yang memuat seluruh seluruh informasi di dalam prospektus Awal dan informasi tambahan lain yang tidak bersifat material, jika ada, dan ditulis dalam bahasa lain selain bahasa Indonesia, serta dapat dibuat dalam format yang berbeda.

Informasi atau Fakta Material
Informasi atau fakta penting dan relavan mengenai peristiwa, kejadian, atau fakta yang dapat mempengaruhi harga efek pada bursa efek dan atau keputusan pemodal, calon pemodal, atau pihak lain yang berkepentingan atas informasi informasi atau fakta tersebut.

Inkaso
Jasa penagihan atas warkat Bank lain milik nasabah yang tidak dapat diselesaikan dengan cara penagihan melalui kliring atau di luar negeri.

Inscribed stock (Saham termaktub)
Saham yang sudah didaftarkan dipasar modal baik yang sudah terjual maupun yang belum.

Inside information (Informasi orang dalam)
Informasi penting dan relavan yang dapat mempengaruhi harga efek, yang dimiliki orang dalam (Insider) dan informasi tersebut belum terbuka untuk umum.

Insider (Orang dalam)
(1) Seorang Komisaris, Direktur, Pegawai perusahaan atau perusahaan Afiliasinya. (2) Pemegang saham Utama di dalam perusahaan atau perusahaan Afiliasi. (3) Orang yang oleh kedudukannya atau hubungan pada perusahaan atau perusahaan Afiliasi mengetahui informasi orang dalam, atau (4) Orang yang dalam waktu 6 bulan sejak tidak lagi merupakan orang sebagai dimaksud dalam huruf 1, 2, atau 3.

Insolvency (Ingkar bayar)
Tidak mampu membayar atau memenuhi kewajiban keuangan pada saat jatuh tempo.

Installment credit (Kredit angsuran)
Kredit yang jadwal waktu dan jumlah angsurannya ditetapkan.

Integritas keuangan
Kemampuan keuangan dari perusahaan atau orang perseorangan diukur dari modal dan/ atau kekayaan yang dimiliki sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan serta ketaatan yang bersangkutan dalam membayar semua kewajiban dibidang keuangan, terutama pembayaran pajak.

Interest bond (Obligasi bunga)
Obligasi yang diterbitkan karena kurangnya uang tunai untuk membayar bunga obligasi lain.

Interest rate and inflation (suku bunga dan inflasi)
Suatu dewan mata uang yang ortodoks tidak berusaha mempengaruhi suku bunga dengan cara menetapkan suatu suku bunga dengan cara menetapkan suatu suku bunga diskonto; sebagaimana biasanya dilakukan suatu bank sentral. Nilai tukar yang tetap dengan mata uang acuan mendorong kecendrungan untuk mempertahankan suku bunga dan inflasi pada negara dewan mata uang tersebut kurang lebih sama dengan negara yang menjadi acuan mata uangnya.

Interest rate risk
Risiko yang muncul akibat pergerakan suku bunga. Hal ini karena setiap pergerakan suku bunga. Hal ini karena setiap pergerakan suku bunga akan mengakibatkan

Interim bond (Sertifikat pengganti sementara)
Sertifikat sementara yang dikeluarkan sebagai pengganti obligasi yang asli yang akan dikeluarkan. Sertifikat tersebut dapat ditukarkan pada saat obligasi diterbitkan.

Interim dividend ( Dividen sementara)
Dividen yang dibayarkan terlebih dahulu kepada pemegang saham, sebelum rapat umum pemegang saham memutuskan besar dividen untuk tahun yang bersangkutan.

Internal rate of return (Tingkat hasil intern)
Tingkat nilai pengembalian yang berasal dari dana yang digunakan dalam suatu proyek atau kegiatan tertentu.

International trade (Perdagangan Internasional)
Perdagangan barang dan jasa yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Perdagangan Internasional terdiri dari ekspor dan impor.

Investasi komoditas
Investasi yang objek investasinya adalah komoditas (dalam arti barang). Investasi komoditas sering disebut perdagangan berjangka (Future trading).

Investasi pada pasar modal
Investasi yang bisa berupa surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan, seperti saham, obligasi, waran, opsi, dan surat berharga lainnya.

Investasi pada Sektor Riil
Investasi yang diwujudkan dalam pendirian pabrik atau pembukaan perkebunan, pertambangan dan lainnya dalam bentuk fisik (riil).

Investment (Investasi)
Penggunaan modal untuk memperoleh tambahan pendapatan baik melalui investasi yang menghasilkan barang dan jasa maupun melalui penanaman modal tidak langsung yang menghasilkan capital gain.

Investment fund (Reksa dana)
Emiten yang kegiatan utamanya melakukan investasi, investasi kembali atau perdagangan efek.

Investment stock (Sekuritas investasi)
Saham yang diterbitkan atas dasar perjanjian investasi, pada sahamnya tersebut biasanya dicantumkan larangan untuk menjual/memindah tangankan.

Investor (Pemodal)
Perorangan atau lembaga menanamkan dananya dalam efek perusahaan tertentu.

Irrevocable credit, Irrevicable -letter of credit
Surat kredit yang tidak dapat diubah atau ditarik kembali atau dibatalkan tanpa persetujuan dari semua pihak yang berkepentingan.

Irrevocable letter of credit (Surat kredit tidak dapat ditarik kembali)
Surat kredit yang tidak dapat diubah atau ditarik kembali atau dibatalkan tanpa persetujuan dari semua pihak yang berkepentingan.

Issue (Penerbitan)
Penerbitan saham/obligasi suatu perusahaan pada waktu tertentu, misalnya kalau perusahaan yang bersangkutan "Go public" ataupun kalau perusahaan memerlukan tambahan modal.

Issuer (Penerbitan efek)
Badan usaha perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan efek melaui pasar modal untuk memenuhi kebutuhan dananya

Issuing houses (Lembaga penerbit)
Badan yang mengeluarkan dan menjual surat-surat berharga.

Jasa-jasa Pedagang Informal
Usaha yang dijalankan perorangan seperti antara lain pelayanan pembantu rumah tangga (pramuwisma), pramuniaga, pramusaji, tukang kebun, sopir, tukang bagu, tukang kayu, tukang urut, jasa pemondokan, jasa rantangan, dan lain-lain yang dilaksanakan dalam skala kecil.

JASICA (Jakarta Stock Exchange Industrial Classification)
Indeks sektoral BEJ atau sub indeks dari IHSG yang mengklasifikasikan semua saham yang tercatat ke dalam sembilan sektor menurut klasifikasi industri yang telah ditetapkan BEJ.

JATS (Jakarta Automated Trading System)
Sistem perdagangan efek yang berlaku dibursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

JATS Trader
Direktur atau pegawai anggota bursa efek yang telah memiliki izin orang perseorangan dari Bapepam sebagai wakil perantara pedagang efek dan telah memproleh surat persetujuan JATS Trader (SP-jats) dari bursa untuk mewakili anggota bursa efek dalam melaksanakan perdagangan efek di bursa.

JII (Jakarta islamic indeks)
Indeks yang dibuat berdasarkan syariah islam dan akan di evaluasi setiap 6 bulan.

Jobber (pembentuk pasar)
Pedagang besar yang yang membeli barang-barang dalam jumlah kecil dari produsen, importiratau pedagang besar lainnya, dan selanjutnya dijual kepada pengecer. Di London Stock Exchange jobber disebut pembentuk pasar (Market maker).

Joint Account
Suatu penggabungan kepentingan dua pihak untuk membuka rekening bersama dengan ketentuan bahwa setiap transaksi harus sepengetahuan dan ditanda tangani oleh dua pihak tersebut.

Joint Bond (Obligasi jaminan induk)
Obligasi yang mempunyai lebih dari satu perusahaan untuk menjamin perlunasan obligasi yang diterbitkan anak perusahaannya.

Joint Ventura (Usaha patungan )
Persetujuan di antara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerja sama di dalam suatu proyek, seringkali suatu joint ventura dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi ingin menciptakan barang dan jasa yang akan saling memperkuat posisi masing-masing perusahaan. Suatu joint ventura biasanya dibatasi pada suatu proyek.

Jumlah Ganti Rugi
Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pialang berjangka berdasarkan keputusan badan peradilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Junior Security (sekuritas yunior)
Obligasi atau hipotek yang dijamin dengan harta benda yang telah dibebani satu atau obligasi yang telah diterbitkan lebih dahulu.

Junk Bond (Obligasi berisiko)
Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan tanpa catatan yang jelas tentang penjualan dan keuntungan atau reputasinya masih dipertanyakan.

Kaffirs
Istilah yang digunakan di inggris yang berhubungan dengan saham dari perusahaan tambang emas di Afrika Selatan. Saham ini diperdagangkan di pasar luar bursa di Amerika serikat di dalam bentuk American Depository Receipt(ADR) yang memiliki hak terhadap surat saham yang disimpan di suatu bank asing. Di bawah peraturan yang berlaku di Afrika Selatan, kaffirs harus membayar sebagian besar dari keuntungan kepada pemegang saham dalam dividen.

Kantor Cabang Perusahaan
Perusahaan yang merupakan unit atau bagian dari perusahaan induknya yang berkedudukan di tempat yang berlainan dan dapat bersifat berdiri sendiri untuk melaksanakan sebagian tugas dari perusahaan induknya.

Kantor Perwakilan Perusahaan
Suatu perusahaan yang dikelola oleh perorangan, yang ditunjuk untuk melakukan promosi dan riset pasar mewakili kepentingan perusahaan yang menunjuknya.

Kantor Pusat Operasional Perusahaan (Company Head Quarters)
Suatu perusahaan yang oleh perusahaan induk/ kantor pusatnya ditugaskan untuk melayani kantor-kantor cabang atau jaringan dari perusahaan induk/ kantor pusat tersebut.

Kecakapan Profesi
Keahlian manajemen perusahaan dan / atau kemampuan untuk membuat analisis tentang perkembangan serta prospek ekonomi dan politik yang berpengaruh terhadap perdagangan komoditi.

Kicker
Menambah daya tarik obligasi dengan menawarkan kemungkinan partisipasi di dalam modal sendiri (equity partipation). Misalnya, suatu obligasi bisa ditukar (Convertible) dengan saham bila mencapai harga tertentu. Ini akan membuat lebih menarik bagi pemodal karena pemegang obligasi punya potensi untuk mendapat keuntungan dari saham di samping mendapat pembayaran bunga. Contoh lain dari equity kickers adalah right dan warrant. Kickers sering disebut juga, pemanis (Sweeteners).

Killer Bees
Mereka yang membantu suatu perusahaaan untuk menghindari tawaran pengambil alihan. Killer bees biasanya adalah lembaga keuangan bukan bank yang menggunakan cara agar perusahaan yang di ambil alih (target company) tidak menarik dan lebih sulit untuk diambil alih.

Kitting
Usaha untuk mendorong kenaikan harga saham melalui manipulasi perdagangan seperti menciptakan aktivitas perdagangan yang dibuat-buat oleh pembeli dan penjual yang bekerja sama dengan menggunakan dana yang sama.

Klien
Pihak yang mendapatkan nasihat dari penasihat berjangka mengenai jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka, dengan membayar imbalan atas jasa (nasihat) yang diterimanya.

Komiditi
Barang dagangan yang menjadi subjek kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka.

Komite Audit
Suatu komite utama dari dewan direksi suatu perusahaan. Komite ini biasanya terdiri atas orang-orang luar yang mencalonkan para auditor independen dan menanggapi laporan dan penemuan auditor. Hal-hal yang oleh para auditor dianggap seharusnya menjadi perhatian para pemegang saham harus segera dibawa ke komite audit. Komite ini dibentuk oleh Dewan Komisaris Perusahaan Tercatat dalam melakukan pemeriksaan atau penelitian yang dianggap perlu terhadap pelaksanaan fungsi direksi dalam pengelolaan perusahaan tercatat.

Komite Pencatatan Efek
Komite yang dibentuk oleh bursa yang anggotanya dirunjuk oleh bursa berdasarkan keahliannya, yang bertugas untuk memberikan pendapat kepada bursa baik diminta maupun tidak diminta yang berkaitan dengan pencatatan efek perusahaan tercatat di bursa.

Konsolidasi (Istilah pasar modal)
Penguatan trend yang tertahan akibat adanya aksi profit taking, namun pada umunya harga saham akan bergerak naik (atau sebaliknya).

Kontrak
Perjanjian tertulis antara dua pihalk atau lebih untuk melakukan atau tidak melakukan perbuatan hukum tertentu yang didalamnya mengatur tugas, hak dan kewajiban pihak yang bersangkutan.

Kontrak Berjangka
Suatu bentuk kontrak standar untuk membeli atau menjual komoditi dalam jumlah, mutu, jenis, tempat, dan waktu penyerahan di kemudian hari yang telah ditetapkan; dan termasuk dalam pengertian kontrak berjangka ini adalah opsi atas kontrak berjangka.

Kontrak Investasi Kolektif
Kontrak antara manajer investasi dan bank kustodian yang mengikat pemegang unit penyertaan, yang memberikan wewenang kepada manajer investasi untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan bank kustodian untuk melaksanakan penitipan kolektif.

KPEI (PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia)
Perseroan yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam sebagai lembaga Kliring dan penjaminan dan bertujuan memberikan jasa Kliring dan penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 angka 9 Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 8 tahun 1995.

Kredit Investasi
Kredit jangka menengah atau panjang yang tujuannya untuk pembelian barang modal dan jasa yang diperlukan untuk rehabilitasi, modernisasi, perluasan, proyek penempatan kembali dan / atau pembuatan proyek baru.

Kredit Konsumsi
Kredit perorangan untuk tujuan nonbisnis, termasuk kredit pemilikan rumah. Kredit konsumsi biasanya digunakan untuk membiayai pembelian mobil atau barang konsumsi barang tahan lama lainnya. Utang hipotek atau persetujuan penjualan yang dijamin oleh harta berwujud seperti tanah dan bangunan tempat tinggal juga termasuk dalam kategori ini.

