Setidaknya ada 6 kategori pengguna atau pemakai laporan keuangan. Berikut akan keenam pengguna tersebut beserta jenis kebutuhan informasi dari masing-masing pengguna tersebut;

  1. Investor atau calon Investor. Para investor memerlukan informasi untuk membantu menentukan apakah mereka harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut dan juga untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar deviden. Sementara calon investor berkepentingan terhadap risiko yang melekat dan prosfek hasil dari pengembangan investasi yang dilakukan.
  2. Karyawan atau Kelompok yang mewakili yang memerlukan informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan. Kebutuhan informasi bagi karyawan terhadap laporan keuangan ini yaitu untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.
  3. Kreditur atau pemberi pinjaman. Informasi dari laporan keuangan memungkinkan mereka untuk melihat apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar saat jatuh tempo.
  4. Pemasok dan kreditur usaha lainnya. Dengan informasi dari laporan keuangan, pemasok dapat memutuskan apakah akan memberikan hutang atau tidak jika perusahaan kliennya meminta pembayaran secara kredit. Kreditur usaha juga dapat memutuskan apakah jumlah yang terhutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.
  5. Pelanggan. Laporan keuangan dapat membantu pelanggan mengetahui kelangsungan hidup atau aktivitas perusahaan kalau mereka memiliki ketergantungan terhadap perusahaan tersebut.
  6. Pemerintah. Informasi dari laporan keuangan membantu pemerintah untuk mengatur aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan pengumpulan data untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan kebutuhan lain-lainnya.

Sumber :
1. Arifin, Johan (2009). Dasar-dasar Akuntansi Menggunakan Microsoft office Excel 2003/2007. Jakarta : Elex Media Komputindo.
2. www.freepik.com (picture)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here