Kredit Modal Kerja
Kredit ini diberikan untuk membiayai modal kerja. Modal kerja adalah jenis pembiayaan yang diperlukan oleh perusahaan untuk operasi perusahaan sehari-hari.

Kreditur Awal (Originator)
Pihak yang telah mengalihkan aset keuangannya kepada para pemegang Efek beragun Aset secara kolektif di mana aset keuangan tersebut diperoleh pihak yang bersangkutan karena pinjaman, penjualan, dan pemberian jasa lain yang berkaitan dengan usahanya.

KSEI (PT Kustodian Sentral Efek Indonesia)
Perseroan yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam sebagai lembaga yang menyelenggarakan kegiatan Kustodian Sentral bagi Bank Kustodian, perusahaan efek dan pihak lain sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 angka 10 Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 8 Tahun 1995.

Lands Grant Bonds (Obligasi jaminan hipotik)
Obligasi yang dikeluarkan oleh badan pemerintah dengan jaminan hipotik atas tanah (estates) yang diserahkan guna kelangsungan pembayaran bunga dan atau pokok pinjaman.

Laporan Akuntan Publik
Suatu dokumen dari seorang akuntan publik yang bebas, yang telah mendapat izin usaha dari menteri keuangan. Dalam laporan tersebut dinyatakan luasnya pemeriksaan yang telah dilakukannya dan pendapatnya mengenai laporan keuangan secara keseluruhan. Laporan Akuntan dapat juga memuat suatu pernyataan bahwa pendapat secara keseluruhan tidak dapat diberikan, alasannya harus dicantumkan.

Laporan Arus Kas
Laporan pergerakan kas perusahaan untuk menggambarkan sumber kas serta kebutuhan perusahaan dalam mempergunakan arus kas dalam suatu periode tertentu.

Laporan Audit
Pernyataan resmi pemeriksa buku berdasarkan fakta yang ditemukannya dalam penelitian pembukuan perusahaan.

Laporan Perubahan Laba Ditahan
Laporan yang menggambarkan hasil usaha perusahaan (net income after tax) secara kumulatif untuk tahun ini dan sebelumnya.

Laporan Rugi Laba
Laporan yang mencatat aktivitas operasi perusahaan melalui indikator penghasilan dan biaya dalam suatu periode tertentu.

Lease (Sewa guna)
Perjanjian sewa menyewa mengenai tanah, gedung, atau peralatan modal selama jangka waktu tertentu dengan pembayaran sewa berkala, termasuk kewajiban pemilik seperti pajak, pengusutan dan asuransi.

Leasing (sewa guna usaha)
Penyewa guna usaha pada akhir masa kontrak mempunyai hak opsi untuk membeli objek sewa guna usaha berdasarkan nilai sisa yang disepakati bersama.

Leasing Company (Perusahaan sewa guna usaha)
Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara finance lease maupun operating lease untuk digunakan oleh penyewa guna usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Legal Consultant (Konsultan hukum)
Ahli hukum yang memberikan dan menandatangani pendapat hukum mengenai emisi dan emiten.

Legal opinion (Pendapat hukum)
Suatu pernyataan mengenai aspek hukum tentang emisi atau emiten, yang dibuat berdasarkan tinjauan dan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh konsultan.

Lembaga Kliring berjangka
Badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan transaksi kontrak berjangka yang terjadi di bursa berjangka dan didaftarkan padanya.

Lembaga Perdagangan
Suatu Institusi / badan yang dapat berbentuk perorangan atau badan usaha baik sebagai eksportir, importor, pedagang besar, pedagang pengecer, atau pun lembaga-lembaga perdagangan lain yang sejenis, yang di dalam tatanan pemasaran barang dan/atau jasa, melakukan kegiatan perdagangan dengan cara memindahkan barang atau jasa baik langsung maupun tidak langsung dari produsen sampai pada konsumen.

Lessor (Pemberi sewa guna)
Pihak yang menyewakan dalam perjanjian sewa guna.

Letter of Allotment (Surat penjatahan)
Surat yang menyatakan pemberian jatah saham yang disampaikan kepada calon pembeli.

Letter of Lien (Surat hak gadai)
Surat tuntunan pembayaran atas harta yang digadaikan.

Letter of Renunciation (Surat pelepasan hak)
Dokumen yang menyatakan pengalihan hak dari seseorang yang memperoleh jatah saham kepada orang lain yang menghendakinya.

Leverage
Kemampuan untuk memungkinkan membuat keuntungan yang besar atau menderita kerugian yang besar dengan penempatan uang (margin) dalam jumlah yang kecil.

Leverage Buyout
Pengambilalihan suatu peusahaan yang menggunakan uang pinjaman. Sering kali aset dari perusahaan yang akan diambil alih dijadikan jaminan untuk pinjaman tersebut dan pinjaman tersebut dibayar dari pendapatan perusahaan yang akan diambil alih (target company).

Leverage Company
Perusahaan dengan utang yang berlebihan dibandingkan dengan jumlah modal sendiri di dalam komposisi modalnya.

Leverage Stock
Saham yang dibiayai dengan pinjaman sebagaimana halnya margin account.

Liabilities (utang-utang)
sesuatu yang merupakan utang atau kewajiban perorangan atau perusahaan.

Licence (lisensi/izin usaha)
Izin untuk menjalankan kegiatan usaha dibidang efek yang dikeluarkan berdasarkan keputusan yang diberikan Bapepam kepada bursa berjangka, Lembaga Kliring berjangka, pialang berjangka, penasihat berjangka, dan pengelola sentra dana berjangka.

Limit Order (amanat terbatas)
Amanat jual / beli efek tertentu dari suatu perusahaan yang dilaksanakan pada batas harga yang ditetapkan atau amanat jual beli sekuritas pada batas harga tertentu.

Lindung Nilai
Tindakan mengambil posisi di pasar berjangka yang berlawanan dengan posisi yang dimilikinya di pasar fisik; dengan tujuan untuk mengurangi hingga sekecil-kecilnya risiko kerugian yang mungkin dihadapinya karena perubahan harga di pasar fisik yang tidak menguntungkannya.

Liquid Asset (aset likuid)
Aset yang berbentuk uang kas atau yang mudah ditukar menjadi uang kas.

Liquidation (Likuidasi)
Tindakan yang dilakukan untuk "menutup" atau menghapus posisi terbuka kontrak berjangka dengan cara melakukan transaksi sejumlah posisi yang sama namun pada posisi yang dimiliki sebelumnya; sebelum ajtuh tempo.

Liquidator (Likuidator)
Seseorang yang ditugaskan untuk menyelsaikan hal-hal yang berhubungan dengan likuidasi suatu perusahaan.

Liquidity (Likuidas)
Karakteristik suatu efek atau komuditi yang jumlahnya cukup banyak di dalam peredaran, sehingga memungkinkan untuk dilakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa harus menyebabkan turunnya harga efek.

Liquidity Ratio (rasio likuiditas)
Ukuran kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendek.

Liquidity Risk (risiko likuidits)
Risiko yang muncul apabila counter party tidak dapat memenuhi kewajiban bayar-membayar yang menyebabkan pihak penerima data mengalami kesulitan likuiditas.

Listed Option (hak terdaftar)
Put atau call option yang telah mendapat izin untuk diperdagangkan di bursa efek dann siap untuk diperdagangkan di bursa efek.

Listed Security (sekuritas tercatat)
Saham atau obligasi yang telah tercatat di bursa efek dan siap untuk diperdagangkan.

Listed Stock/Share (Saham tercatat)
Saham yang telah mendapat persetujuan SEC atau Bapepam di Indonesia untuk diperdagangkan pada bursa efek.

Listing (Pencatatan)
Pencatatan efek di bursa efek agar efek tersebut dapat diperdagangkan. Pencatatan efek dapat dilakukan apa bila perusahaan yang menerbitkan efek tersebut memperoleh izin untuk go public.

Loan (pinjaman)
Sejumlah uang yang dipinjamkan dengan syarat tertentu, seperti jangka waktu dan bunga tertentu.

Loan Shark (lintah darat)
Orang atau badan yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi sekali, dengan menarik manfaat dari kelemahan dan kesulitan hidup peminjam.

Loanable Fund (dana boleh pinjam)
Dana bank yang dapat dipinjamkan kepada pihak ketiga.

Long Bond (obligasi jangka panjang)
Obligasi yang jatuh temponya lebih dari 10 tahun

Long Position (Posisi beli)
Kedudukan seorang spekulan beli dalam keadaan membeli saham lebih banyak.

Long tern loan (Pinjaman jangka panjang)
Kredit yang diberikan dengan jangka waktu lebih dari tiga tahun

LQ-45
Indeks di Bursa Efek Jakarta yang terbentukdari 45 saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar tertinggi, yang diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan, dengan evaluasi setiap 6 bulan sekali.

M1
Kewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang kartal dan uang giral. M1 sering disebut sebagai uang bredar dalam arti sempit (narrow money).

M2
Kewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang kartal, uang giral, dan uang kuasi. M2 sering disebut sebagai uang beredar dalam arti luas (Broad money) atau likuiditas perekonomian.

Main Distributor (Distributor utama)
Perorangan atau badan usaha yang bertindak atas namanya sendiri yang ditunjuk oleh pabrik atau pemasok untuk melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran barang dalam partai besar secara tidak langsung kepada konsumen akhir terhadap barang yang dimiliki/dikuasai oleh pihak lain yang menunjuknya.

Main Supplier (Pemasok besar)
Perorangan atau badan usaha yang bertindak atas namannya sendiri secara teratur memenuhi kebutuhan pihak-pihak lain tersebut membelinya dengan tujuan untuk dijual kembali atau digunakan dalam kegiatan usahanya.

Mall Transfer (Transfer pos)
Transfer dengan pos.

Manager Investment (Manajer investasi)
Pihak yang kegiatan usahanya mengelola potfolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Managing Lead Underwriter (penjamin utama emisi efek)
Penjamin emisi efek baik sendiri-sendiri atau bersama-sama bertanggung jawab atas penyelengaraan suatu penawaran umum.

Manipulation (Manipulasi)
Tindakan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam waktu bersamaan menguasai sebagian besar persediaan komoditi secara fisik dan kontrak berjangka pada posisi beli. Tindakan tersebut dapat menyebabkan situasi pasar di mana jumlah pasokan komoditi secara fisik menjadi langka sehingga harga komoditi tersebut melonjak dan mempengaruhi harga yang terjadi di bursa berjangka, yang juga akan meningkat di atas normal yang tidak mencerminkan keadaan pasokan dan permintaan yang sebenarnya.

Margin (Marjin)
(1) Sejumlah dana yang wajib disetorkan kepada perusahaan efek dan dijaga nilainya oleh nasabah agar tetap memperoleh fasilitas pembiayaan / penjualan efek, (2) Sejumlah uang dan / atau surat berharga tertentu yang harus disetorkan oleh nasabah kepada pialang berjangka, atau oleh anggota kliring berjangka; atas setiap amanat nasabah yang ditempatkan kepada pialang berjangka, dan sebagai jaminan pelaksanaan transaksi kontrak berjangka yang dibuat berdasarkan amanat tersebut.

Margin Buying (Pembelian marjin)
Pembelian efek yang sebagian atau seluruh harga pembeliannya dibayar dengan uang pinjaman yang dijamin dengan efek termaksud.

Margin Call (Beli dengan jaminan)
Permintaan broker pada nasabahnya untuk menyetor uang atau sekuritas sampai dengan jumlah tertentu. Tujuannya adalah apabila nasabah cidera janji, maka simpananya bisa dicairkan.

Market Maker (Pembentuk pasar)
Pembentuk pasar adalah pedagang efek di bursa yang memelihara likuiditas efek dengan cara membeli dan menjual efek tertentu di pasar skunder.

Market Price (harga pasaran)
Nilai pasaran sekuritas atau komoditas lainnya yang ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran pasar.

Market Risk (risiko pasar)
Risiko sekuritas atau harta lain karena tidak dapat dijual atau digadaikan dengan harga yang pantas pada saat pemiliknya membutuhkan uang.

Market Value (Nilai pasar yang wajar)
Nilai suatu efek dengan harga jual yang yang wajar sesuai kriteria dan ditentukan oleh ketua Bapepam.

Marketable Parcel
Harga yang berlaku untuk membeli atau menjual sebuah surat berharga di pasar bebas.

Maturity Date (Tanggal jatuh tempo)
Saat dimana jumlah pokok pinjaman sudah jatuh tempo perlunasannya misalnya wesel(note), cerukan (draft) obligasi atau instrumen utang lainnya.

Maturity Swaps
Pertukaran jatuh tempo antara satu obligasi dengan obligasi lain yang dapat menciptakan keuntungan karena harga yang menurun dari obligasi yang jatuh temponya lebih lama.

Menggoreng Saham
Mempermainkan dengan sengaja untuk mempengaruhi permintaan dan penawaran saham guna mendongkrak harga yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang (sering disebut sebagai bandar) lihat juga saham gorengan.

Merger
Suatu penyatuan dua perusahaan atau lebih, dimana unit yang dominan menyedot unit yang pasif, dan unit yang dominan ini meneruskan kegiatan bisnisnya di bawah nama yang sama. Berlawanan dengan merger, dalam suatu konsolidasi (atau peleburan usaha), dua unit bergabung dan diganti dengan suatu perusahaan baru, biasanya dengan nama baru pula.

Modal
Uang atau benda yang ditanamkan dalam suatu usaha untuk dikelola lebih lanjut secara produktif.

Modal Bersih yang Disesuaikan
Jumlah harta lancar setelah dikurangi dengan seluruh jumlah utang, dan dikurangi pengurangan modal.

Monetary Policy (Kebijakan moneter)
Sengaja dirancang suatu dewan mata uang tidak mempunyai kekuatan untuk memilih. Cara kerjanya secara keseluruhan pasif dan otomatis. Fungsi utama suatu dewan mata uang adalah menukarkan mata uang kertas dan koin dengan mata uang acuan pada tingkat tetap. Suatu dewan mata uang yang ortodoks tidak meminjamkan kepada pemerintah negaranya, perusahaan, atau bank domestik. Dalam suatu sistem dewan mata uang, pemerintah membiayai anggarannya hanya dengan pajak atau pinjaman-tidak dengan mencetak uang, yang bisa menyebabkan inflasi.

Money Charger (Pedagang Valuta asing)
Perusahaan bukan bank devisa yang memperoleh izin Bank Indonesia, untuk memperjualbelikan valuta asing, seperti uang kertas bank, uang logam, cek bank, dan cek bepergian, perusahaan tersebut tidak boleh melakukan pengiriman uang dan menagih sendiri ke luar negeri.

Money Market (Pasar uang)
Pasar untuk perdagangan dana jangka pendek, berupa surat berharga yang berjangka waktu tidak melebihi 360 hari.

Money Market Mutual Fund (Reksa dana pasar uang)
Wadah investasi yang berisi dana dana dari sejumlah investor di mana uang di dalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh pasar uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia, Sertifikat Deposito, Deposito berjangka, dan obligasi jangka pendek.

Money Order (Surat perintah pembayaran)
Surat yang memuat perintah dari suatu kantor lain, agen suatu bank, kantor pos, atau lembaga keuangan untuk membayar sejumlah uang kepada penerima pembayaran, yang ditunjuk di dalam SPP.

Mortgage (Hipotek)
Penyerahan secara tertulis mengenai hak atas harta tak bergerak untuk menjamin pembayaran suatu utang dengan ketentuan bahwa penyerahan itu akan dibatalkan pada waktu pembayaran. Istilah terkait, endowment mortgage (hipotek endomen), yakni perjanjian tentang pemberian jaminan, equitable mortgage (hipotek saksama), yakni hak tanggungan atas barang tidak bergerak dengan jaminan tetap dimiliki dan dikuasai debitur atas saling percaya dari kedua pihak (memorandum pembebanan tanpa akta).

Multi Level Marketing (Penjualan berjenjang)
Suatu cara atau metode penjualan secara berjenjang kepada konsumen melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh perorangan atau badan usaha yang memperkenalkan barang dan/atau jasa tertentu kepada sejumlah perorangan atau badan usaha lainnya secara berturut-turut yang bekerja berdasarkan komisi atau iuran keanggotaan yang wajar.

Multilated Cheque (cek rusak)
cek yang rusak karena lusuh atau sobek sehingga tidak laik bayar

Multiple Exchange Rate (nilai tukar beraneka)
Kurs devisa yang ditetapkan berbeda-beda untuk berbagai penggunaan.

Mutual Fund Reksa dana)
(1) Sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah uang kepada pengelola reksa dana (disebut manajer investasi), untuk digunakan sebagai modal disesuai dengan kebijaksanaan investasi yang ditetapkan, (2) Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Mutual Insurance Company (Perusahaan Asuransi Bersama)
Perusahaan asuransi yang pemiliknya adalah para pemegang polis asuransi yang diterbitkanoleh perusahaan tersebut, dan keuntungan yang diperoleh pada setiap periodenya akan diberikan kepada mereka dengan cara menambahkan bonus polis-polis mereka.

Naked Warrants
Waran yang diterbitkan secara tersendiri dan bukan merupakan bagian dari penerbitan obligasi/saham. Waran ini dapat diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan atau apapun oleh pihak ketiga seperti investment bank.

Nasabah
Pihak yang melakukan transaksi kontrak berjangka melalui rekening yang dikelola oleh pialang berjangka.

National Income (Pendapatan Nasional)
Produk nasional bersih atas dasar biaya faktor produksi.

Negotiated Market (pasar bernegosiasi)
Pasar tempat transaksi jual-beli efek secara langsung antara pembeli dan penjual sehingga terbentuk harga.

Net Aset Value (NAV) (nilai aktiva bersih dari reksa dana)
Nilai pasar yang wajar dan kekayaan lain dari reksadana dikurangi seluruh kewajibannya.

Net Domestic Asset (NDA)
Tagihan bersih otoritas moneter atau sektor moneter kepada sektor swasta domestik. NDA otoritas moneter terdiri dari tagihan bersih kepada pemerintah (NGG), kredit likuiditas Bank Indonesia (KLB), bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI), tagihan lainnya bersih (net claim on government / NCC), tagihan kepada sektor usaha, dan lainnya bersih (NOI).

Net Inflow
Uang yang diedarkan inflow lebih besar dari outflow.

Net Interest Margin (NIM)
Selisih nominal antara pendapatan bunga dengan biaya bunga.

Net International Reserve (NIR)
Tagihan bersih otoritas moneter kepada sektor luar negeri yang terdiri dari liquid reserve (seperti securities, foreign deposit, gold, bank notes), dan other reserve (seperti export drafts). NIR sering disebut sebagai cadangan devisa bersih pemerintah.

Net National Product
Produk nasional neto merupakan produk nasional bruto dikurangi dengan seluruh penyusutan atas barang-barang modal tetap yang digunakan dalam proses produksi selama satu periode (setahun).

Net National Product at Factor Cost
Produk nasional neto atas dasar biaya faktor produksiadalah produk nasional neto atas dasar harga pasar dikurangi dengan pajak tidak langsung neto merupakan pajak tidak langsung dipungut pemerintah dikurangi dengan subsidi pemerintah. Baik pajak tidak langsung maupun subsidi, kedua-duanya dikenakan terhadap barang dan jasa yang diproduksi atau dijual.

Net Present Value (Nilai kini bersih)
Selisih antara nilai kini arus dana dengan biaya investasi.

Net Worth
Jumlah dari modal disetor, cadangan modal, laba setahun lalu dan laba tahun berjalan.

Netting
Kegiatan kliring yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi setiap anggota kliring untuk menyerahkan atau menerima saldo efek tertentu untuk setiap jenis efek yang ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar sejumlah uang untuk seluruh efek yang ditransaksikan.

New Share (Saham baru)
Saham yang berasal dari modal yang belum ditempatkan dan disetor penuh atau saham dalam protepel.

Nilai Kapitalisasi Efek
Hasil perkalian antara jumlah efek dengan harga efek tersebut.

Nilai Kerugian
Nilai kerugian secara yang seharusnya diterima nasabah termasuk bunga bila ada, dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan nasabah dalam rangka proses pengaduan dan penyelidikan tuntutan ganti rugi.

Nominal Capital, Face (modal nominal)
Nilai modal saham suatu perseroan terbatas yang tercantum dalam anggaran dasar.

Nominal Rate (suku bunga nominal)
suku bunga atas dasar masa bunga satu tahun.

Non Performing Loans (NPLS)
Kredit-kredit yang tergolong non lancar dengan likuiditas kurang lancar, diragukan atau macet berdasarkan ketentuan bank Indonesia tentang Kualitas Aktiva produktif.

Non Revolving Credit (kredit tak berulang)
kredit yang setelah satu transaksi selesai tidak dapat digunakan untuk transaksi berikutnya.

Non Store Retailer (pengecer tanpa toko)
Perorangan atau badan usaha yang melakukan penjualan barang-barang dari rumah ke rumah (door to door), penjualan melalui pos (mail order) penjualan dengan mesin otomatis, telpon, internet atau sejenisnya dengan tidak menggunakan fasilitas toko.

Non Voting Stock (saham tanpa hak suara)
Saham dimana pemegang sahamnya tidak memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Non-cummulative Preferred Stock (saham preferen tak kumulatif)
Saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk mendapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif.

Nostro Account (rekening nostro)
Perkiraan valuta asing bank di dalam negeri pada bank koresponden di luar negeri.

Notary (notaris)
Pejabat umum yang berwenang membuat akta otentik sebagaimana dimaksud dalam staatblad 1860 No.3 Tentang Peraturan jabatan Notaris.

Obligasi
Surat utang jangka panjang (min. 3 tahun) yang diterbitkan oleh perusahaan/lembaga/pemerintah dengan kewajiban membayar bunga tertentu secara periodik serta perlunasan pokok pinjaman (principal) pada saat jatuh tempo (maturity date/due date).

Obligasi Bunga Variable
Obligasi yang bunganya mengikuti tingkat bunga dipasar modal. Dalam hal tingkat bunga di pasar modal naik, maka bunga kupon yang dibayarkan turut meningkat. Dalam hal tingkat bunga menurun, maka debitur mengizinkan pelunasan dipercepat atau melakukan konversi dengan pinjaman obligasi baru dengan bunga yang telah disesuaikan.

Obligasi dengan Bunga Tetap
Obligasi yang memberikan bunga tetap kepada pemiliknya yang dibayarkan setiap periode tertentu. Pada waktu jatuh tempo, pokok pinjaman dibayarkan kepada pemegang obligasi sekaligus.

Obligasi dengan Bunga tidak Tetap atau Mengambang
Obligasi yang memberikan bunga yang besarnya dapat ditetapkan dengan berbagai cara misalnya dikaitkan dengan indeks atau dengan tingkat bunga deposito atau tingkat bunga yang berlaku dipasaran luar negeri seperti Sibor atau Libor.

Obligasi dengan Garansi
Tidak saja pinjaman obligasi dapat dijamin dengan jaminan khusus akan tetapi di samping itu dapat juga diberikan garansi oleh pihak ketiga, yang pada umumnya diberikan oleh negara.

Obligasi dengan Jaminan Aktiva
Obligasi yang dijamin dengan aktiva perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut yang tujuannya apabila pada saat jatuh tempo obligasi tersebut tidak dapat dilunasi, maka jaminan yang bersangkutan dapat dipergunakan untuk membayarkan kembali bunga yag terutang termasuk jumlah pinjamannya.

Obligasi dengan Klausal Pilihan/Opsi Valuta Asing
Obligasi yang menetapkan lebih dulu pelunasannya dalam beberapa macam valuta (Dollar, Pound sterling, dll). Pada saat perlunasan, bunga dan cicilannya dibayar dalam valuta yang di inginkan oleh pemegang didasarkan pada kurs paritas yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Obligasi dengan Premi
Obligasi yang memberikan bunga yang lebih rendah dari obligasi biasa.

Obligasi Index (obligasi indikasi)
Obligasi yang bunga dan cicilannya dikaitkan pada indeks biaya hidup yang bertujuan untuk melindungi obligasi dari penurunan daya beli.

Obligasi Niragun
Obligasi yang tidak dijamin dengan harta tertentu, tetapi dikeluarkan atas dasar kepercayaan umum terhadap perusahaan atau perorangan.

Obligasi Pendapatan
Obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan bersangkutan memproleh laba dan bunga tersebut lazim dibayar mendahului pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Obligasi Preferen/Obligasi Prioritas
Obligasi yang haknya melebihi obligasi biasa.

Odd Lot
Perdagangan saham dipasar modal atau bursa efek yang jumlahnya kurang dari satuan perdagangan normal (normal trading unit). Sedangkan perdagangan saham dengan satuan perdagangan normal disebut round lot. Otoritas pasar modal di tiap negara mempunyai kebijakan sendiri mengenai jumlah saham dalam round lot. Di Indonesia, satu lot berarti 500 saham untuk non bank dan untuk bank 1 lotnya 5.000 saham, baik itu di Bursa Efek Jakarta (BEJ) maupun Bursa Efek Surabaya (BES).

Offer Price
Harga terendah yang ditawarkan untuk menjual.

Open Market Operation (Operasi pasar terbuka)
Usaha bank sentral dalam pembelian dan penjualan efek di pasar uang dengan maksud membatasi atau menambah volume kredit ditangan bank-bank dan masyarakat atau akan mengubah tingkat bunga yang berlaku.

Open-end Mutual Fund (Reksa dana terbuka)
Reksa dana di mana pemegang Unit penyertaannya terbuka untuk menjual kembali Unit penyertaan yang dimilikinya kepada perusahaan Manajemen investasi yang menerbitkan reksa dana tersebut.

Opened Cheque (cek terbuka)
cek yang dapat dibayarkan sewaktu-waktu, dapat dibayarkan kepada seorang tanpa kehadiran pemiliknya.

Opsi
Perjanjian tertulis yang menyebutkan kebebasan memiliki unsur menjual sesuatu sebelum atau sesudah tanggal dan jangka waktu yang ditetapkan (Put).

Opsi atas Kontrak Berjangka
Suatu kontrak yang memberikan hak, bukan kewajiban, kepada pembeli untuk membeli atau menjual kontrak berjangka atas komuditi tertentu di tingkat harga, jumlah, dan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan membayar sejumlah premi.

Order Cheque (cek order)
cek yang memuat nama penerima pembayaran dengan atau tanpa klausa "kepada order", cek ini dipindahtangankan dengan cara endosemen.

Outflow
Uang yang diedarkan aliran keluar uang kartal dari Bank Indonesia.

Over the Counter Market (Pasar luar biasa)
Penjualan dan pembelian efek-efek di luar bursa efek yang telah diorganisasi.

Overbrought
Minat beli sudah mulai mengecil, minat jual mulai muncul (Indikasi harga akan turun).

Overdraft (Cerukan)
Penarikan rekening giro atau rekening pinjaman melampaui batas tariknya.

Overnite
Transaksi dengan jangka waktu satu hari mulai tanggal transaksi sampai satu hari setelahnya.

Paid in Capital (modal disetor)
Jumlah dari modal yang ditempatkan dan telah disetor pada saat pendirian perusahaan. Paid paling sedikit 10% dari modal yang ditempatkan (sesuai dengan peraturan yang berlaku).

Panduan JATS
Buku petunjuk yang memuat tata cara pengoperasian JATS yang dikeluarkan oleh bursa.

Paper Money (Warkat berharga)
Warkat dengan nilai nominal tertentu yang berfungsi sebagai uang, seperti sertifikat Bank Indonesia, Surat berharga pasar uang, giro; cek, dan sebagainya.

Par Value (Harga nominal)
Nilai yang ditetapkan emiten untuk menilai setiap lembar saham yang dikeluarkannya. Besarnya harga nominal ini sebenarnya tergantung dari keinginan emiten.

Partial listing (Pencatatan listing sebagian saham yang telah disetor)
Pencatatan di bursa efek, dari sebagian modal saham yang telah disetor. Misalnya modal disetor suatu perusahaan terdiri dari 2 juta saham, termasuk 500 saham yang go public melalui penawaran umum. Pada waktu perusahaan mencatatkan sahamnya di bursa, jumlah saham yang dicatatkan boleh 500 saham atau lebih, tetapi kurang dari 2 juta. Selisih dari jumlah saham yang dicatat dengan jumlah saham yang go public melalui penawaran umum, sewaktu-waktu dapat dijual melalui bursa oleh pemiliknya.

Participating Preference Shares (Saham preferen partisipasi)
Saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnya, pemilik saham ini setelah menerima dividen tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen pemegang saham biasa.

Participating Preferred Stock (Saham partisipasi proritas)
Saham yang disamping hak prioritasnya atas dividen tetap masih dapat turut serta dalam pembagian dividen saham biasa.

Participation Loan (Kredit partisipasi)
Bagian pinjaman yang diberikan oleh bank dalam suatu perjanjian pembiayaan bersama.

Partly Paid Shares (Saham belum lunas)
Saham perusahaan yang baru disetor sebagian oleh pemiliknya mengingat perseroan tidak memerlukan modal yang besar. Modal pertama hanya diperlukan untuk pembelian barang yang bergerak, biaya pemeliharaan dan sebagainya, sedangkan sisa yang belum disetor dianggap sebagai jaminan bagi para kreditur.

Pasar
Tempat atau sarana tertentu di bursa efek atau berjangka di mana perdagangan atau transaksi tertentu diselenggarakan.

Passed Dividends
Kelalaian direksi perusahaan untuk melakukan pembayaran dividen pada waktunya.

Pattern
Istilah yang dipakai dalam perdagangan saham yang menunjukan suatu formasi dari pergerakan harga saham yang dapat dilihat dari grafik harga saham. Formasi ini secara historis terbukti memiliki kemungkinan (probabilitas) besar untuk mencapai target harga dari pattern tersebut.

Pay Back Period (Masa kembali modal)
Jangka waktu yang diperlukan untuk memperoleh kembali modal tanpa memperhatikan nilai waktu uang.

Pay Out Ratio (Rasio dividen)
Perbandingan antara dividen yang dibayarkan terhadap pendapatan perseroan pada waktu tertentu.

Pay-out Ratio (Rasio dividen)
Perbandingan antara dividen yang dibayarkan terhadap pendapatan pada waktu tertentu.

Payee (Penerima pembayaran)
Orang atau badan yang berhak menerima pembayaran.

Payment Date (Tanggal pembayaran)
Tanggal yang ditetapkan oleh perusahaan terdaftar untuk pelaksanaan pembayaran atau pembagian hak-hak atas efek berkenaan dengan corporate action kepada pemegang efek melalui pemegang rekening.

Payment System
Suatu kumpulan peraturan, lembaga, serta prosedur dalam transfer dana (uang) merupakan bagian integral dari system moneter dalam suatu perekonomian.

Pedagang Asongan atau Bakul Gendong
Perorangan yang menawarkan dan melakukan penjualan barang-barang dengan berjalan kaki.

Pedagang Berjangka
Anggota bursa berjangka yang hanya berhak melakukan transaksi kontrak berjangka di bursa berjangka untuk rekeningnya sendiri atau kelompok usahanya.

Pedagang informal;
Perorangan yang tidak memiliki badan usaha yang melakukan kegiatan perdagangan barang dan / jasa dalam skala kecil yang dijalankan oleh pengusahanya sendiri berdasarkan azas kekeluargaan.

Pedagang kaki lima;
Perorangan yang melakukan penjualan brang-barang dengan menggunakan bagian jalan / trotoar dan tempat-tempat untuk kepentingan umum serta tempat lain yang bukan miliknya.

Pedagang Keliling
Perorangan yang melakukan penjualan barang-barang dengan berkeliling menggunakan kendaraan, kereta, gerobak, sepeda atau sejenisnya.

Pejabat atau Pegawai
Pejabat struktural dan fungsional serta seluruh karyawan Bappebti, anggota direksi, anggota dewan komisaris serta seluruh staf dan karyawan bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka.

Pejabat Eksekutif
Pejabat yang mempunyai pengaruh terhadap kebijakan dan operasional bank serta bertanggung jawab langsung kepada direksi.

Peleburan Usaha
Perbuatan hukum yang dilakukan oleh 2 (dua) perseroan atau lebih untuk meleburkan diri dengan cara membentuk 1 (satu) perseroan baru dan masing-masing perseroan menjadi bubar.

Pemegang Saham Pengendali
Pemegang saham yang memiliki 20% (dua puluh perseratus) atau lebih saham perusahaan, atau pemegang saham yang memiliki kemampuan untuk menentukan baik langsung maupun tidak langsung, dengan cara apapun pengelolaan dan atau kebijaksanaan perusahaan meskipun jumlah saham yang dimiliki kurang dari 20% (dua puluh perseratus).

Pemegang Efek
Pemilik manfaat atas efek yang disimpan dan diadministrasikan dalam rekening efek.

Pemegang Rekening
Pihak yang namanya tercatat sebagai pemilik rekening efek.

Pemegang Saham Indevenden
Pemegang saham yang mempunyai benturan kepentingan sehubungan dengan suatu transaksi tertentu.

Pemegang Saham Utama
Setiap pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, memiliki sekurang-kurangnya 20% (dua puluh perseratus) hak suara dari seluruh saham yang mempunyai hak suara yang dikeluarkan oleh suatu perseroan.

Pemeriksaan
Serangkaian kegiatan mencari, mengumpulkan, dan mengolah data atau keterangan lain yang dilakukan oleh pemeriksa untuk membuktikan ada atau tidak adanya pelanggaran atau peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Pemilikan Saham (Public ownership)
Suatu perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh masyarakat luas sehingga terdapat demokratisasi pemilikan saham.

Penasihat Berjangka
Pihak yang memberikan nasihat kepada pihak lain (klien) mengenai jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka dengan menerima imbalan.

Penasihat Investasi
Pihak yang memberi nasihat kepada pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbalan jasa.

Penawaran Efek
Semua penawaran untuk menjual atau memberi kesempatan untuk membeli efek yang terjadi dalam jangka waktu yang terpisah dari penawaran efek sebelumnya atau selanjutnya, dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan.

Penawaran Tender
Penawaran melalui media massa untuk memperoleh efek bersifat ekuitas dengan cara pembelian atau pertukaran dengan efek lainnya.

Penawaran Umum
Kegiatan penawaran efek yang dilakukan masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 dan peraturan pelaksanannya.

Pengawasan atau Pemeriksaan Sewaktu-waktu
Pengawasan atau pemeriksaan yang dilakukan segera bila ditemukan adanya indikasi atau adanya laporan dari pihak tertentu bahwa telah terjadi penyimpanangan terhadap ketentuan-Undang-undang perdagangan berjangka komoditi dan/atau peraturan pelaksaannya.

Pengelola Sentra Dana Berjangka
Pihak yang melakukan usaha penghimpunan dan pengelolaan dana yang berasal dari peserta sentra dana berjangka untuk diinvestasikan dalam kontrak berjangka.

Pengendalian
Kemampuan untuk menentukan, baik secara langsung maupun tidak langsung; dengan cara apapun pengelolaan dan atau kebijaksanaan perusahaan. Pihak yang memiliki saham yang besarnya 25% (dua puluh lima per seratus) atau lebih dari jumlah saham yang telah dikeluarkan dan mempunyai hak perseroan tersebut; kecuali bersangkutan dapat membuktikan tidak melakukan pengendalian, sedangkan pihak yang memiliki saham kurang dari 25% (dua puluh lima perseratus) dari jumlah saham yang telah dikeluarkan dan mempunyai hak suara pada perseroan dianggap tidak mengendalikan perseroan tersebut; kecuali yang bersangkutan dapat dibuktikan melakukan pengendalian.

Penggabungan Usaha
Perbuatan hukum yang dilakukan oleh 1 (satu) perseroan atau lebih untuk menggabungkan diri dengan perseroan lain yang telah ada dan selanjutnya perseroan yang menggabungkan diri menjadi bubar.

Pengumuman
Informasi tertulis yang disampaikan oleh bursa baik dalam bentuk penguman tertulis, dokumen cetak, data elektronik maupun tampilan dilayar komputer melalui JATS.

Penitipan Kolektif
Jasa penitipan atas efek yang dimiliki bersama oleh lebih dari satu pihak yang kepentingannya diwakili oleh kustodian.

Penjamin Emisi Efek
Pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

Penjamin Pelaksana Emisi Efek
Satu atau lebih penjamin emisi efek yang di tunjuk dari dan diantara penjamin utama emisi efek dalam sindikat penjamin emisi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sertas penyelenggaraan emisi efek.

Pensions found (Dana Pensiun)
Merupakan usaha yang bertujuan untuk memelihara kesejahteraan sosial karyawan perusahaan; melalui pemberian santunan hari tua/ uang pensiun. Usaha ini biasanya didirikan oleh perusahaan dalam bentuk lembaga kesejahteraan sosial / yayasan dan berada dalam satu manajemen perusahaan yang bersangkutan, kegiatan utamnya adalah menghimpun dana dalam bentuk iuran / sumbangan yang berasal dari potongan gaji karyawan selama bekerja. Dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk membayar tunjangan hari tua / pensiun karyawan.

Penyedia Jasa (Servicer)
Pihak yang bertanggung jawab untuk memproses dan mengawasi pembayaran yang dilakukan debitur, melakukan negosiasi, menyelsaikan tuntunan terhadap debitur dan jasa lain yang ditetapkan dalam kontrak.

Penyerahan
Tindakan yang dilakukan atau menerima penyerahan barang atau komoditi yang berasal dari kontrak berjangka yang jatuh tempo dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan kontrak berjangka yang bersangkutan.

Per capita national income (Pendapatan nasional perkapita)
Pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk pertengahan tahun.

Perantara Pedagang Efek
pihak yang melakukan kegiatan usaha jual beli untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.

Peraturan Administratif
Petunjuk bersifat administratif yang diperlukan dalam organisasi bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka, seperti aturan mengenai etika dalam kantor atau lantai bursa berjangka, alur dokumen, alur amanat nasabah, tata cara penyimpanan dokumen kearsipan.

Peraturan Bursa
Peraturan yang ditetapkan oleh bursa dalam rangka penyelenggaraan perdagangan efek dibursa yang meliputi peraturan yang berkaitan dengan kegiatan kliring dan penyelsaian transaksi bursa, berikut perubahannya serta ketentuan pelaksanaannya.

Periode Konversi
Jangka waktu pelaksanaan penyetoran sertifikat efek untuk dikonversikan dalam bentuk elektronik dan disimpan ke dalam rekening efek.

Pernyataan Penawaran Tender
Dokumen yang wajib disampaikan kepada badan pengawas pasar modal oleh emiten dalam rangka penawaran umum atau perusahaan publik.

Perpetual Notes (Bukti utang langsung)
Obligasi yang tidak mempunyai jatuh waktu untuk pembayaran pokok pinjaman, atau dengan kata lain obligasi ini berlaku untuk seterusnya.

Persetujuan Keanggotaan Bursa Efek
Persetujuan untuk menjadi anggota bursa efek yang diberikan oleh bursa dalam bentuk surat persetujuan anggota bursa efek (SPAB) sesuai dengan peraturan ini.

Persyaratan Keuangan Minimum
Persyaratan modal disetor dan kekayaan bersih yang harus dapat dipertahankan setiap saat oleh para pihak.

Perusahaan Baru Hasil Peleburan Usaha (PBHU)
Perusahaan penerima penggabungan usaha yang berasal dari perusahaan yang sahamnya tidak tercatat di bursa dan proses penggabungan usahanya telah selesai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perusahaan Tercatat
Emiten atau perusahaan publik yang efeknya tercatat dibursa.

Perusahaan Terkendali
Suatu perusahaan yang dikendalikan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh perusahaan.

Peserta Sentra Dana Berjangka
Pihak yang menempatkan dana melalui pengelola sentra dana untuk di investasikan dalam transaksi kontrak berjangka dan sebagaibukti penyerahan investasi, pihak tersebut memproleh serifikat penyertaan.

Pialang Berjangka
Badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan kontrak berjangka atas amanat nasabah dan untuk itu menarik sejumlah uang dan / atau surat berharga tertentu sebagai margin untuk menjamin transaksi tersebut.

Pihak
Perseorangan, koperasi, badan usaha lain, usaha bersama, asosiasi, atau kelompok orang perseorangan dan/atau perusahaan yang terorganisasi.

Pimpinan Acara
Pegawai yang ditunjuk oleh bursa untuk menjaga ketertiban dan kelancaran jalannya perdagangan efek di bursa.

Pledger (Pemberi gadai)
Pihak yang menyerahkan barang dalam bentuk gadai sebagai jaminan utang.

Policy Polis
Dokumen yang memuat perjanjian kontrak antara tertanggung dengan perusahaan penanggung.

Portofolio (Portofolio)
Kumpulan sekuritas yang dimiliki orang atau badan usaha yang dapat diperjualbelikan.

Posisi Beli
Posisi membeli kontrak berjangka yang bila posisi tersebut tidak dilikuidasi sebelum kontrak jatuh tempo, mengharuskan pemegangnya untuk menerima penyerahan sejumlah komoditi yang menjadi subjek kontrak berjangka secara fisik sesuai ketentuan kontrak. Keadaan sebaliknyadikenal dengan posisi jual.

Posisi Long
Saldo debit dalam akun tertentu di buku pembantu efek yang menunjukan sejumlah efek yang dimiliki oleh perusahaan efek atau sejumlah efek yang wajib diserahkan oleh perusahaan efek kepada nasabah.

Posisi Short
Saldo kredit dalam akun tertentu dibuku pembantu efek yang menunjukan sejumlah efek yang telah dijual tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan efek atau sejumlah efek yang telah dijual oleh nasabah; tetapi efek tersebut belum diserahkan kepada perusahaan efek oleh nasabah.

Posisi Terbuka Kontrak Berjangka
Posisi beli atau posisi jual kontrak berjangka yang belum dilikuidasi sebelum kontrak jatuh tempo.

Post Date Cheque (cek undur)
cek yang bertanggal sesudah hari peredaran, dan apabila cek yang demikian diajukan kepada bank sebelum tanggal yang tertera diatas cek itu, maka bank tetap wajib membayarnya.

Potential Loss (peluang timbulnya kerugian)
Besarnya bisa mencapai kerugian maksimal, baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan luar biasa seperti kerugian akibat huru-hara atau bencana alam.

Pre-Opening (Pra-pembukaan saham)
Periode sebelum dimulainya jam perdagangan dimana sebelum dimulainya jam perdagangan di mana setiap anggota bursa efek mempunyai kesempatan untuk memasukkan penawaran jual atau permintaan beli atas saham PHPU, PBHPU atau PBHLU sehingga memungkinkan terjdinya pembentukan harga pembukaan atas saham tersebut.

Preference Share (Saham prioritas)
Saham yang memberikan hak lebih di atas saham biasa dalam bentuk saham. Pada umumnya terdapat 3 (tiga) bentuk preference share, yaitu: 1. Preference atas modal. (2). Preference atas dividen. (3) Preferensi untuk mengajukan usul dalam rapat pemegang saham preferensi mengenai pencalonan direksi dan komisaris perseroan.

Preferred Stock (saham hak perioritas)
Saham yang memberikan hak untuk mendapatkan dividen dan bagian kekayaan pada saat pembubaran perseroan terlebih dulu dari saham biasa. Di Amerika Serikat saham ini tidak mempunyai hak suara.

Premium/premi
Biaya asuransi yang harus dibayar pemegang polis dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak. Secara populer disebut premi asuransi.

Price Earning Ratio (PER)
Perbandingan antara harga pasar saham perusahaan dengan pendapatan persaham perusahaan tersebut di dalam periode tertentu; lazimnya rasio ini digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya harga saham suatu perusahaan dengan membandingkan ratio rata-rata industri sejenis. Harga suatu saham dibagi dengan penghasilan persahamnya. P/E ratio ini, yang juga dikenal dengan istilah multiple, memberikan para investor suatu gambaran beberapa yang mereka harus bayar bagi kekuatan perusahaan untuk memperoleh hasil (Company earning power). Semakin tinggi P/E ratio suatu saham, bberarti semakin besar yang harus dibayar oleh investor. Dengan demikian, pertumbuhan pendapatan yang diharapkan investor semakin tinggi.

Price Priority (Prioritas harga)
Permintaan pada harga yang lebih tinggi memiliki prioritas di atas permintaan pada harga di bawahnya dan penawaran pada harga yang lebih rendah memiliki prioritas di atas penawaran harga yang lebih tinggi.

Primary Market (Pasar perdana)
Penjualan perdana emisi efek setelah memperoleh izin emisi dari ketua Bapepam. Pembelian efek pada pasar perdana dapat dilakukan melalui underwriter atau selling agentnya dengan membawa tanda bukti diri.

Prime Rate (Suku bunga primer)
Suku bunga atas pinjaman bank jangka pendek dengan resiko kredit sekecil-kecilnya.

Primer Dividend (divinden pokok)
Dividen minimum yang besarnya dicantumkan dalam anggaran dasar perusahaan dan dibayar bilamana ada keuntungan yang memungkinkan untuk pembayaran. Primer dividend tersebut dapat disamakan seperti bunga.

Principal (Pokok modal)
Orang atau badan usaha yang melaksanakan jual beli efek atas namanya sendiri dengan demikian, resiko yang timbul sebagai akibat jual beli tersebut menjadi tanggung jawabnya.

Principal (Prinsipal)
Badan atau perorangan yang dalam suatu perjanjian memberi amanat kepada pihak lain untuk melaksanakan transaksi perdagangan.

Principal Shareholder (Pemegang saham utama)
Setiap pihak yang mempunyai kepentingan dalam efek sekurang-kurangnya 20% (dua puluh perseratus) atas saham suatu perseroan terbatas.

Prinsip Keterbukaan
Pedoman umum yang mensyaratkan emiten, perusahaanpublik, dan pihak lain yang tunduk pada Undang-Undang ini untuk menginformasikan kepada masyarakat dalam waktu yang tepat seluruh informasi material mengenai usahanya atau efeknya yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pemodal terhadap efek dimaksud dan atau harga dari efek tersebut.

Prior Preferred Stock (Saham preferen unggul/saham hak)
Saham preferen yang hak prioritasnya atas dividen dan aset lebih tinggi daripada saham preferen lain.

Private Offering (Emisi terbatas)
Penjualan sekuritas/saham kepada orang atau badan dalam jumlah tertentu: biasanya kepada para pendiri perusahan atau kepada para pendiri perusahaan atau kepada pemegang saham lama. Dalam hal ini perlu diperhatikan: jumlah orang atau badan yang akan ditawarkan dan jumlah sekuritas/saham yang akan dijual.

Private Placement (Saham jual terbatas dan penempatan private)
Penjualan efek oleh perusahaan kepada kalangan yang terbatas / tertentu, misalnya lembaga keuangan; perusahaan asuransi dan sebagainya. Berdasarkan ketentuan yang berlaku penjualan efek disebut private placement jika ditawarkan tidak lebih dari 20 orang.

Profit (Keuntungan)
Selisih antara pendapatan yang diperoleh perusahaan dengan biaya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut.

Profit and Loss Account / Income Statement (perhitungan rugi/ laba)
Ikhtisar yang meringkaskan pendapatan dan pengeluaran organisasi / perusahaan untuk menunjukan laba bersih atau rugi selama jangka waktu fisikal yang bersangkutan.

Profit Shares
Surat berharga yang biasanya diberikan kepada pemegang saham pendiri; tetapi dapat pula diberikan kepada pemegang saham yang bukan pendiri. Saham tersebut mencantumkan nilai nominal. Mempunyai hak suara dalam RUPS, memproleh bagian dari keuntungan perseroan dan pada likuidasi perseroan mendapat bagian atas sisa kekayaan perseroan. Profit share harus tercantum dalam anggaran dasar perseroan.

Profit Sharing Bond (obligasi bagi hasil)
Obligasi yang selain memberikan bunga tertentu juga turut menerima dari laba perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut.

Promissory Note (Surat sanggup bayar)
Surat pernyataan kesanggupan tanpa syarat untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak yang tercantum dalam surat tersebut atau kepada penggantinya.

Promoter (Promoter)
Setiap pihak yang merintis, atau berusaha memperoleh izin untuk suatu reksadana.

Property (Hak milik)
Harta tetap perusahaan atau perorangan.

Property Bond (Obligasi kekayaan)
Harga benda yang berupa obligasi milik pribadi.

Prospectus (Prospektus)
Setiap pernyataan yang dicetak atau informasi yang digunakan untuk menawarkan efek dengan maksud mempengaruhi pihak lain untuk membeli atau memperdagangkan efek, kecuali pernyataan atau informasi yang berdasarkan ketentuan Bapepam dinyatakan bukan sebagai prospektus.

Prospektus Awal
Dokumen tertulis yang memuat seluruh informasi dalam prospektus yang disampaikan kepada Bapepam sebagai bagian dari pernyataan pendaftaran, kecuali informasi mengenai nilai nominal, jumlah dan harga penawaran efek, penjaminan emisi efek, tingkat bunga obligasi, atau hal-hal yang berhubungan dengan persyaratan penawaran yang belum dapat ditentukan.

Proxy (Proksi/kuasa)
Surat kuasa yang diberikan oleh pemegang saham kepada seseorang untuk memberikan suara di dalam RUPS, khususnya dalam, memilih direksi perseroan atau resoplusi yang memerlukan persetujuan RUPS.

Public Company (Perusahaan publik)
Perusahaan yang berbentuk hukum perseroan terbatas yang modal setornya sekurang-kurangnya Rp2.000.000.000 (dua miliar rupiah) dan sahamnya dimiliki oleh sekurang-kurangnya 100 (Seratus) pemegang saham dan sudah dilesting di bursa efek.

Public Offering (Penawaran umum)
Kegitan penawaran efek yang dilakukan oleh emiten untuk menjual efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-Undang ini dan peraturan pelaksanaanya: yang dilakukan dengan menggunakan media massa, atau di tawarkan kepada lebih dari 100 (seratus) pihak, atau telah dijual kepada 50 (lima puluh) pihak.

Public Ownership (Pemilikan saham)
Suatu perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh masyarakat luas sehingga terdapat demokratisasi pemilikan saham.

Public Warehouse (gudang umum)
Gudang yang disewakan untuk keperluan umum.

Pure Split (Split murni)
Suatu penambahan jumlah saham perusahaan tanpa mengubah komposisi pemegang saham atau nilai pasar saham pada saat dilakukan split. Istilah lain untuk split uap, misalnya PT A mengadakan stock split 4:1.

Put
Suatu opsi yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual kontrak berjangka yang menjadisubjeknya pada harga strike, pada atau sebelum tanggal jatuh waktu dari opsi yang bersangkutan.

Qualified Acceptance (Akspektasi bersyarat)
Syarat-syarat yang menyebabkan pemegang wesel dapat atau tidak dapat menguangkan weselnya.

Qualified Opinion (pernyataan bersyarat)
Pernyataan pendapat akuntan publik atas laporan keuangan badan usaha yang diperiksanya memperlihatkan posisi keuangan yang wajar secara bersyarat.

Quality Swaps
Pertukaran obligasi yang tingkat keamanannya lebih tinggi.

Quasi Negotiable Instrument (piranti kuasi ternegosiasi)
Bukti tertulis mengenai utang yang secara bebas dapat dipindahtangankan dengan endorsemen.

Quatation (Catatan harga efek)
Harga permintaan tertinggi dan harga penawaran terendah dari suatu saham (sekuritas) atau komoditi.

Quorum (Kuorum)
Jumlah minimum hak suara pemegang saham harus hadir dalam RUPS untuk dapat mengambil suatu keputusan sesuai anggaran dasar perusahaan.

Real Effective Exchange Rate (REER)
Indeks nilai tukar riil yang diukur dengan cara membandingkan nilai tukar tertentu dengan sekumpulan nilai tukar (basket currency) beberapa negara lain yang telah disesuaikan dengan inflasi pada tahun tertentu dan menggunakan bobot timbangan nilai perdagangan negara-negara tersebut. Saat ini pengukuran menggunakan tahun dasar 1995 dengan membandingkan pada 8 negara mitra dagang.

Real Time Gross Settlement (RTGS)
Suatu penyelesaian kewajiban bayar-membayar (settlement) yang dilakukan secara on-line atau seketika untuk setiap instruksi transfer dana.

Record Date (tanggal catat)
Tanggal pendaftaran nama pemegang saham dalam buku saham emiten agar yang bersangkutan dapat menerima dividen hak suara dan lain-lain.

Recording Date (tanggal pencatatan)
Tanggal yang ditetapkan oleh perusahaan terdaftar yang menjadi dasar penentuan pemegang efek yang berhak atas pembayaran atau pembagian hak-hak yang melekat pada efek sebagai akibat adanya corporate action.

Recovery
Penjualan atas objek pertanggungan. Tujuannnya untuk memperkecil nilai kerugian pihak penanggung.

Redemption
Pembayaran untuk mendapatkan kembali surat untung, obligaasi, atau saham, barang jaminan hipotik atau gadai, dan sebagainya dengan maksud melunasi utang.

Redemption Premium (Premi tebusan)
Premi yang dibayarkan oleh emiten atas penarikan sekuritas yang besarnya sesuai dengan syarat perjanjian antara emiten dengan pembeli pertama saham/sekuritas.

Redemption Value (nilai tebusan)
Harga obligasi pada saat dilakukan penebusan/ perlunasan.

Rediscount (Diskonto Ulang)
Menjual atau membeli potongan pada suatu instrumen yang dapat diperjual-belikan yang telah sekali diberi potongan.

Refunding / Refinancing
Penjualan saham / sekuritas baru oleh emiten yang hasilnya dipergunakan untuk menarik saham / sekuritas yang telah diterbitkan.

Registered Ownership (Kepemilikan terdaftar atas efek)
Hak pemegang efek terhadap emiten efek tersebut berkaitan dengan efek terdaftar dalam buku emiten atas nama pemegang efek.

Registered Stock (Saham atas nama)
Saham perusahaan dapat dikeluarkan atas nama si pembeli. Saham atas nama dapat memberikan perlindungan bagi si pemegang terhadap pencurian kebakaran dan sebagainya, sedangkan di lain pihak perusahaan yang bersangkutan memiliki register dari nama para pemegang saham. Dokumen ini wajib diajukan kepada ketua Bapepam oleh emiten sebelum melakukan penawaran umum atau suatu efek kepada masyarakat, atau perusahaan publik.

Registration Statement (Pernyataan pendaftaran)
Dokumen yang wajib diajukan kepada ketua Bapepam oleh emiten sebelum melakukan penawaran umum atau suatu efek kepada masyarakat, atau perusahaan publik.

Regular Away (Cara Biasa)
Penyerahan sekuritas setelah terjadi jual beli, penentuan tanggalnya tergantung pada peraturan yang berlaku. Di Indonesia berlaku aturan empat hari setelah terjadi transaksi atau disebut pula dengan T + 4.

Reinsurance (reasuransi)
Perjanjian antara beberapa perusahaan asuransi mengenai pengalihan sebagian risiko, untuk menghindarkan risiko yang terlalu besar.

Rekening Efek
Rekening yang memuat catatan mengenai posisi efek dan atau atas nama dana milik pemegang rekening atau nasabahnya yang diadministrasikan di KSEI.

Rekening Efek Penyelesaian
Rekening efek yang dibuka oleh anggota kliring yang khusus dipergunakan untuk pelaksanaan pemindahbukuan efek atau dana antara anggota kliring dan KPEI dalam rangka penyelesaian transaksi bursa.

Rekening Giro Operasional
Rekening giro yang dibuka oleh pemegang rekening pada bank pembayaran, yang khusus dipergunakan untuk penerimaan pemindahbukuan dana dari rekening efek, dan pengoperasiannya dilakukan oleh pemegang rekening.

Rekening Terpisah
Rekening pada bank yang disetujui Bappebti, yang dibuka khusus untuk menyimpan dana nasabah; dana kompensasi; dana jaminan, dan/atau dana-sentra dana berjangka, terpisah dari rekening lembaga yang menyimpan dana tersebut.

Rekening Titipan
Sejenis rekening efek pada kustodian yang dimaksudkan untuk menyimpan efek yang tidak termasuk dalam penitipan kolektif yang sewaktu-waktu dapat ditarik kembali atau dipindahkan dalam wujud semula sesuai perintah pemegang rekening.

Reksadana Campuran
Reksadana yang melakukan investasi dalam efek bersifat ekuitas dan efek bersifat utang yang perbandingannya tidak termasuk reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham.

Reksadana Pasar Uang
Reksadana yang hanya melakukan investasi pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun.

Reksadana Pendapatan Tetap
Reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat utang.

Reksadana Saham
Reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% ( delapan puluh per seratus) dari aktivanya dalam efek bersifat ekuitas.

Relisting (pencatatan kembali)
Pencantuman kembali suatu efek dalam daftar efek yang tercatat di bursa, setelah efek tersebut dihapuskan pencatatannya di bursa (delisting).

Reputasi Bisnis
Kemampuan mengelola usaha dengan baik dan memiliki kredibilitas serta prilaku yang baik, yang antara lain ditunjukan: 1. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindakan pidana 2. Tidak pernah masuk daftar hitam perbankan 3. Tidak pernah dinyatakan pailit dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Reserves (cadangan)
Cadangan suatu dewan mata uang harus cukup untuk menjamin bahwa semua pemegang mata uang kertas dan koin dapat mengkonversikannya ke daalam mata uang atau komoditas cadangan. Dewan mata uang sering kali mempunyai cadangan 105% atau 110% dari kewajiban (liabilities), tidak hanya 100%, agar mempunyai suatu tingkat proteksi (protection margin) kalau obligasi-obligasi yang dipegangnya kehilangan nilai.

Residual Value (nilai residual)
Nilai barang yang diperkirakan sesudah berakhirnya jangka waktu ekonomis.

Resistance Level
Suatu titik atau level harga dimana harga saham tengah naik, berubah arah menjadi menurun. Lawannya adalah support level.

Restrukturisasi Kredit
Upaya yang dilakukan bank dalam kegiatan usaha pengkreditan agar debitur dapat memenuhi kewajibannya, yang dilakukan antar lain melalui : penurunan suku bunga kredit, pengurangan tunggakan bunga kredit, pengurangan tunggakan pokok kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, penambahan fasilitas kredit, pengambilalihan aset konversi melalui penyertaan modal sementara pada Perusahaan debitur.

Retailler (pedagang pengecer)
Perorangan atau badan usaha yang kegiatan pokoknya melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen akhir dalam partai kecil.

Return (pendapatan/hasil)
Hasil yang diproleh dari penanaman modal tertentu dalam suatu perusahaan di dalam periode tertentu.

Revalution (revaluasi)
Perubahan tingkat nilai tukar mata uang suatu negara terhadap emas atau mata uang negara lain. Istilah ini berarti pula peenyesuaian nilai buku suatu negara (aset) perusahaan terhadap nilai pasarnya.

Reversal
Adanya pergerakan saham yang mulai berbalik arah, dari tren naik akan menjadi tren turun, demikian sebaliknya.

Reverse Split
Sebuah penurunan dalam jumlah saham suatu perusahaan yang beredar tanpa suatu perubahan dalam ekuitas pemegang saham atau nilai rata-rata pasar pada saat pemecahan.

Revolving Credit (kredit berputar luwes)
Kredit yang setelah satu transaksi selesai, dapat digunakan untuk transaksi berikutnya dalam batas maksimum dan untuk jangka waktu tertentu.

Right Issue (hak emisi)
1. Hak untuk menerbitkan saham, 2. Penawaran umum terbatas efek pada harga tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya kepada pemegang saham lama dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right.

Right Ratio
Komposisi berapa saham lama memproleh hak HMETD untuk memesan saham baru (satu HMETD dapat digunakan untuk membeli satu saham baru pada harga yang telah ditentukan).

Risiko Likuiditas (liquidity risk)
Jika suatu obligasi lebih likuid diperdagangkan dibandingkan obligasi lainnya maka obligasi yang lebih liquid tersebut akan memiliki spread harga (bid-ask) yang lebih kecil. Sehingga jika pemegang obligasi yang lebih likuid ingin menjual obligasi tersebut dalam kondisi harga yang cenderung turun akan mengalami kerugian yang lebih kecil daripada pemegang obligasi yang kurang likuid.

Risk (risiko)
Kerugian yang mungkin diderita, yang dibidang permodalan dibedakan menjadi: risiko keuangan, risiko bunga modal, risiko daya beli.

Risk Management (Manajemen risiko)
Rangkaian proses atau prosedur yang dimulai dari mengidentifikasi, mengukur dan memantau risiko-risiko yang akan timbul serta upaya-upaya yang harus dilakukan untuk membatasi dan mengelola risiko-risiko tersebut.

Round Lot (unit saham bulat)
Unit saham yang diperdagangkan dalam suatu bursa efek sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai contoh di Jakarta Stock Exchange 1 (satu) lot = 500 saham, dan transaksi hanya bisa dilakukan dengan kelipatan 500 saham.

Saham
Bagian kepemilikan dari suatu badan usaha. Jika anda membeli atau memiliki sebagian saham dari suatu perusahaan dan tentu saja anda memiliki klaim baik pada kejayaan maupun pada penghasilan perusahaan.

Saham Bonus
Penerbitan saham untuk dibagikan secara Cuma-Cuma kepada pemegang saham.

Saham Pendiri
Jasa yang diberikan oleh para pendiri perseroan, apakah berupa penyertaan modal, apakah berupa menarik relasi yang penting dan sebagainya, biasanya dihatgai perseroan dengan memberikan kepada yang bersangkutan saham yang disebut saham pendiri.

Saham Spekulatif
Saham yang pada umumnya cenderung ditransaksikan semu oleh pelaku pasar.

Saham Unggulan
Saham yang diterbitkan oleh perusahaan besar yang mempunyai reputasi baik dan mampu menghasilkan pendapatan yang tinggi serta membayar dividen tunai secara konsisten.

Sarana Peningkatan Kredit/Arus Kas
Sarana yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas portofolio investasi kolektif dalam rangka pembayaran kepada pemegang efek beragun aset, termasuk: subordinasi dari efek beragun aset tertentu terhadap kelas efek beragun aset lainnya sehubungan dengan kontrak investasi kolektif yang sama, letter of credit (L/C) dana jaminan, penyisihan piutang ragu-ragu, asuransi, jaminan atas tingkat bunga, jaminan atas tersedianya likuiditas pada jatuh tempo, jaminan atas pembayaran pajak, opsi, atau "swaps" atas tingkat bunga atau atas nilai tukar mata uang asing.

Saving (tabungan)
Simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu.

Scrip (Skrip)
Surat bukti yang memberikan hak untuk menerima dividen, saham, uang, atau lainnya dikemudian hari.

Seat (Kursi bursa)
Hak keanggotaan dalam bursa sekuritas, dengan memenuhi persyaratan pengurus atau membayar permintaan pemiliknya.

Secondary Market (Pasar skunder)
Suatu transaksi yang berlangsung pada setiap hari bursa bertempat di bursa efek terhadap saham-saham yang terdaftar di bursa efek. Proses transaksi ini berlangsung antara broker baik atas nama sendiri maupun atas nama orang lain. Di dalam melaksanakan transaksi broker memproleh imbalan tertentu (Di Indonesia 1 %) baik amanat jual maupun amanat beli.

Securities (efek)
Setiap surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, sekuritas kredit, tanda bukti utang, setiap right, warrant, opsi atau setiap derivatif dari efek, atau setiap instrumen yang ditetapkan Bapepam sebagai efek. Di samping itu, terdapat efek terkecuali adalah surat berharga pasa uang, termasuk serifikat bank Indonesia, surat berharga pasar uang, surat berharga komersial, surat pengakuan utang, dan sertifikat deposito yang diterbitkan atau diterima oleh bank atau lembaga bukan bank, polis asuransi, efek yang dijamin pemerintah Indonesia, atau efek lain yang secara khusus dikecualikan oleh menteri keuangan.

Securities Company (perusahaan efek)
Perusahaan yang telah memproleh izin usaha berdasarkan keputusan ini untuk menjalankan satu atau beberapa kegiatan sebagai berikut: penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, manajer investasi, atau penasihat investasi.

Securities Exchange (bursa efek)
Tempat pertemuan termasuk suatu sistem elektronik tanpa tempat pertemuan yang diorganisasikan dan digunakan untuk menyelenggarakan pertemuan penawaran jual beli atau perdagangan efek.

Securities Features
Unsur pengaman yang ada pada uang.

Securities Loan (Pinjaman sekuritas)
Pinjaman efek dari seorang perantara lain biasanya untuk menutupi perdagangan short sale perantara yang memberikan pinjaman efek dijamin oleh uang tunai senilai efek yang dipinjamkan.

Securities Trading (perdagangan sekuritas)
Suatu transaksi efek akan terlaksana bila pembeli dan penjual sepakat pada suatu harga di mana perdagangan tersebut dilaksanakan.

Security
Bukti yang bersifat dokumentar mengenai utang atau hak milik yang adil dari suatu organisasi dagang atau keuangan lainnya.

Seed Money
Pembiayaan awal yang dilakukan oleh pemodal ventura (ventura capitalist's) bagi perseroan yang baru berdiri.

Sell on Strength
Harga diharapkan naik dalam jangka pendek, tetapi masih negatif dalam jangka lebih panjang pertimbangan jual ketika harga mendekati level resisten.

Seller's Market (pasar penjual)
Pasar yang ditandai oleh permintaan yang secara nisbi melebihi penawaran sehingga harga cenderung meningkat dan menguntungkan penjual.

Selling Agent
Pihak yang menjual efek dalam suatu penawaran umum tanpa kontrak dengan emiten dan tanpa kewajiban untuk membeli efek.

Selling off (jual habis)
Penjualan efek atau komoditi dengan tujuan untuk menghindari penurunan harga.

Selling Short
Penjualan saham atau komoditi yang barangnya tidak dimiliki oleh si penjual. Dalam hal ini, si pemodal meminjam surat saham dari pihak lain untuk diserahkan pada saat transaksi dilakukan kemudian si penjual membeli surat saham yang sama pada harga yang lebih rendah agar diperoleh keuntungan. Tetapi, apabila kemudian hari harga saham tersebut cenderung naik maka ia akan menderita kerugian.

Sensitif market (pasar sensitif)
Suatu pasar yang mudah dipengaruhi oleh isu yang berkembang di bursa baik isu yang baik dan buruk.

Sentiment indicators (Sentimen pasar)
Mengukur bullish (naik) maupun bearish (turun) perasaan (modal) pemodal (investor). Banyak analisis teknikal melihat bahwa indikator pemodal sering kali berlawanan dengan situasi pasar.

Sentra Dana Berjangka
Wadah yang digunakan untuk menghimpun dana secara kolektif dari masyarakat untuk di investasikan dalam kontrak berjangka.

Senttlement Date (tanggal penyelsaian transaksi)
Tanggal penyelesaian amanat yang telah dilaksanakan. Penyelesaian ini termasuk pembayaran secara tunai efek yang dibeli, penyerahan surat efek yang dijual serta penerimaan hasil penjualan surat efek tersebut.

Serial Bond (obligasi berseri)
Obligasi yang diterbitkan pada waktu yang sama, tetapi dengan hari tunai dan bunga yang berbeda.

Sertifikat Pendaftaran
Tanda bukti yang diberikan Bappebti kepada pedagang berjangka, yang memberikan hak bagi pemegangnya untuk dapat melakukan transaksi di bursa berjangka.

Sertifikat Penitipan Efek Indonesia
Efek yang memberikan hak kepada pemegangnya atas efek utama yang dititipkan secara kolektif pada bank kustodian yang telah mendapat persetujuan Bapepam

Sertifikat Penyertaan
Tanda bukti kepemilikan dana dalam sentra dana berjangka yang dijual pengelola sentra dana berjangka kepada peserta sentra dana berjangka.

Sertifikat Right atau bukti Right
Suatu produk efek yang diturunkan dari saham yang dikeluarkan oleh emiten yang memberikan hak kepada pemegang saham lama untuk membeli saham baru yang akan dikeluarkan oleh emiten dengan proporsi dan harga tertentu.

Settlement Price (Harga penyelesaian)
Harga yang ditetapkan bersama oleh bursa berjangka dan lembaga kliring berjangka berdasarkan suatu sistem atau formula tertentu, yang menjadi dasar perhitungan lembaga kliring berjangka atas setiap posisi kontrak berjangka yang didaftarkan ke lembaga kliring berjangka.

Share without Par-value (saham tanpa nilai nominal)
Secara teori saham yang mencantumkan nilai nominal dan saham yang tidak mencantumkan nilai nominal tidak terdapat perbedaan.

Share/stock (saham)
Surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberikan berbagai hak menurut ketentuan anggaran dasar.

Short Position (posisi jual)
Kedudukan seorang spekulan jual dalam keadaan menjual saham lebih banyak : lihat spekulan jual.

Short Selling
Penjualan saham atau komoditi yang barangnya tidak dimiliki oleh si penjual. Dalam hal ini si pemodal meminjam surat saham dari pihak lain untuk diserahkan pada saat transaksi dilakukan kemudian si penjual membeli surat saham yang sama pada harga yang lebih rendah agar diproleh keuntungan. Tetapi apabila kemudian hari harga saham tersebut cenderung naik maka ia akan menderita kerugian.

Short Term Rate (bunga pinjaman jangka pendek)
Bunga yang dikenakan menurut jenis pinjaman jangka pendek.

Sideways
Pergerakan saham yang bergerak ke kanan (flat), tidak memiliki tren.

Sight Draft (wesel atas tunjuk)
Wesel yang dibayarkan atas pengunjukan atau pada saat permintaan pembayaran.

Sindicate (sindikat)
Suatu kerja sama antara dua atau lebih lembaga penunjang selain perantara perdagangan efek. Pedagang efek dan biro administrasi efek, dalam melakukan kegiatan usaha di bidang pasar modal.

Sinking Fund (Dana cadangan)
Dana yang dikumpulkan dari penerimaan rutin perusahaan dan ditempatkan pada rekening khusus. Tujuannya adalah sebagai cadangan untuk melunasi surat berharga dalam bentuk utang (debt securities) atau saham preferen.

Sinking Pay Fund (cadangan perlunasan utang)
Penyisihan jumlah uang secara teratur untuk melunasi utang jangka panjang.

Sleeping Stock (saham tidur)
Saham yang jarang ditransaksikan oleh investor. Unsur spekulasi lebih besar (bisa beli sukar untuk menjualnya nanti).

Small Investor (pemodal kecil)
Pemodal perorangan yang membeli jumlah kecil dari efek yang tercatat dari bursa efek. Pemodal ini sering di sebut retail investor (pemodal eceran).

Soft Loan (kredit lunak)
Pinjaman bersyarat ringan baik mengenai jangka waktu, bunga, maupun jaminannya.

Soft Market (pasar lesu)
Pasar yang ditandai oleh kelebihan terhadap penawaran. Di dalam pasar ini terjadi kelesuan transaksi dan harga cenderung turun karena besarnya penjualan yang terjadi.

Soft Spot
Kelemahan pada saham yang terpilih atau sekelompok saham di dalam menghadapi pasar yang cukup kuat dan berkembang.

Solvency (Solvabilitas)
Kemampuan membayar semua utang kepada pihak ketiga pada saat jatuh tempo, dengan perhitungan bahwa nilai harta lebih tinggi daripada nilai semua utang.

Special Meeting (Rapat khusus)
Rapat pemegang saham untuk membicarakan dan memutuskan hal-hal yang memerlukan persetujuan RUPS, misalnya apabila terjadi kasus yang membahayakan kelangsungan hidup perseroan seperti korupsi, salah urus, hal semacam ini biasanya di atur dalam anggaran dasar.

Special Surveillance
Bank dalam pengawasan khusus.

Special Trade (sistem perdagangan khusus)
Sistem perdagangan Internasional yang dilakukan penduduk suatu negara, kecuali penduduk yang tinggal di kawasan berikat (bonded zone) karena kawasan berikat di anggap sebagai luar negeri.

Specialist Block Purchase and Sale
Transaksi yang dilaksanakan oleh spesialis bursa efek dalam jumlah besar atas rekeningnya sendiri.

Speculative Buy
Beli saat harga mendekati level support. Harga diharapkan naik ke level target. Cut loss ketika harga jatuh di bawah poin stop loss.

Speculative Stock (Saham spekulatif)
Saham yang pada umumnya cenderung ditransaksikan semu oleh pelaku pasar.

Split Share (Saham penggal)
Pemecahan setiap satuan unit saham yang menjadi lebih dari 1 hal ini akan menambah jumlah saham yang diperdagangkan/yang beredar.

Spread (posisi beragam)
Posisi membeli kontrak berjangka untuk bulan penyerahan tertentu dan secara bersamaan menjual kontrak berjangka untuk bulan penyerahan yang lain untuk komoditi yang sama; atau membeli kontrak berjangka untuk bulan penyerahan yang sama untuk komoditi berbeda, atau membeli kontrak berjangka komoditi tertentu di pasar tertentu dan secara bersamaan menjual kontrak berjangka untuk komoditi yang sama di pasar lain. Tujuan melakukan posisi beragam adalah menarik manfaat dan keuntungan dari perubahan harga antar bulan penyerahan, antar komoditi, atau pun antar pasar.

Squeeze
Situasi pasar yang sedang membaik di mana harga saham pada umunya bergerak naik yang mengakibatkan para pemodal yang melakukan short sale dipaksa untuk mempertahankan posisinya untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Apabila hal ini dilakukan secara beramai-ramai oleh short sellers tindakan ini disebut squeeze.

Staggering Maturities
Suatu teknik yang digunakan untuk mengurangi risiko oleh pemodal obligasi. Hal ini disebabkan karena obligasi jangka panjang lebih mudah berubah daripada obligasi jangka pendek.

Stock Broker (pialang saham)
Seorang anggota bursa efek yang pekerjaannya menjualbelikan saham-saham, stock dan surat-surat berharga untuk para klien.

Stock Dividend (saham dividen)
Laba yang dibagikan kepada para pemegang saham bukan secara tunai tetapi dalam bentuk saham. Saham yang diberikan kepada pemegang saham sebagai pengganti divinden.

Stock Exchange (bursa efek)
Tempat aktivitas penawaran dan permintaan atas perdagangan dana, efek-efek sebagai wadah untuk mencari dana bagi perusahaan dan wadah investasi bagi pemodal yang menyangkut kepentingan berbagai pihak.

Stock Loss Order (amanat pembatasan kerugian)
Amanat jual beli sekuritas, apabila harganya telah mencapai tingkat harga tertentu (yang ditentukan oleh pemberi amanat) dengan maksud mencegah/membatasi kemungkinan kerugian.

Stock Mutual Fund (Reksa dana saham)
Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor yang di investasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan manajemen investasi, terutama ke dalam produk investasi berupa saham.

Stock Options (hak atas efek)
Suatu hak untuk membeli atau menjual efek pada harga tertentu di dalam periode tertentu. Bentuk ini sering digunakan untuk memberikan insentif karyawan dengan memberikan hak untuk membeli saham perusahaan tempat dia bekerja dengan harga di bawah pasar untuk jangka waktu tertentu.

Stock Subscription (pesanan pasar perdana)
Pendaftaran untuk membeli surat saham perusahaan pada masa emisi pasar perdana.

Stockholder (pemegang saham)
Orang atau badan yang memiliki sebagian saham di dalam perusahaan.

Stockjobber (pialang)
Pedagang perantara (di London) yang membeli efek dari pemegang di bursa dan menjualnya pada pemodal.

Stop Order to Sell (amanat stop jual)
Menjadi amanat pasaran, jika efek yang bersangkutan mencapai harga pada atau harga stop. Dengan harga stop dimaksud kan harga yang ditetapkan pemberi amanat untuk melaksanakan amanat yang bersangkutan.

Street Name
Efek yang menggunakan bukan nama pemiliknya tetapi nama broker yang dipercayakan untuk melakukan amanat. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengalihan apabila efek tersebut diperdagangkan.

Strike Price/ Exercise Price (harga ekskusi / jatuh tempo)
Harga dimana pemegang call (put) dapat memilih untuk melaksanakan (mengeksekusi) haknya untuk membeli (menjual) kontrak berjangka yang menjadi subjek kontrak opsinya.

Sub Distributor
Perorangan atau badan usaha yang ditunjuk oleh distributor utama atau grosir yang bertindak atas namanya sendiri untuk melakukan kegiatan penjualan barang dalam partai besar sampai pada pengecer.

Subcription Right (hak khusus beli)
Hak khusus yang diberikan kepada pemegang saham perusahaan untuk membeli lebih dahulu saham baru yang ditawarkan kepada masyarakat. Hal ini biasanya mempunyai jangka aktu dua sampai empat minggu dan bisa dipindahtangankan.

Subrogation (subrogasi)
Penggantian kreditur dengan pemindahan hak-hak kepada pihak ketiga dengan melakukan pembayaran kepadanya, dengan demikian, pihak ketiga tersebut menggantikan kedudukan kreditur terhadap debitur.

Subscribed Capital (modal saham tambahan)
Bagian dari modal dasar perusahaan yang sudah ditempatkan, mungkin sudah disetor penuh mungkin juga belum disetor penuh. Apabila modal ditempatkan sudah disetor penuh disebut juga modal disetor (paid capital).

Subsidiary (anak perusahaan)
Suatu perusahaan yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan lain. Pemilikan atau pengendalian tidak perlu secara mutlak tetapi harus melalui suatu mayoritas.

Subsidiary Company (anak perusahaan)
Perusahaan yang turut atau sepenuhnya dikendalikan oleh perusahaan lain, karena sebagian besar atau seluruh modal sendiri dimiliki oleh perusahaan lain.

Supplier (Pemasok)
Perorangan atau badan usaha yang bertindak atas namanya sendiri secara teratur memenuhi kebutuhan pihak-pihak lain dengan berbagai macam barang dalam partai kecil yang oleh pihak-pihak lain tersebut membelinya dengan tujuan untuk dijual kembali atau digunakan dalam kegiatan usahanya.

Support Level
Suatu titik atau level harga di mana harga saham yang sedang turun, tak lagi menurun dan arah pergerakkannya berubah menjadi mendatar atau naik. Lawannya adalah resistance level.

Surrender Value (nilai tunai)
Jumlah yang harus dibayar kepada seseorang yang diasuransikan di bawah suatu kontrak asuransi jiwa ketika hendak menyerahkan atau membatalkan kontraknya.

Swap
Menggunakan kesempatan pada waktu yang bersamaan, yaitu menjual barang dengan tunai dan membeli barang sejenis secara berjangka, dan sekaligus membeli barang sejenis dengan tunai.

Systemic Risk
Risiko yang disebabkan dialaminya permasalahan likuiditas atau kredit oleh salah satu pihak dalam sistem pembayaran, menyebabkan kesulitan yang sama pada keseluruhan sistem.

Take Over (pengambilalihan)
Jika perusahaaan-perusahaan atau perorangan ingin menguasai atau membeli secara mutlak sebuah perusahaan, maka pihak penawar akan mengadakan penawaran saham, dengan suatu harga tertentu harga persaham. Mungkin bisa harga diatas pasar saat itu, tetapi dibawah nilai harta saham-saham perusahaan tersebut. Biasanya ada suatu syarat bahwa order tersebut bersyarat pada waktu diterima, dalam hubungannya dengan jumlah minimum saham-saham, serta di dalam suatu jangka waktu yang ditentukan.

Talon
Bukti yang harus diserahkan untuk memperoleh lembaran kupon yang lama habis. Kupon dan talon hanya pada efek atas unjuk.

Target Company (Sasaran perusahaan)
Suatu perusahaan yang dipilih oleh pemodal untuk melakukan take over.

Target price (sasaran harga/kurs)
Suatu harga yang diharapkan pemodal meningkat di dalam periode tertentu pada saat ia membeli saham suatu perusahaan.

Technical Analysis (analisis teknis)
Suatu teknik analisis terhadap permintaan dan penawaran efek yang didasarkan pada volume transaksi serta perkembangan harga.

Technical Sign
Kecenderungan jangka pendek yang oleh analisis teknikal dilihat sebagai bagian yang penting dari pergerakan harga suatu efek.

Telegraphic Transfer (kiriman uang dengan kawat)
Kiriman sejumlah uang oleh bank pengirim dengan kawat yang memerintahkan bank pembayar untuk membayarkan bank pembayar untuk membayarkan jumlah tersebut kepada penerima.

Term of Trade
Suatu indeks yang menggambarkan daya saing perdagangan Internasional suatu negara. Indeks tersebut diukur dari perbandingan harga ekspor dengan harga impor.

Thin Market (pasar sepi)
Situasi di mana hanya sedikit amanat jual amanat beli yang terjadi.

Tick
Gerakan penurunan dan kenaikan harga di dalam perdagangan efek. Para analis teknikal melihat gerakan harga ini sebagai salah satu cara untuk memperkirakan kecenderungan harga dimasa yang akan datang.

Tight Money (uang ketat)
Situasi kondisi ekonomi di mana sangat sulit memperoleh pinjaman atau uang tunai. Hal ini biasanya bekaitan dengan kebijaksanaan pemerintah untuk membatasi jumlah uang yang beredar.

Time Deposit (deposito berjangka)
Simpanan pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan setelah jangka waktu yang diperjanjikan atau setelah pemberitahuan sebelumnya. Penarikan sebelum jatuh tempo dikenai denda.

Time Priority (prioritas waktu)
Apabila terdapat permintaan atau penawaran efek yang diajukan pada harga yang sama, maka prioritas diberikan pada permintaan atau penawaran yang diajukan terlebih dahulu.

Token Money (uang tanda)
Uang logam yang dengan Undang-Undang ditetapkan bernilai nominal lebih tinggi daripada nilai bahannya.

Tom Next
Transaksi dengan jangka waktu satu hari mulai dari satu hari setelah tanggal transaksi sampai keesokan harinya.

Total Loss
Nilai kerugian secara menyeluruh. Sebab, pihak tertanggung berhak memperoleh pembayaran klaim secara penuh.

Trade Acceptance (akseptasi dagang)
Wesel ditarik oleh penjual atas pembeli yang diaksep oleh pembeli.

Trade Finance (pembiayaan perdagangan)
Semua bentuk pembiayan yang berkaitan dengan perdagangan, termasuk L/C yang dikonfirmasikan atas dasar transaksi perdagangan, pembiayaan pra-pengapalan pembiayaan atas akseptasi bank, pembiayaan L/C dan pembiayaan tanpa L/C, stanby L/C dan garansi atas dasar transaksi perdagangan.

Traded Inflation
Inflasi yang diukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok barang yang diperdagangkan dipasar Internasional.

Trading Floor (lantai bursa )
Tempat berdagang : tempat transaksi efek dilangsungkan.

Transaksi +4 hari (T+4)
Suatu ketentuan yang menghasruskan penyelesaian transaksi yang dilakukan 4 hari stelah transaksi itu terjadi. Empat hari disini adalah empat hari di bursa, jadi tidak termasuk hari-hari kegiatan bursa ditutup.

Transaksi Bursa
Kontrak yang dibuat oleh anggota bursa efek sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh bursa efek mengenai jual beli efek, pinjam meminjam efek atau kontrak lain mengenai efek atau harga efek.

Transaksi di Luar Bursa
Transaksi antar- perusahaan efek atau antara perusahaan efek dengan pihak lain yang tidak diatur oleh bursa efek, dan transaksi antar pihak yang bukan perusahaan efek.

Transaksi Forward
Suatu kontrak untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan valuta asing terhadap rupiah yang penyerahannya dilkakukan dalam waktu dari 2 hari kerja setelah transaksi.

Transaksi Nasabah Kelembagaan
Transaksi efek antara perusahaan efek dengan nasabah kelembagaan tertentu yang didasarkan opada perjanjian antara perusahaan efek dengan nasabah kelembagaan tersebut seperti perusahaan asuransi, reksa dana, bank atau lembaga keuangan lainnya yang tidak mempunyai rekening efek pada perusahaan efek tersebut, sebagaimana dimaksud dalam angka 5 huruf a butir 3 peraturan Nomor V.D.3.

Transaksi Nasabah Pemilik Rekening
Transaksi efek yang dilaksanakan oleh perusahaan efek untuk kepentingan rekening nasabahnya sesuai dengan kontrak antara perusahaan efek dengan nasabah tersebut; yang dibuat sesuai dengan angka 5 Peraturan Nomor V.D.3 dan angka 4 Peraturan Nomor V.D.6.

Transaksi Nasabah Umum
Transaksi melalui pemesanan efek dalam penawaran umum oleh pemodal yang tidak mempunyai rekening efek pada perusahaan efek sebagaimana dimaksud dalam angka 5 huruf a butir 3 Peraturan Nomor V.D.3.

Transaksi Option
Suatu kontrak yang memberikan hak dan bukan kewajiban untuk membeli atau menjual valuta asing terhadap rupiah di masa yang akan datang dengan harga yang ditentukan pada saat transaksi dilakukan.

Transaksi Swap
Suatu kontrak untuk melakukan transaksi penukaran valuta asing terhadap rupiah melalui pembelian tunai dengan penjualan kembali secara berjangka, atau penjualan tunai dengan pembelian kembali secara berjangka.

Transaksi yang Diatur Sebelumnya
Transaksi yang diatur terlebih dahulu secara tidak wajar (persekongkolan) yang dilakukan oleh pialang atau pedagang berjangka.

Travellers Cheque (cek jalan)
cek yang dikeluarkan oleh bank untuk keperluan perjalanan.

Treasuries (Pinjaman obligasi pemerintah)
Pinjaman obligasi yang dikeluarakan olehe pemerintah yang dijamin semata-mata atas kepercayaan. Surat berharga ini bervariasi dengan jatuh tempo yang berbeda-beda.

Treasury Bill (Surat pembendaharaan negara)
Surat utang jangka pendek yang diterbitkan oleh negara dan dijual atas dasar diskonto, biasanya berjangka waktu 90 hari, 180 hari; 270 hari, dan maksimal satu tahun.

Trustee (wali amanat)
(1) Lembaga yang ditunjuk oleh emiten yang diberi kepercayaan untuk mewakili kepentingan para pemegang obligasi, (2) Pihak yang dipercayakan untuk mewakili kepentingan seluruh pemegang obligasi atau sekuritas kredit.

Turkey
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kekecewaan dalam pembelian efek-efek yang harganya merosot.

Turn-over (perputaran)
Perputaran jumlah sekuritas yang diperdagangkan pada hari bursa tertentu.

Uang Giral
Terdiri atas rekening giro, kiriman uang, simpanan berjangka dan tabungan yang sudah jatuh waktu, yang seluruhnya merupakan simpanan penduduk dalam rupiah pada sistem moneter.

Uang Kartal
terdiri atas uang kertas dan uang logam yang berlaku, tidak termasuk uang kas pada KPKN dan bank umum.

Uang Kuasi
Terdiri atas simpanan berjangka dan tabungan penduduk pada bank umum, baik dalam rupiah maupun valuta asing.

Uang Primer
Kewajiban otoritas moneter yang terdiri atas uang kartal. Reserve bank umum (sering disebut alat likuid bank umum yang terdiri atas kas bank umum dan giro bank umum pada bank Indonesia), serta giro swasta bukan bank (penduduk) pada bank Indonesia.

Uang yang diedarkan (UYD)
Uang kartal yang berada di masyarakat ditambah dengan uang kartal yang berada di kas bank-bank. Pengertian UYD dimaksud sama dengan uang kartal di dalam konsep moneter.

Undercapitalization
Situasi ketika suatu perusahaan tidak memiliki modal yang cukup untuk melaksanakan usaha pokoknya secara normal.

Undervalued (penilaian rendah)
Efek yang dijual dibawah nilai likuidasinya atau nilai pasar yang seharusnya diterima oleh pemegang saham. Hal ini terjadi karena industrinya kurang populer, perusahaan yang kurang dikenal atau perusahaan tersebut mempunyai pendapat yang tidak menentu di masa lalu.

Underwriters (penjamin emisi)
Orang atau badan usaha yang menjamin penempatan sepenuhnya suatu emisi.

Unit of trading (unit perdagangan )
Standard jumlah saham, obligasi yang diperkenalkan untuk diperdagangkan dibursa efek.

Unit Penyertaan
Satuan ukuran yang menunjukan bagian kepentingan setiap pihak dalam portofolio investasi kolektif.

Unit Perdagangan
Standard jumlah saham, obligasi yang diperkenalkan untuk diperdagangkan dibursa efek.

Unloading
Penjualan efek yang dilakukan pada saat harga sedang turun dengan tujuan untuk menghindari kerugian lebih banyak.

Unpaid dividend (dividen tunggak)
Dividen yang telah diumumkan oleh dewan direksi suatu perusahaan tetapi belum dibayar pada saat pembayaran diumumkan.

Unqualified Opinion (wajar tanpa syarat)
Pernyataan pendapat akuntan publik setelah memeriksa dan meneliti laporan keuangan perseroan yang memperlihatkan tidak ada hal-hal disembunyikan dalam penyajian laporan keuangan tersebut.

Unsance Draft (wesel berjangka)
Surat wesel dengan syarat pembayaran pada tanggal tertentu beberapa hari sesudah ditandatangani atau beberapa hari sesudah diunjukan.

Unsecured Debt
Obligasi yang tidak dijaminkan oleh agunan apapun dari perusahaan yang menerbitkan biasa disebut debenture.

Upset Price
Istilah yang digunakan di pasar lelang yang menunjukan harga terendah yang bersedia ditawarkan oleh pemilik barang.

Upsloping Channel
Suatu amanat jual beli yang diselsaikan di dalam perusahaan perantara tanpa melalui bursa efek.

V-top
Istilah dalam perdagangan saham. Ini adalah salah satu bentuk dari pattern. Disebut v-top karena bentuknya yang seperti huruf V terbalik. Harga saham terlihat mengalami kenaikan yang sangat tajam pada dua atau tiga hari perdagangan dan kemudian kembali mengalami penurunan (retrace). Retracement yang terjadi, umumnya hingga 50-100 % dari kenaikan harga yang telah terjadi.

Value Broker
Perusahaan perantara yang menetapkan komisinya berdasarkan persentase nilai transaksi yang dilaksanakan.

Ventura Capital Company (perusahaan modal ventura)
Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan lain untuk jangka waktu tertentu.

Venture Capital (modal ventura)
Sumber dana penting yang digunakan bagi perusahaan yang baru memulai usahanya dan mempunyai prospek yang baik. Sekalipun demikian penanaman modal ventura ini juga mengandung resiko sehingga sering disebut pula risk capital.

Vesting
Hak dari seorang karyawan untuk menerima keuntungan yang disumbangkan karyawan (employer contribute benefits). Hak ini diperoleh seorang karyawan setelah mengabdi kepada perusahaan di dalam jangka waktu tertentu. Contoh dari vesting seperti hak pensiun, hak untuk memperoleh pembagian keuntungan (profit sharing plan).

Volatility
Pergerakan harga saham yang naik turun secara tak beraturan.

Vostro Account (rekening vostro);
perkiraan valuta asing bank koresponden di luar negeri pada bank di dalam negeri.

Wakil Penasihat Berjangka
Orang perseorangan yang melaksanakan sebagian fungsi penasihat berjangka, yang berdasarkan kesepakatan dengan penasihat berjangka dan atas nama perusahaan yang berwenang berhubungan langsung dengan calon klien atau klien dalam rangka melakukan transaksi kontrak berjangka di bursa berjangka.

Wakil Pengelola Sentra Dana Berjangka
Orang perseorangan yang melaksanakan sebagian fungsi pengelola sentra dana berjangka, yang berdasarkan kesepakatan dengan pengelola sentra dana berjangka dan atas nama perusahaan berwenang berhubungan langsung dengan calon peserta sentra dana berjangka dalam rangka pengelolaan sentra dana berjangka.

Wakil Pialang Berjangka
Orang perseroan yang melaksanakan sebagian fungsi pilang berjangka, yang didasarkan kesepakatan dengan pialang berjangka atas nama perusahaan berwenang berhubungan langsung dengan calon nasabah dalam rangka menyalurkan amanat nasabah untuk transaksi kontrak.

Wali Amanat
Pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek yang bersifat utang.

Warrant (warran)
Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang efek untuk memesan saham dari perusahaan tersebut untuk harga tertentu untuk 6 (enam) bulan atau lebih.

Wash Sale (jual fiktif)
Jual beli saham secara fiktif yang dilakukan dua orang atau lebih broker/ komisoner dengan tujuan untuk menciptakan catatan harga tertentu (lazimnya tindakan ini dilarang oleh Undang-undang ataupun peraturan bursa).

Wholesaler (pedagang besar)
Perorangan atau badan usaha yang bertindak atas namanya sendiri, dan atau nama pihak lain yang menunjuknya untuk menjalankan kegiatan dengan cara membeli, menyimpan, dan menjual barang dalam partai besar secara tidak langsung kepada konsumen akhir.

Windfall Profit (untung tak terduga)
Keuntungan yang tidak disangka-sangka atau tidak diperkirakan sebelumnya.

Winding Up (pembubaran)
Pembubaran suatu usaha melalui perintah pengadilan, atau melalui ketetapan istimewa oleh para kreditur atau pemegang saham. Harta harus dijadikan uang untuk menutup utang-utangnya serta biaya-biaya usaha itu.

Window Dressing (manipulasi data)
Tindakan dalam menyusun laporan keuangan sedemikian rupa sehingga hal-hal yang kurang baik mengenai perusahaan yang bersangkutan disembunyikan.

Window Warrant
Waran yang bisa di-exercise selama obligasi yang menjadi induknya belum jatuh tempo.

Working Capital (modal kerja)
Modal bersih yang merupakan selisih lebih antara aktiva lancar dengan utang lancar, untuk membiayai kegiatan usaha.

X or XD
Suatu simbol yang biasa digunakan di dalam pengumuman surat kabar untuk menunjukan bahwa saham yang diperdagangkan adalah ex dividen (tanpa dividen). Simbol "x" juga digunakan untuk obligasi tanpa bunga.

Year End Dividend (dividen tahun buku)
Dividen ekstra yang dibayarkan pada akhir tahun buku disamping dividen biasa.

Yield (hasil investasi)
Hasil dividen yang dalam bahasa asing nya disebut "dividend yield" tergantung pada tingkat dividen serta harga yang dibayar untuk saham itu.

Yield Advantage (pertambahan hasil)
Tambahan tingkat pengembalian yang akan di peroleh pemodal jika ia membeli convertible security dibandingkan dengan saham biasa yang diterbitkan secara bersamaan oleh perusahaan.

Yield Spread (hasil ragam)
Perbedaan yield di antara berbagai penerbitan efek. Di dalam membandingkan obligasi yang mempunyai kualitas yang berbeda-beda satu sama lain.

Yield Swaps
Perputaran obligasi yang tingkat bunganya lebih baik.

Yield To Maturity (hasil jatuh tempo)
Konsep yang digunakan untuk menentukan berapa tingkat pengembalian yang diterima pemodal bila menginvestasikan dana pinjaman jangka panjang (obligasi) dikaitkan dengan saat jatuh temponya.

Yurisdiksi Setara
Sistem hukum negara lain yang didalam peraturan per Undang- Undangannya, termasuk peraturan dibidang pasar modal, terdapat ketentuan tentang perlindungan terhadap kepentingan pemodal yang melakukan investasi atas suatu jenis efek, yang pada prinsipnya sesuai dengan ketentuan tentang perlindungan terhadap kepentingan pemodal yang melakukan investasi atas efek yang sejenis menurut peraturan Perundang-Undangan pasar modal di Indonesia.

Zero Minus Tick
Penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih rendah dari harga lain yang terakhir.

Zero Plus Tick
Penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih tinggi dari harga lain yang terakhir.

Zero-coupon Security
Suatu efek yang tidak memberikan bunga secara periodik tetapi dijual dengan potongan dari harga nominalnya.